Menu

Pengertian Budaya Politik Gabriel A.lmond dan Sidney Verba dan hal-hal yang harus diperhatikan

      

        Pengertian Budaya Politik Menurut Gabriel A. Almond dan Sidney Verba serta Hal-Hal yang harus diperhatikan Terhadap Pengertian Budaya Politik berikut Penjelasannya………

                                                  (Sidney Verba)                (Gabriel A. Almond)
           Menurut Gabriel A. Almond dan Sidney Verba budaya politik adalah sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, serta sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem itu.
       
Terkait dengan pengertian budaya politik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: yaitu ialah…
• konsep budaya politik  tidak mengedepankan aspek-aspek  perilaku aktual (tindakan), melainkan lebih menekankan pada berbagai perilaku non-aktualseperti orientasi, nilai-nilai, kepercayaan-kepercayaan, dan sikap. Singkatnya budaya politik

adalah dimensi psikologis dan sebuah sistem politik.   

• hal-hal yang diorientasikan dalam budaya politik adalah sistem politik, artinya pembicaraan tentang budaya politik selalu terkait dengan sistem politik. Hal-hal yang diorientasikan dalam sistem politik adalah komponen-komponen struktur dan fungsi dalam sistem politik. Seseorang akan memiliki orientasi yang berbeda terhadap sistem politik.

budaya politik menggambarkan komponen-komponen budaya masyarakat di suatu negara atau wilayah. Jadi, bukan budaya masing-masing individu. Diyakini bahwa budaya politik adalah refleksi perilaku warga negara secara massal yang memiliki peran penting bagi terciptanya sistem politik yang ideal.

(Sumber : SeribuPena PKn Jilid 2, Hal : 1 . Penerbit : Erlangga, Penulis : Saptono)

Baca Juga  Mengenal lebih Jauh Deutero Melayu (Melayu Muda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *