11 Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC

Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC – Belanda mendarat ke Indonesia yang saat itu disebut Nusantara pada 1596. Membawa penderitaan, dampak dan akibat dengan kerugian sangat besar.

Sebab datangnya Belanda melakukan penjajahan saat itu yang pada mulanya di Banten, yang dipimpin oleh Cornelius de Hutman yang didampingi oleh De Keyser. Walaupun tujuan asli bangsa Belanda adalah mencari rempah-rempah.

Namun tujuan itu terkesan membabi buta bahkan mengorbankan segala cara untuk mendapatkannya. Mengapa tidak demikian,

Karena rempah-rempah yang dihasilkan oleh rakyat Indonesia kala itu, merupakan rempah yang digolongkan terbaik di dunia bahkan sangat diminati dan harga di Eropa sangat besar.

Melihat dari hal itu, pada tahun 1602, Belanda membawa kongsi dagang atau organisasi perdagangannya bernama VOC. Kepanjangan VOC ini adalah Vereenigde Oast Compagnie.

Saat datangnya dimasa VOC, menjadi malapetaka yang lebih menakutkankan. Sebab selain penjajahan secara wilayah juga penjajahan penghidupan rakyat Indonesia yang jauh dari kata adil. Bahkan membuat rakyat Indonesia menderita kelelahan, fisik, ekonomi dan keluarga serta nyawa.

Baca Juga  Arti Autotomi Adalah & Contoh Hewan Autotomi

Masa penjajahan VOC ini dipimpin oleh Pieter Both yang merupakan Gubernur Jendral VOC yang pertama untuk menjalakan tujuan VOC.

Diketahui tujuan VOC ini adalah untuk menguasai Indonesia dan mengendalikan harta yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia serpeti tanah dan hasil tumbuh-tumbuhan.

Belum cukup puas dalam merampas segala sumber daya alam di Indonesia, VOC juga bahkan menguasai atau memonopoli perdagangan yang ada di wilayah Indonesia. Hak dan kekuasaan itu diantaranya mengadakan perjanjian dengan raja-raja,

Baca Juga  Mendalami Sejarah : Masa Perundagian

Selain itu VOC juga membentuk angkatan perang, mencetak uang sendiri, mengangkat pegawai, menyatakan perang, memungut pajak, Dengan telah terlibat pemerintahan Belanda di wilayah Indonesia berarti Belanda menjajah Indonesia.

Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC

11 Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC (Foto: Artikelsiana.com)

11 Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC (Foto: Artikelsiana.com)

Melihat dari aksi-aksi VOC tersebut di Indonesia, tidak sedikit penderitaan yang dialami oleh Rakyat Indonesia, adapun penderitaan bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC itu dalam kurun waktu 350 tahun adalah:

  1. Kerja Paksa. Rakyat harus berkerja tampa diberi upah dan makan sehingga banyak penduduk Indonesia yang mati dan kelaparan.
  2. Tanam Paksa. Petani dipaksa menanam tananan yang ditentukan oleh Belanda dan hasil panennya harus dijual kepada Belanda dengan harga yang murah
  3. Pelaksanaan rodi atau kerja paksa siang dan malam
  4. Banyak penduduk yang dijual ke luar negeri
  5. Monopoli perdagangan. Penjajah memaksa petani agar menjual hasil pertanian dengan harga murah sehingga banyak petani yang mengalami kerugian
  6. Perbudakan yang dilakukan oleh belanda
  7. Penyiksaan. Apabila rakyatt melanggar atau memberontak, penjajah tidak segan-segan meyiksa dengan cambuk atau dibuang ke daerah lain, bahkan dihukum gantung
  8. Anak-anak pribumi dilarang untuk bersekolah
  9. Tanah rakyat dirampas untuk kepentingan penjajah
  10. Pemberontakan kepada Belanda akan mendapatkan hokum badan
  11. Rakyat dipaksa membuat jalan dari Anyer sampai Panarukan sepanjang 1.000 km
Baca Juga  Faktor-faktor terjadinya interaksi sosial

Demikianlah informasi mengenai Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
11 Penderitaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Pada Masa VOC | fajeros | 4.5