Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 23 October 2014

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi| Puisi merupakan sebuah kata-kata indah, Puisi memiliki jenis-jenis atau macam-macam puisi. pengertian puisi adalah karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Oleh karna itu, puisi dapat mengungkapkan berbagai hal. Kerinduan, kegelisahan, atau pengagungan, dengan ungkapan kata-kata indah. Jenis-jenis puisi terbagi atas 3 yakni puisi naratif, puisi lirik, puisi Deskriptif, disetiap jenis-jenis puisi tersebut terdapat berbagai bagian-bagian sehingga puisi naratif, puisi lirik, puisi deskriptif terbagi-bagi lagi, Untuk mengetahui jenis-jenis puisi, dan bagian-bagian dari jenis-jenis puisi tersebut mari kita lihat penjelasannya seperti dibawah ini.

a. Puisi Naratif 
Puisi naratif mengungkapkan cerita atau penjelasan penyair. Puisi ini terbagi ke dalam dua macam, yaitu balada dan romansa.  Balada adalah puisi cerita tentang orang-orang perkasa ataupun tokoh pujaan. Contohnya Ballada orang-orang tercinta dan blues untuk bonnie karya W.S. Rendra. Romansa adalah puisi cerita yang menggunakan bahasa romantis, berisi kisah percintaan yang diselingi perkelahian dan petualangan. Rendra juga banyak menulis romansa. Kirdjomuljo menulis romansa yang berisi kisah petualangan dengan judul "Romance Perjalanan". Kisah cinta dalam puisi ini dapat juga berarti cinta tanah air, seperti puisi-puisi romansa ramadhan K.H 
b. Puisi Lirik 
Termasuk puisi jenis ini, antara lain elegi, ode, dan serenada. Elegi adalah puisi yang mengungkapkan perasaan duka. Misalnya "Elegi Jakarta" karya Asrul Sani yang mengungkapkan perasaan duka penyair di Jakarta. Serenada adalah puisi percintaan yang dapat dinyanyikan. Kata "Serenada" berarti nyanyian yang tepat dinyayikan pada waktu senja. Rendra banyak menciptakan serenada dalam Empat Kumpulan sajak misalnya " Serenada Hitam", "Serenda Biru", "Serenada Merah Jambu", "Serenda Ungu" , "Serenada kelabu", dan sebagainya. Warna-warna di belakang serenada itu melambangkan sifat nyanyian cinta itu : ada yang bahagia,sedih, kecewa, dan sebagainya. Ode adalah puisi berisi pujaan terhadap seseorang, suatu hal, atau suatu keadaan, contoh ode adalah "Teratai", "diponegoro".
c. Puisi Deskriptif
Dalam puisi jenis ini, penyair bertindak sebagai pemberi kesan terhadap keadaan/ peristiwa, bend, atau suasana yang dipandang menarik perhatiannya. Puisi yang termasuk puisi deskriptif, misalnya satire, puisi kritik sosial, dan puisi impresionistik. Satire adalah puisi yag mengungkapkan perasaan tidak puas penyair terhadap suatu keadaan, yang dituangkannya dengan cara menyindir, atau menyatakan sebaliknya. Puisi Kritik Sosial adalah puisi yang juga menyatakan ketidaksenangan penyair terhadap keadaan atau terhadap diri seseorang, namun dengan cara membeberkan kepincangan atau ketidakberesan keadaan/orang tersebut. Puisi impresionistik adalah puisi yang mengungkapkan kesan (impresi) penyair terhadap suatu hal.

Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi

sekian artikel tentang Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi semoga bermanfaat


Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin