Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 4 November 2014

Arti Ideologi bagi Bangsa Indonesia

Arti Ideologi bagi Bangsa Indonesia| Ideologi indonesia yakni pancasila, sangat penting karna memiliki sejarah dan proses yang panjang, yang membuat peranan dalam ideologi negara indonesia sangat vital dalam sendi-sendi negara indonesia karna ideologi pancasila merupakan falsafah negara artinya dalam berlangsungnya negara tersebut atau beraktivitas harus sesuai dengan nilai-nila yang ada dalam pancasila. sehingga mengapa banyak rakyat dari negara tersebut mati-matian menjaga ideologi mereka dari ancaman-ancaman. Ideologi negara berperan dalam memberikan kekuatan hidup kepada bangsa indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik dalam masyarakat indonesia yang adil dan makmur. Oleh karna itu, untuk mencapai tujuandalam masyarakat bangsa dan negara, maka ideologi harus bersifat terbuka, dinamis yang senantiasa mampu mengadaptasi dirinya dengan perkembangan zaman.

Filsuf Perancis Jacques Ellul dan Prof. Dr. Paul Ricour, mengemukakan bahwa peranan ideologi antara lain sebagai berikut.
a. Sebagai jawaban atas kebutuhan akan citra atau jati diri suatu kelompok sosial, komunitas, organisasi, atau bangsa.
b. Menanamkan keyakinan akan kebenaran  perjuangan kelompok yang berpegang pada ideologi tersebut.
c. Sebagai keyakinan para pendiri yang menguasai dan memengaruhi seluruh kegiatan sosial.

Arti Ideologi bagi Bangsa Indonesia

Itulah pembahasan tentang Arti Ideologi bagi Bangsa Indonesia, lihat juga pembahasan pengertian, unsur dan fungsi ideologi,  Sekian artikel tentang Arti Ideologi bagi Bangsa Indonesia  semoga bermanfaat

Arti Ideologi bagi Bangsa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin