Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 20 October 2014

Pengertian Paragraf Deskripsi dan Ciri-Cirinya

Pengertian Paragraf Deskripsi dan Ciri-Cirinya|Paragraf Deskripsi dalam pengertiannya, Pengertian paragraf deskripsi adalah menggambarkan suatu keadaan dengan cukup terperinci. Maksud dari pengertian paragraf deskripsi adalah mengambarkan dengan jelas keadaan-keadaannya cukup detail, agar seseorang dapat mengetahui juga dan cepat memahami paragraf tersebut, bahwa ini keadaannya dari paragraf tersebut, Untuk mengetahui lebih jelas tentang paragraf deskripsi mari kita lihat pembahasan ciri-ciri paragraf deskripsi dan contoh-contoh paragraf deskripsi agar memudahkan kita membuat paragraf deskripsi dan mengetahui yang manakah dikatakan kalimat deskripsi, penjelasan dan pembahasannya seperti dibawah ini

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi
a. Menyajikan keadaan peristiwa, tempat , benda, atau orang. Misalnya, contoh 1 menggambarkan keadaan peristiwa dan contoh 2 keadaan tempat. 
b. Menimbulkan kesan-kesan tertentu kepada pembacanya misalnya kekaguman
c. Banyaknya mennggunakan kata-kata atau frase yang bermakna keadaan atau siifat 

Contoh Paragraf Deskripsi
Alunan nada yang membentuk harminsasi lagu menggema di halaman kampus Universitas Padjadjaran, Jln. Dipati Ukur, Bandung, senin (27/8) siang. Lebih dari sepuluh ribu pasang tangan memainkan alat musik tradisional angklung dan memanjakan ribuan pasang telinga yang mendengarnya. Mereka begitu kompak. Permainan mereka begitu memukau para penonton. Acara yang merupakan rangkaian acara Dies  Natalis ke-50 Unpad itu membuat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, ikut terpukau.

Pengertian Paragraf Deskripsi dan Ciri-Cirinya
Sekian artikel tentang Pengertian Paragraf Deskripsi dan Ciri-Cirinya dan Contoh Paragraf Deskripsi semoga bermanfaat (Sumber : Cerdas Berbahasa Indonesia, Hal : 62-63, Erlangga.2006.Jakarta, Penulis : Engkos Kosasih)

Pengertian Paragraf Deskripsi dan Ciri-Cirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Afdan, S.Si