Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 27 October 2014

Bahan-Bahan yang dikeluarkan Gunung Api

Bahan-Bahan yang dikeluarkan Gunung Api| Gunung api, disaat Gunung api meletus akan mengeluarkan berbagai macam bahan yang berasal dari dalam gunung api tersebut,  apakah bahan yang dikeluarkan gunung api tersebut ?. bahan yang dikeluarkan gunung api yakni Lava, Lahar, Gas, Bahan Piroklastik, seluruh bahan tersebut merupakan bahan yang dikeluarkan gunung api yang memberikan dampak bagi manusia dan alam, baik itu dampak positif atau menguntungkan bahan yang dikeluarkan gunung api, atau bahkan dampak negatif atau merugikan bahan yang dikeluarkan gunung api. Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas bentuk-bentuk gunung api dan ciri-cirinya, dan kali ini kita akan menjelaskan bahan-bahan yang dikeluarkan gunung api, Oh iya pembahasan sebelumnya juga telah dibahas manfaat dan kerugian gunung api, seluruh pembahasan tersebut dalam lingkup gunung api, Langsung saja kita masuk ke penjelasan bahan-bahan yang dikeluarkan gunung api yang ada dibawah ini. 

Bahan-Bahan yang dikeluarkan Gunung Api
1). Lava adalah bahan cair liat dan panas yang dikeluar dari gunung api. Apabila lava sangat cair dan mengalir menuruni lereng gunung api yang disebut lahar. Lahar dibedakan menjadi lahar panas dan lahar dingin. Lahar panas terjadi jika lava yang keluar pada waktu letusan bercampur dengan air telaga di kawah gunung api tersebut atau air hujan yang turun bersama dengan letusan. Contohnya, banjir lahar panas Gunung Kelud di Jawa Timur. Lahar dingin terjadi jika lava padat yang sudah bertumpuk lamadi sekitar kawah, diguyur hujan terus menerus sehingga menjadi berat dan mengalir turun sebagai banjir lahar dingin (galado). Contohnya. Banjir lahar gunung Galunggung, gunung merapi di Jawa Tengah, dan Gunung Merapi Singgalang di Sumatera Barat. 

2). Gas yang keluar dari gunung api disebut ekshalasi. Letusan gunung api yang mengeluarkan gas (ekhslasi) pernah terjadi pada kompleks gunung api Daratan tinggi Dieng dan Gunung Merapi di Jawa Tengah. Di Dataran Tinggi Dieng terjadi letusan gas beracun pada tahun 1979 yang menewaskan ratusan warga desa setempat. 

3). Bahan Piroklastik, yaitu puing padat yang disemburkan oleh gunung api. Gunung Karakatau pada tahun 1883 menyemburkan piroklastik hingga ke lapisan stratosfer dan abunya terbawa angin hingga menjadi selembang bumi di sejajar khatulistiwa. Di Gunung Merapi di letusan ini menimbulkan awan panas (wedus gembel) dan hujan abu. 

Bahan-Bahan yang dikeluarkan Gunung Api
(Gunung Api) 
Sekian artikel Bahan-Bahan yang dikeluarkan Gunung Api semoga bermanfaat 

Bahan-Bahan yang dikeluarkan Gunung Api Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin