Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 8 September 2014

Dampak dan Contoh Perilaku Masyarakat dari Perubahan Sosial Budaya



Dampak dan Contoh  Perilaku Masyarakat  dari  perubahan Sosial Budaya| Dampak Perubahan Sosial Budaya | Faktor-faktor perubahan sosial budaya tersebut secara langsung atau tidak langsung akan memberikan dampak negatif dan positif. Kita tidak khawatir jika perubahan yang terjadi bersifat positif karena perubahah positif akan memberikari pengaruh baik. Namun, kita harus berhati-hati dengan dampak negatif yang muncul.

a. Akibat Positif
        Perubahan dapat terjadi apabila masyarakat dengan kebudayaan mampu menyesuaikan diri dengan gerak perubahan. Keadaan masyarakat yang memiliki kemampuan dalam menyesuaikan disebut adjusment, sedangkan bentuk penyesuaian masyarakat dengan gerak perubahan disebut integrasi.

b. Akibat Negatif
         Akibat negatif terjadi apabila masyarakat dengan kebudayaannya tidak mampu menyesuaikan diri dengan gerak perubahan. Ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan disebut maladjusment. Maladjusment akan menimbulkan disintegrasi.

Penerimaan masyarakat terhadap perubahan sosial budaya dapat dilihat dari perilaku masyarakat yang bersangkutan. Apabila perubahan sosial budaya tersebut tidak berpengaruh pada keberadaan atau pelaksanaan nilai dan norma maka perilaku masyarakat akan positif. Namun, jika perubahan sosial budaya tersebut menyimpang atau berpengaruh pada nilai dan norma maka perilaku masyarakat akan negatif.

   
Perilaku Masyarakat Adanya Perubahan Sosial Budaya
Contoh Perilaku masyarakat karena adanya perubahan sosial budaya adalah sebagai berikut.

1. Aksi protes
       Aksi protes adalah pergolakan massa yang bersifat umum sebagai perwujudan rasa tidak puas terhadap keputusan-keputusan dan kejadian di masyarakat.
2. Demonstrasi
        Demonstrasi adalah gerakan massa yang bersifat langsung dan terbuka serta dengan lisan ataupun tulisan dalam memperjuangkan kepentingan yang disebabkan oleh adanya penyimpangan sistem, perubahan inskonstitusional, dan tidak efektivitas sistem yang berlaku.
3. Kenakalan Remaja
        Kenakalan remaja merupakan suatu perbuatan yang bersifat antisocial yang dilakukan oleh anak remaja. Kenakalan remaja dapat terjadi karena faktor keluarga tidak harmonis sehingga anak bersikap menentang dan melanggar norma dalamnkeluarga.
4. Kriminalitas
         Kriminalitas adalah pelanggaran norma hkum yang dilakukan seseorang dan diancam sanksi pidana. Penyebab kriminalitas adalah pertentangan kebudayaan, perbedaan ideologi politik, perbedaan pendapat mental yang tidak stabil.
5. Pergolakan daerah
        Pergolakan daerah adalah gerakan sosial vertikal dan horizontal yang dilakukan secara serentak dengan banyak cara untuk memaksakan kehendak.



Kesimpulan dari  Dampak dan Contoh Perilaku Masyarakat dari perubahan Sosial Budaya :

Dampak Dari adanya perubahan sosial budaya terbagi atas 2 yaitu, dampak positif dan dampak negatif
1. Dampak Positif dari perubahan sosial budaya dapat terjadi jika dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut
2. Dampak Negatif perubahan sosial budaya dapat terjadi jika masyarakat tak mampu mengendalikan perubahan sosial budaya tersebut.

 Contoh Perilaku masyarakat dari perubahan sosial budaya antara lain sebagai berikut..
1. Aksi protes
2. Demonstrasi
3. Kenakalan Remaja
4. Kriminalitas
5. Pergolakan Daerah

Itulah Penjelasan tentang,Dampak dan Contoh Perilaku Masyarakat dari perubahan Sosial Budaya, Lihat berbagai macam artikel , Disini, Semoga Bermanfaat
(Sumber : IPS, Hal : 111-112, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Penulis : Sutarto, Percetakan : PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri-Solo)

Dampak dan Contoh Perilaku Masyarakat dari Perubahan Sosial Budaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin