Artikel Belajar dan Bermanfaat

Tuesday 23 September 2014

Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial|Pengertian Tindakan Sosial diartikan oleh berbagai ahli dan Tindakan sosial memiliki jenis-jenis yang dikemukakan oleh Max Weber (George Ritzer,1992) yang membedakan ke dalam empat kategori seperti Zwerk Rational, Werk Rational, Affectual Action, Traditional Action, dari setiap jenis tersebut berbeda-beda serta memiliki contoh-contoh dalam ke 4 jenis-jenis tindakan sosial tersebut, Pengertian tindakan sosial juga dikemukanan oleh berbagai ahli seperti Max Weber,Emile Durkhiem serta Karl Max, yang mengartikan tentang "Pengertian Tindakan Sosial". Untuk Lebih Mengetahui Tentang Pengertian Tindakan Sosial menurut beberapa Ahli yang ada diatas serta Jenis-Jenis Tindakan Sosial, Mari kita lihat pembahasannya dibawah ini..

Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial

A. Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli 
 Tindakan Sosial menurut Para ahli seperti : 
a. Max Weber, Pengertian Tindakan Sosial adalah sebagai tindakan manusia yang dapat memengaruhi individu-individu lainnya dalam masyarakat.

b. Emile Durkheim, Pengertian Tindakan Sosial adalah Sebagai perilaku manusia yang diarahkan oleh norma-norma dan tipe solidaritas kelompok tempat ia hidup.

c. Karl Marx, Pengertian Tindakan Sosial adalah Sebagai Aktvitas manusia yang berusaha menghasilkan barang, atau mencoba sesuatu yang unik untuk mengejar tujuan tertentu .  

 B. Jenis-Jenis Tindakan Sosial

     Manusia bertindak didorong oleh tujuan tertentu. Perbedaan tujuan melahirkan tindakan sosial yang beraneka ragam. Max Weber (George Ritzer, 1992) membedakan tindakan sosial ke dalam empat kategori sebagai berikut.

a. Zwerk Rational (Rasiorinalitas Instrumental)
Ibu Guru Nurhayati membeli sepeda motor agar ia dapat sampai disekolah Iebih awal. Fauzi memutuskan untuk belajar materi fisika yang akan diujikan besok dari pada menonton aksi Jet Li di televisi.

Dua bentuk tindakan sosial  atas termasuk Zwerk Rational. Tindakan tersebut dilaksanakan setelah melalui pertimbangan matang mengenai tujuan dan cara yang akan ditempuh untuk meraih tujuan itu. Jadi, Zwerk Rational dilekatkan pada tindakan yang diarahkan secara rasional untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
b. Werk Rational (Rasionalitas Nilai)
Tindakan sosial jenis ini hampir serupa dengan kategori atau jenis tindakan rasionalitas intrumental. Hanya saja dalam Werk Rational tindakan-tindakan sosial ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan atas dasar keyakinan individu pada niIai-nilai estetis, etis, dan keagamaan. Contohnya, seorang pemuda memberikan tempat duduknya kepada seorang nenek karena ia memiliki keyakinan etis bahwa anak muda harus hormat kepada orang tua. Atau, seorang pertapa rela berpuasa sekian hari untuk mendapatkan berkah sesuai dengan keyakinan agamanya (kepercayaannya).

c. Affectual Action (Tindakan yang Dipengaruhi Emosi)
Tindakan sosial ini dipengaruhi oleh emosi atau perasaan. Misalnya, hubungan kasih sayang seorang kakak kepada adik atau hubungan cinta kasih dua remaja yang sedang dimabuk asmara.

d. Traditional Action (Tindakan karena Kebiasaan)
Tindakan sosial ini dilakukan semata-mata mengikuti tradisi atau kebiasaan yang sudah baku. Seorang bertindak karena sudah menjadi bagian kebiasaannya atau sudah rutin dilakukan. Misalnya, tradisi mudik saat Lebaran atau Han Raya Idul Fitri. Orang tetap memaksakan diri untuk pulang kampung meski harus bersusah payah untuk mewujudkannya. Contoh Iainnya berupa peringatan hari kelahiran, mitoni, atau kegiatan upacara yang telah dilakukan sejak nenek moyang dahulu.

Pengertian Tindakan Sosial menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial


Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin