Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 22 October 2014

Pola Pengembangan Narasi

Pola Pengembangan Narasi| Dalam pengertian Narasi dan Contohnya perlunya juga kita mengembangkan Narasi tersebut dengan pola-pola sehingga narasi kita lebih baik dengan memakai pola tersebut. Narasi diartikan menceritakan kejadian cerita sehingga perlunya dikembangkan narasi tersebut, pola-pola pengembangan narasi dibagi dalam urutan waktu dan urutan tempat yakni urutan waktu disebut dengan pola kronologis, dan urutan tempat disebut pola spasial. Kedua pola tersebut merupakan cara-cara dalam mengembangkan narasi, Untuk mengetahui penjelasan tentang kedua pola-pola dalam pengembangan narasi, mari kita lihat penjelasannya seperti yang ada dibawah ini.

Pola-Pola Pengembangan Narasi 
a. Urutan Waktu disebut pula Pola kronologi. Dalam pola ini, kejadian-kejadian yang diceritakan disampaikan dengan urutan waktu, misalnya dari pagi hingga pagi lagi, dari zaman dulu sampai zaman sekarang, dari permulaan hingga selesai, dan sebagainya. 

Contoh : 
Tak seorang pun dapat sungguh-sungguh tidur panjang sepanjang malam itu. Ketika bunyi kokok ayam hutan berderai-derai menandakan pagi telah dekat, mereka pun segera bangun. Kini, mereka memandangi rimba sekililingnya dengan lebih awas dan cermat. Mereka memasak air dan makanan, mengambil air sembahyang, dan sembahyang. Sebagian pancaindra mereka memeriksa dan mengamati rimba di sekelilingnya, rimba yang kini mengandung ancaman dan maut. 

b. Urutan ruang disebut pola spesial. Dalam pola ini, kejadian-kejadian dalam paragraf disusun mengikuti bagian-bagian dari suatu tempat misalnya, dari barat ke timur, dari pinggir ke tengah, dari dalam ke bagian luar, dan sebagainya. 

Contoh : 
Jika beberapa tahun yang lalu tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bus, tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya ke barat maka kira-kira sekilometer dari pasar, akan sampailah tuan di jalan kampungku,. Disamping kecil ke kanan, simpang yang kelima, membeloklah, ke jalan sempit itu. Di ujung jalan itu, nanti tuan akan temui sebuah surau tua. Didepannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui tempat buah pancuran mandi.

Sekian pembahasan dan penjelasannya Pola Pengembangan Narasi semoga bermanfaat

Pola Pengembangan Narasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin