Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 28 September 2014

Pengertian Pernapasan dan Alat-Alat Pernapasan

Pengertian Pernapasan dan Alat-Alat Pernapasan|Pernapasan/respirasi adalah pengambilan O2 dan mengeluarkan CO2,Pernapasan terdapat alat-alat pernapasan yang bergungsi dan bertugas pengambilan oksigen (O2) dan pengeluaran karbon dioksida (CO2) sehingga alat-alat pernapasan merupakan bagian dari sistem pernapasan yang sangat vital bagi kinerja dan keaktifan pernapasan itu sendiri, Bernapas dapat dikatakan makanan kita kapan saja dan dimana saja baik karna bernapas membuat siapa saja, semua makhluk hidup didunia ini pasti bernapas yang berbeda hanya cara kerja pernapasannya atau proses bernapasnya dan alat-alat pernapasannya, Begitu juga dengan Manusia memiliki cara kerja dan proses pernapasan yang berbeda-beda serta alat-alat pernapasannya pun berbeda dengan hewan serta tumbuhan oleh karna itu Kali artikelsiana.com akan membahas tentang Pengertian Pernapasan dan Alat-alat Pernapasan Pada Manusia, Mari kita lihat pembahasan dan penjelasannya dibawah ini...




Pengertian Pernapasan dan Alat-alat Pernapasan 
Pada Manusia


Pengertian Pernapasan dan Alat-Alat Pernapasan A. Pengertian Pernapasan. Pernapasan atau respirasi adalah Seluruh proses mulai dari pemasukan udara, pengambilan oksigen (O2) dan penggunaan oksigen untuk oksidasi, sampai dengan pengeluaran zat-zat sisa pernapasan. 

       Manusia bernapas secara tidak langsung. Artinya, udara untuk pernapasan tidak berdifusi secara langsung melalui permukaan kulit. Difusi udara untuk pernapasan pada manusia terjadi dibagian dalam tubuhh, yaitu gelembung paru-paru (alveolus). Pada pernapasan secara tidak langsung, udara masuk ke dalam tubuh manusia dengan perantara alat-alat pernapasan.

B.Alat-Alat Pernapasan Pada Manusia 
Pengertian Pernapasan dan Alat-Alat Pernapasan        Alat-alat pernapasan pada manusia terdiri dari rongga hidung, faring (tekak), laring (pangkal tenggorokan),trakea (batang tenggorokan), bronkus (cabang tenggorokan), dan pulmo (paru-paru)

1. Rongga Hidung (Cavum Nasalis)
         Udara dan luar akan masuk lewat rongga hidung (cavum nasalis). Rongga hidung berlapis selaput lendir, di dalamnya terdapat kelenjar minyak (kelenjar sebasea) dan kelenjar keringat (kelenjar sudorifera). Selaput lendir berfungsi menangkap benda asing yang masuk lewat saluran pernapasan. Selain itu, terdapat juga rambut pendek dan tebal yang berfungsi menyaring partikel kotoran yang masuk bersama udara. Juga terdapat konka yang mempunyai banyak kapiler darah yang berfungsi menghangatkan udara yang masuk.

2. Faring (Tekak)
          Faring berbentuk seperti tabung corong yang terletak di belakang rongga hidung dan mulut. Faring berfungsi sebagai jalan bagi udara dan makanan. Selain itu, faring juga berfungsi sebagai ruang getar untuk menghasilkan suara.

3. Laring (Pangkal Tenggorokan)
          Laring terdapat di antara faring dan trakea. Dinding laring tersusun dan sembilan buah tulang rawan. Salah satu tulang rawan tersusun dari dua lempeng kartilago hialin yang menyatu dan membentuk segitiga. Bagian ini disebut jakun.

       Di dalam laring terdapat epiglotis dan pita suara. EpiglĂ´tis merupakan kartilago elastis yang berbentuk seperti daun. Epiglotis dapat membuka dan menutup. Pada saat menelan makanan, epiglotis menutup sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan tetapi menuju kerongkongan. Pita suara merupakan selaput lendir yang membentuk dua pasang lipatan dan dapat bergetar menghasilkan suara.


4. Trakea (Batang Tenggorokan)
        Tenggorokan berupa pipa yang panjangnya ± 10 cm, tenletak sebagian di ieher dan sebagian di rongga dada (torak). Dinding tenggorokan tipis dan kaku, dikelilingi oleh cincin tulang rawan, dan pada bagian dalam rongga bersilia. Silia-silia ini berfungsi menyaring benda-benda asing yang masuk ke saluran
pernapasan.

5. Cabang-Cabang Tenggorokan (Bronki)
     Tenggorokan (trakea) bercabang menjadi dua bagian, yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri. Struktur lapisan mukosa bronkus sama dengan trakea, hanya tulang rawan bronkus bentuknya tidak teratur dan pada bagian bronkus yang lebih besar cincin tulang rawannya melingkari lumen dengan sempurna. Bronkus bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus.

6. Bronkiolus
      Bronkiolus adalah anak cabang dan batang tenggorok yang terdapat dalam rongga tenggorokan dan akan memanjang sampai ke paru-paru. Jumlah cabang bronkiolus yang menuju paru—paru kanan dan kiri tidak sama. Bronkiolus yang menuju paru-paru kanan mempunyai 3 cabang, sedangka bronkiolus yang menuju paru-paru sebelah kiri hanya bercabang 2. Bronkiolus adalah cabang dan bronkus dan memiliki dinding yang lebih tipis, pada ujung bronkiolus terdapat banyak sekali gelembung-gelembung kecil yang dinamakan alveolus. Ciri khas bronkiolus adalah tidak adanya tulang rawan dan kelenjar pada mukosanya, pada bagian awal dari cabang bronkiolus hanya memiliki sebaran sel globet dan epitel. Fungsi dari bronkiolus adalah sebagai media yang menghubungkan oksigen yang dihirup agar mencapai paru-paru.

7. Paru-paru (Pulmo)
      Paru-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas, di bagian samping dibatasi oleh otot dan rusuk dan di bagian bawah dibatasi oleh diafragma yang berotot kuat. Paru-paru ada dua bagian yaitu paru-paru kanan (pulmo dekster) yang terdiri atas 3 lobus dan paru-paru kiri (pulmo sinister) yang terdiri atas 2 lobus. Paru-paru dibungkus oleh dua selaput yang tipis, disebut pleura. Selaput bagian dalam yang langsung menyelaputi paru-paru disebut pleura dalam (pleura visceralis) dan selaput yang menyelaputi rongga dada yang bersebelahan dengan tulang rusuk disebut pleura luar (pleura panietalis). Paru-paru tersusun oleh bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. 
Pengertian Pernapasan dan Alat-Alat Pernapasan
      Bronkiolus tidak mempunyai tulang rawan, tetapi rongga bronkus masih bersilia dan di bagian ujungnya mempunyai epitelium berbentuk kubus bersilia. Setiap bronkiolus terminalis bercabang-cabang lagi menjadi bronkiolus respirasi, kemudian menjadi duktus alveolaris.Pada dinding duktus alveolans mengandung gelembung-gelembung yang disebut alveolus.

Mekanismenya : Rongga hidung -> Faring-> Trakea-> Bronkus-> Bronkiolus -> Alveolus

Sekian Artikel Tentang, Pengertian Pernapasan dan Alat-Alat Pernapasan Semoga bermanfaat 

Pengertian Pernapasan dan Alat-Alat Pernapasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin