Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 1 October 2014

Gangguan atau Penyakit Pada Alat Pernapasan

Gangguan atau Penyakit pada alat Pernapasan|Pada Alat-Alat Pernapasan terdapat juga Gangguan-gangguan atau penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau sifat keturunan, Pernapasan akan terganggu jika kita memiliki penyakit-penyakit atau gangguan-gangguan akan terasa tidak nyaman atau bahkan kita tidak bisa bernapas membuat kita dibantu oleh bantuan pernapasan, dan paling vatalnya dapat merenggut nyawa kita, Sehingga Pernapasan dan Alat-alat pernapasan sangat mendukung bagi kita dalam melakukan aktivitas serta membuat kita dapat hidup didunia ini sehingga ada kalanya kita menjaga alat-alat pernapasan kita karna lebih baik mencegah dan pada mengobati, dan Ada baiknya kita mengenal atau bahkan mengetahui gangguan-gangguan atau penyakit-penyakit pada alat-alat pernapasan sehingga lebih mudah kita mencegah dan mengetahui bahwa penyakit atau gangguan-gangguan alat pernapasan ini dapat kita ketahui Penyebab, Akibat, Cara Mengatasinya atau Cara Mengobatinya. Untuk mengetahui Gangguan atau Penyakit Pada Alat Pernapasan mari kita lihat pembahasannya seperti dibawah ini..
Gangguan atau Penyakit Pada Alat Pernapasan
(Penderita Asma Menggunakan Obat Penghisap)
Gangguan atau Penyakit Pada Alat Pernapasan
Gangguan-gangguan pada alat Pernapasan Jika alat ini terganggu karena penyakit atau kelainan maka proses pernapasan akan terganggu, bahkan dapat menyebabkan kematian.Berikut akan diuraikan beberapa macam gangguan yang umum terjadi pada saluran pernapasan manusia.

1. Influenza (flu), penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama influenza. Gejala yang muncul yakni pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan tenggorokan terasa gatal.

2. Asma atau sesak napas, merupakan suatu penyakit penyumbatan saluran pemapasan yang disebabkan alergi terhadap rambut, bulu, debu, atau tekanan psikologis. Asma bersifat menurun.

3. Tuberkulosis (TBC), penyakit paru-paru yang diakibatkan serangan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Difusi oksigen akan terganggu karena adanya bintil-bintil atau peradangan pada dinding alveolus. Jika bagian paru-paru yang diserang meluas, sel-selnya mati dan paru-paru mengecil. Akibatnya naps penderita terengah-engah.

4. Macam-macam peradangan pada sistem pernapasan manusia
a). Rinitis juga dapat terjadi karena reaksi alergi terhadap perubahan cuaca, serbuk sari, dan debu. Produksi lendir meningkat. 
b). Faringitis, radang pada faring akibat infeksi oleh bakteri Streptococcus. Tenggorokan sakit dan tampak warna merah. Seseorang yang menderita Faringitis harusnya banyak istirahat dan  antibiotik. 
c). Laringitis, Peradangan pada  bagian daerah tenggorokongan yakni pada bagian laring. Penderita serak atau kehilangan suaranya. penyebab dari Laringitis yakni diakibatkan karena infeksi, terlalu banyak merokok, meminum  alkohol, dan banyak serak. 
d). Bronkitis, radang pada cabang tenggorokan diakibatkan timbulnya infeksi. Sang Penderita akan mengakibatkan dirinya akan panas atau demam lalu banyak menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. 
e) Sinusitis, radang pada sinus. Sinus letaknya di daerah pipi kanan dan kiri batang hidung. Biasanya di dalam sinus terkumpul nanah yang harus dibuang melalui operasi. 
f). Asfiksi, adalah gangguan pernapasan pada waktu pengangkutan dan penggunaan oksigen yang disebabkan oleh tenggelam (akibat alveolus terisi air), pneumonia (akibatnya alveolus terisi cairan lendir dan cairan limfa), keracunan CO dan HCN, atau gangguan sistem sitokrom (nzim pemapasan).
5. Asidosis, adalah kenaikan adalah kenaikan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah,
sehingga pemapasan terganggu.

6. Difteri, adalah penyumbatan pada rongga faring atau laring oleh lendir yang dihasilkan kuman difteri.

7. Emfisema, adalah penyakit pembengkakan karena pembuluh darahnya kemasukan udara.

8. Pneumonia, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri pada alveolus yang menyebabkan terjadinya radang paru-paru.

Sekian Artikel Tentang Gangguan atau Penyakit pada Alat-alat Pernapasan, Semoga Bermanfaat 

Gangguan atau Penyakit Pada Alat Pernapasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin