Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 23 October 2014

Pengertian Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya

Pengertian Paragraf Eksposisi| Pengertian Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejalas-jelasnya. Berita-berita yang telah anda baca terdahulu, terdiri atas paragraf-paragraf eksposisi. Selain dalam bentuk berita paragraf eksposisi dapat anda temukan dalam buku resep, petunjuk penggunaan dan laporan ilmiah. Untuk mengetahui lebih jauh tentang paragraf eksposisi, mari kita mengidentifikasi paragraf eksposisi seperti contoh  yang ada dibawah ini.

Contoh : 
Sekitar dua ratus pelajar SMA, SMK, dan sederaja, berkumpul di depan kantor  PDAM Bandung, Jalan Badaksinga, Minggu (12/8). Setelah melakukan beberapa persiapan, kelompok pelajar ini melakukan pawai melewati Taman Cikapayang, menyusun Jalan Ir.H. Juanda,  menuju Bandung Indah Plaza (BIP). 

Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, para siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan bendera masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti oleh marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan bertuliskan hak-hak yang patut didapat remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam "selimut" berbentuk spanduk. Spanduk itu berisi petisi berupa tanda tangan pelajar sejumlah sekolah di bandung.

Inti dari Kedua paragraf tersebut adalah informasi. Informasi tersebut berupa pelaksanaan karnaval yang dilakukan oleh ratusan pelajar. Oleh karna itulah, paragraf-paragraf di atas diklasifikasikan ke dalam jenis paragraf eksposisi. Hal tersebut sesuai dengan karakteristik paragraf eksposisi, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan atau informasi sejelas-jelasnya kepada pembacanya. Karakteristik lain paragraf eksposisi adalah adanya fakta. Perhatikan saja paragraf pertama dalam contoh diatas. Setiap kalimat dalam paragaf tersebut merupakan fakta

 Kalimat fakta dalam Bacaan diatas ialah 
1). Sekitar dua ratus pelajar SMA, SMK dan sederajat, berkumpul di depan kantor PDAM bandung, jalan badaksinga, minggu (12/8). 
2). Setelah melakukan beberapa persiapan, kelompok pelajar ini melakukan pawai melewati Taman Cikapayang, menyusuri jalan Ir.H. Juanda, menuju Bandung Indah Plaza (BIP)

Pengertian Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya

Sekian artikel tentang Pengertian Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya Semoga bermanfaat
(Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 106-107, Penebit : Erlangga.2006.Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)


Pengertian Paragraf Eksposisi dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin