Artikel Belajar dan Bermanfaat

Friday 19 September 2014

Gerak Pada Tumbuhan

Gerak Pada Tumbuhan | Gerak pada tumbuhan biasanya terjadi karena rangsangan dari luar. Gerak pada tumbuhan biasanya sangat lambat sehingga tidak terlihat oleh mata. Proses tumbuh dari tumbuhan juga merupakan gerak pada tumbuhan. Rangsangan-rangsangan yang mempengaruhi terjadinya suatu gerak pada tumbuhan antara lain adalah rangsangan cahaya, air, sentuhan, suhu, gravitasi, dan zat kimia. Rangsangan ada yang menentukan arah gerak tumbuhan, ada pula yang tidak menentukan arah gerak tumbuhan. Rangsangan yang menentukan arah gerak menyebabkan tumbuhan bergerak menuju atau menjauhi sumber rangsangan.

Gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi gerak higroskopis, gerak esionom, dan gerak otonom/endonom.
  • Gerak higroskopis: Gerak higroskopis adalah gerak bagian tumbuhan yang disebabkan oleh perubahan kadar air. Contoh gerak higroskopis yang mudah kita lihat adalah pecahnya kulit buah polong-polongan, misalnya tumbuhan lamtoro, kembang merak, dan kacang buncis. Gerak higroskopis juga terjadi pada membukanya kotak spora (sporangium) tumbuhan paku dan lumut untuk mengeluarkan spora.
  • Gerak esionom: Gerak esionom adalah gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan dari luar tubuh tumbuhan. Rangsangan itu dapat berupa rangsangan cahaya, sentuhan, suhu, air, gravitasi bumi, zat kimia, dan sebagainya. Gerak esionom dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu gerak nasti, tropisme, dan taksis.
  • Gerak Otonom/Endonom: Gerak otonom atau endonom dikenal juga sebagai gerak spontan karena tumbuhan melakukan gerakan spontan tanpa perlu adanya rangsangan dari luar. Contoh gerak endonom adalah gerak pertumbuhan daun dan gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun Hydrilla verticillata.
Sekian uraian tentang Gerak Pada Tumbuhan, Semoga bermanfaat.

Gerak Pada Tumbuhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nur Afdan, S.Si