Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 21 August 2014

Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha

Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha| Kerajaan HIndu-Budha tidak bertahan lama diakibatkan berbagai faktor-faktor penyebab kehancuran kerajaan-kerajaan hindu budha seperti kerajaan kutai, kerajaan tarumanegara, kerajaan holing, kerajaan melayu, kerajaan melayu, kerajaan mataram kuno,kerajaan medang kamulan, kerajaan kediri, kerajaan singasari, kerajaan bali, kerajaan pajajaran, kerajaan majapahit, semua kerajaan-kerajaan itu bercorak hindu-budha yang memiliki berbagai faktor-faktor penyebab runtuh sehingga kerajaan-kerajaan dalam  Perkembangan pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha cukup besar, karena dapat mempengaruhi seluruh sektor kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan, tidak kurang dan 1.000 tahun (400 M-1478 M) pengaruh Hindu-Buddha dominan berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ml dapat dibuktikan melalui perkembangan Kerajaan Kutai bingga runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha


Terdapat beberapa hal yang menyebabkan runtuhnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di wilayah Indonesia:
Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha
a. Terdesaknya kerajaan-kerajaan sebagai akibat munculnya kerajaan yang lebih besar dan lebih kuat.
b. Tidak ada peralihan kepemimpinan atau kaderisasi, seperti yang terjadi pada masa kekuasaan Kerajaan Majapahit.
c. Berlangsungnya perang saudara yang justru melemahkan kekuasaan kerajaan, seperti yang terjadi pada Kerajaan Syailendra dan Majapahit.
d. Banyak daerah yang melepaskan din akibat lemahnya pengawasan pemerintahan pusat dan raja-raja bawahan membangun sebuah kerajaan yang merdeka serta tidak terikat lagi oleh pemerintahan pusat.
Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budhae. Kemunduran ekonomi dan perdagangan. Akibat kelemahan pemerintah pusat, masalah perekonomian dan perdagangan diambil alih para pedagang Melayu dan Islam.
f. Tersiarnya agama dan budaya Islam, yang dengan mudah diterima para adipati di daerah pesisir. Hal im membuat mereka merasa tidak terikat lagi dengan pemerintahan kerajaan pusat seperti pada masa kekuasaan kerajaan Majapahit.
Sekian Artikel Tentang Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha Semoga Bermanfaat 
(Sumber : Sejarah unuk SMA/MA Program ilmu Alam, Penerbit : Erlangga, Penulis : I Wayan Badrika, Hal : 37)

Faktor-faktor Runtuhnya Kerajaan HIndu-Budha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin