Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 23 October 2014

Pengertian Argumentasi dan Paragraf Argumentasi

Pengertian Argumentasi dan Pengertian Paragraf Argumentasi| Kata Argumen dalam istilah paragraf bermakna 'alasan'. Pengertian argumentasi adalah pemberian alasan yang kuat dan menyakinkan. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan pengertian paragraf argumentasi, Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengemukakan pendapat, alasan,contoh dan bukti-bukti yang kuat serta menyakinkan. Tujuannya tentu untuk mempengaruhi orang lain (Para pembaca) sehingga mereka membenarkan pendapat, sikap, dan keyakianan penulis. Paragraf argumentasi, perlunya kita mengetahui contoh-contoh paragraf argumentasi agar tidak adanya lagi perkataan tentang bagaimana contoh paragraf argumentasi ??.. untuk itu untuk mengetahui contoh paragraf argumentasinya mari kital lihat contoh paragraf dibawah ini..

Contoh Paragraf Argumentasi
Helikopter tidak hanya dibutuhkan saat lalu lintas Jakarta mengalami kemacetan, tetapi juga saat jakarta direndam banjir. Capt. Heru Susatyo menceritakan, saat banjir hebat melanda Jakarta tahun 2002, ia pernah mendarat di jembatan layang dikuningan, Jakarta selatan, untuk menyelamatkan satu keluarga warga negara asing dari hotel lainnya. Kisah ini setidaknya menegaskan kembali betapa fungsi helikopter menjadi sangat penting pada saat genting seperti itu. 

Fakta yang membuktikan bahwa paragraf ini adalah Paragraf Argumentasi karena mengemukakan sejumlah pendapat sebagai berikut. 
1). Helikopter tidak hanya dibutuhkan lalu lintas jakarta mengalami kemacetan, tetapi juga saat jakarta direndam banjir
2). Kisah ini setidaknya menegaskan kembali betapa fungsi helikopter menjadi sangat penting pada saat genting seperti itu.
Pengertian Argumentasi dan Paragraf Argumentasi

Sekian artikel tentang Pengertian Argumentasi dan Paragraf Argumentasi semoga bermanfaat


Pengertian Argumentasi dan Paragraf Argumentasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin