Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 20 October 2014

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas|Secara umum, Paragraf dibentuk oleh dua unsur, yakni ide pokok dan ide penjelas, dalam pengertian ide pokok dan ide penjelas yang pada kali kita akan membahas seperti apakah itu ide pokok dan ide penjelas, bagaimanakah contoh-contoh ide pokok dan ide penjelas itu, Untuk mengetahui itu mari kita bahas secara bertahap-tahap yakni dengan mengetahui pertama-tama tentang pengertian kedua unsur paragraf yakni pengertian ide pokok dan pengertian ide penjelas, Pengertian Ide Pokok, Ide Pokok adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah pragraf, ide pokok paragraf sering disebut pula disebut dengan gagasan pokok atau gagasan utama sedangkan Pengertian Ide Penjelas, Ide Penjelas adalah gagasan yang menjelaskan ide pokok. Ide penjelas dapat pula disebut gagasan penjelas.Untuk mengetahui seperti ide pokok itu dan ide penjelas dan dimanakah ide pokok itu berada dalam paragraf dan ide penjelas berada , mari kita lihat pembahasan dan penjelasannya seperti dibawah ini..

Perhatikan Contoh Paragraf berikut ini. 
Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami di Aceh dan Sumatera utara, seringkali bencana disebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi maupun kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalanlainnya dengan mengatasnamakan Departemen Sosial.
         Ide Pokok Paragraf di atas adalah seringkali bencana dijadikan sarana untuk memungut uang masyarakat. Ide tersebut terdapat dalam kalimat pertama kalimat-kalimat yang ada dibawahnya mengandung ide penjelas yaitu,
1). Banyak organisasi maupun kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana disebut. 
2). Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya dengan mengatasnamakan Departemen Sosial.

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas
Sekian pembahasan dan penjelasan tentang Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas semoga bermanfaat

Pengertian Ide Pokok dan Ide Penjelas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Afdan, S.Si