Menu

Pengertian Norma dan Fungsi Norma

Pengertian Norma dan Fungsi Norma|Pengertian norma adalah ukuran (benar salahnya, tepat tidak tepatnya, pantas atau tidaknya ) perilaku seseorang dalam masyarakat. Norma adalah serangkaian sanksi bagi para pelanggarnya dan larangan yang dilengkapi sanksi bagi para pelanggarnya kita sudah membahas mengenai nilai. Nilai umumnya dijabarkan lebih lanjut menjadi norma. Dengan demikian, nilai menjadi landasan pembentukan norma. Nilai menjadi dasar pembenar bagi norma. Dalam Norma terdapat fungsi norma atau tujuan norma dalam kehidupan bersama warga masyarakat sehingga Norma dapat berarti dengan melihat fungsi-fungsi norma dimana kita ketahui bahwa norma beraneka ragam atau macam-macam norma dan disetiap  macam norma tersebut memiliki fungsi-fungsi tersendiri.  Untuk mengetahui lebih banyak pengertian Norma, lihat berbagai definisi yang dikemukakan para ahli mengenai apa itu norma. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut : 
A. Pengertia Norma Menurut Para Ahli 
1. Norma adalah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu perilaku anggota-anggotanya (John J. Macionis, 1997). 
2. Norma adalah standar perilaku yang mapan yang dipelihara oleh masyarakat ( Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm, 1998). 
3. Norma adalah aturan atau pedoman yang menyatakan tentang bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi tertentu (Craig Calhoun, 1997). 
4. Norma adalah rancangan ideal perilaku manusia yang memberikan batas-batas bagi anggota masyarakat dalam mencapai tujuan hidupnya (Broom & Selznic). 
5. Norma adalah prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh warga masyarakat (Antony Giddens, 1994).

B. Fungsi Norma 
1. Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nila yang berlaku 
2. Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam masyarakat. 
3. Membantu mencapai tujuan bersama masyarakat ; dan 
4. Menjadi dasar untuk memberikan sanksi kepada warga masyarakat yang melanggar norma 
Sekian Pembahasan Tentang Pengertian Norma dan Fungsi Norma semoga bermanfaat 

Comments 1

  • […] Pengertian Norma dan Fungsi Norma Pengertian Norma dan Penjelasan Norma Macam-Macam Norma Beserta Contoh-Contohnya Macam-Macam Demokrasi Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)   Demikianlah informasi mengenai Pengertian Norma, Ciri-Ciri, Macam-Macam & Contoh-Contohnya. Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian norma, ciri-ciri norma, pengertian norma menurut definisi para ahli, klasifikasi norma, macam-macam norma berdasarkan daya ikatnya berserta contohnya, macam-macam norma berdasarkan aspek-aspeknya beserta contoh-contohnya, macam-macam norma berdasarkan sifat resminya beserta contoh-contohnya. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.  Referensi:  […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *