Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 6 October 2014

Sejarah Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia|Indonesia memiliki bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia, lahir dan muncul yang memiliki sejarah atas asal usul dalam lahirnya bahasa indonesia yang Sudah berabad-abad lamanya, bahasa melayu digunakan sebagai bahasa pengantar di nusantara. Karena penggunaannya lebih banyak di bidang ekonomi daripada di bidang politik, bahasa melayu lebih dikenal sebagai bahasa perdagangan di bandar-bandar Nusantara. Begitu juga dalam penyebaran agama islam dan kristen, bahasa Melayu juga dipergunakan sebagai bahasa pengantar. Ketika imperialis barat mulai campur tangan dalam bidang perdagangan dan politik di nusantara, bahasa melayu juga digunakan sebagai bahasa pengantar selain bahasa belanda dalam membuat perjanjian-perjanjian dagang dan politik Pelaksanaan pengajaran bagi penduduk pribumi dengan tujuan untuk memperoleh tenaga administrasi rendahan pun dilaksanakan dengan bahaa melayu sebagai bahasa pengantar. Oleh karna tujuan pengajaran pada mulanya hanya untuk kepentingan kolonialisi dan kapitalis maka penguasaan bahasa Belanda lebih diutamakan di sekolah-sekolah. Akibatnya, dalam pergaulan sehari-hari, seorang merasa lebih terhormat bila menggunakan bahasa belanda dibandingkan dengan menggunakan bahasa melayu 

Sejarah Bahasa IndonesiaMunculnya suatu elite Indonesia baru sebagai salah satu dampak pelaksanaan Politik Etis, menumbuhkan beberapa organisasi politik yang bercita-cita untuk mencapai kemajuan dan kemerdekaan bangsa. Penyebaran keanggotaan dan partai-partai tersebut di daerah-daerah Indonesja memungkinkan penggunaan bahasa Melayu selain bahasa Belanda dan terkadang bahasa Jawa, sebagai bahasa komunikasi antaranggota. Dalam berbagai kongres yang diselenggarakan Sarekat Islam (SI), bahasa Melayu mendapatkan identitas sebagai bahasa nasional sebagai ungkapan nasionalisme Indonesia yang sedang tumbuh. Kenyataannya memang kongres itu dihadiri oleh wakil-wakil SI dan seluruh Indonesia. Sejalan dengan perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia, perkembangan pers berbahasa Melayu juga mendorong pertumbuhan bahasa Indonesia dan identitas bangsa. Hal itu disebabkan bahasa Melayu itu dapat langsung mencapai dan dimengerti oleh penduduk pribumi. Dalam surat kabar Medan Prijaji yang terbit pada tahun 1907, isinya jelas menunjukkan kesadaran berbahasa Melayu sebagai media untuk membentuk pendapat umum mengenai berbagai persoalan masyarakat pada waktu itu. Keadaan ini juga terlihat pada sekolah-sekojah swastä näsional baik yang bersifat umum maupun keagamaan. Bahasa. Melayu (Indonesia) menjadi wahana bagi perkembangan nasionalisme Indonesia.

Peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 21 Oktober 1928 merupakan penegasan Rumusan Sumpah Pemuda jelas menunjukkan bahasa Melayu yang tadinya hanya dipakai oleh suku Melayu dinyatakan sebagai bahasa persatuan nasional dan diberi nama bahasa indonesia. Begitu pula dengan sumpah satu nusa dan satu bangsa, yaitu Indonesia, merupakan peresmian adanya nasionalitas Indonesia. produk dan nasionalisme yang telah berkembang sejak permulaan abad ke-20. Sejak itu penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai kesempatan sejalan dengan kesadaran akan identitas nasional. Latar belakang budaya dan sosial pemakaian bahasa Indonesia tercermin dalam karangan-karangan mereka. Polemik tentang budaya Indonesia pada tahun 1 935-1939 memperlihatkan penggunaan bahasa Indo nesia yang makin sempurna dalam bermacam langgam. Hasil karya sastra Indonesia baik sebagai terbitan Balai Pustaka maupun diluamya, jelas menuju kesempurnaan penggunaan bahasa Indonesia. Pujangga Baru yang terbit sejak tahun 1933 dengan tokoh utamanya, sepetti Sutan Takdir Alisvahbana, Armyn Pane, Sanusi Pane, dan Arnir Hamzah merupakan cermin kegiatan intelektual elite nasional baru yang dengan sadar menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi modern di tengah- tengah perkembangan ilmu dan teknologi.

Sejarah Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin