10 Peran Sadar Penting Politik Luar Negeri Untuk Indonesia

Peran Penting Politik Luar Negeri – Sebelum memaparkan mengenai peran penting politik luar negeri, tahukah anda dengan seperti apakah politik luar negeri. Atau sebelum itu tahukah anda bahwa apa yang dimaksud dengan politik dan luar negeri yang merupakan kata gabungan dari politik luar negeri?.

Arti politik berakar dari konsep “pilihan” (choices) yang bisa berarti membuat keputusan untuk mencapai tujuan. Sedangkan secara luas, politik bisa diartikan sebagai seperangkat keputusan yang menjadi pedoman untuk bertindak/seperangkat aksi untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain itu, untuk memahami konsep luar negeri (foreign), gagasan akan kedaulatan dan konsep mengenai “wilayah” juga sangatlah penting. Sebab kedaulatan berarti kontrol atas wilayah (dalam) yang dimiliki oleh suatu negara. Berdasarkan hal itu, maka secara sederhana yang dimaksud dengan politik luar negeri (foreign policy) adalah seperangkat pedoman untuk memilih tindakan yang ditujukan ke luar wilayah suatu negara.

Melihat dari penjelasan diatas, boleh dikatakan bahwa politik luar negeri pada dasarnya adalah “action theory”. Atau bisa dikatakan bahwa politik luar negeri adalah kebijaksanaan suatu negara yang kebijaksanaan itu ditujukan ke negara lain, dengan tujuan tertentu seperti tercapainya kepentingan setiap negara.

Baca Juga  Mengenal Ciri-Ciri Negara Hukum

Sedangkan secara umum, pengertian politik luar negeri (foreign policy) adalah perangkat formula nilai, sikap, arah serta sasaran untuk mempertahankan, mengamankan, dan memajukan kepentingan nasional di dalam percaturan dunia internasional.

Suatu komitmen yang pada dasarnya merupakan strategi dasar untuk mencapai suatu tujuan baik dalam konteks dalam negeri dan luar negeri serta sekaligus menentukan keterlibatan suatu negara di dalam isu-isu internasional atau lingkungan sekitarnya. Salah satu cara untuk memahami konsep politik luar negeri adalah dengan jalan memisahkannya ke dalam dua komponen: politik dan luar negeri.

Peran Penting Politik Luar Negeri di Indonesia Adalah? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat dikatakan bahwa politik luar negeri tidak lain untuk mengartikulasikan dan memperjuangkan kepentingan nasional terhadap dunia luar yang erat kainnya untuk kepentingan nasional suatu negara.

Dalam politik luar negeri, Indonesia meyadari bahwa terdapat peran yang dihasilkan dalam kebijakan politik luar negeri yang dihasilkan Indonesia. Adapun bentuk-bentuk kesadaran pentingnya politik luar negeri di Indonesia yang pernah terjadi adalah:

10 Peran Sadar Penting Politik Luar Negeri Untuk Indonesia

10 Peran Sadar Penting Politik Luar Negeri Untuk Indonesia

  1. Bertujuan untuk membantu memulihkan citra Indonesia yang terpuruk akibat imbas krisis multi dimensi secara tahun 1997.
  2. Membantu program stabilisasi ekonomi, khususnya menarik investasi yang terdapat dari luar negeri dan mendapatkan peluang pasar agar bisa membuat ekspor produk Indonesia meningkat.
  3. Politik luar negeri bisa dipakai untuk mencegah meluasnya ke dunia internasional terkait masalah domestik yang ada di Indonesia seperti tindakan separatisme Papua, Aceh dan Maluku. Selain itu, mendukung integritas kedaulatan wilayah Indonesia.
  4. Untuk mendorong terciptanya keamanan dan stabilitas regional agar mampu terciptanya perdamaian dunia.
  5. Di Era Habibie, dengan peran politik luar negeri yang penting dengan memainkan diplomasi yang baik membuat upaya pemulihan citra, stabilitas ekonomi dan keamanan menjadi cepat.
  6. Ditengah isu yang menyebar ke dunia internasional terkait konflik vertikal seperti gerakan separatis papua, maluku dan aceh, selain itu konflik horizontal seperti poso, membuat Gusdur menjalankan kebijakan politik luar negeri dengan memberikan informasi berimbang terkait masalah yang dihadapinya.
  7. Selain itu, pada pemerintahan Gusdur, mendorong untuk membuka hubungan dagang dengan Israel, dan mempromosikan aliansi strategi dengan negara India dan China serta melakukan terobosan dengan membuat Forum Pasifik Barat.
  8. Pada pemerintahan Megawati berfokus pada mengatasi terorisme, apalagi saat itu kejadian WTC. Selain itu juga melakukan strukturisasi departemen luar negeri.
  9. Pada Masa SBY menjalankan peran politik luar negeri dengan memulihkan ekonomi dan mempertahankan kedaulatan wilayah.
  10. Pada SBY, Indonesia terpilih sebagai organisasi internasional penting seperti anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, HAM PBB, dan penunjukan Duta Besar, Marty Natalegawa sebagai ketua ke 24 Dewan Dekolonisasi PBB.
  11. Selain itu, kesadaran akan pentingnya politik luar negeri dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan membentuk ASEAN Community, UNFCCC, UNAC, Konferensi Asia Afrika.
  12. Bahkan dalam pemerintahan SBY, Indonesia memanfaatkan politik luar negeri untuk menjaga perdamaian dunia dengan terlibat persoalan dunia seperti masalah Palestina, Darfour, Korea Utara dan Selatan, Bosnia, Irak.
Baca Juga  Mengenal Teori-Teori Tentang Pers

Demikianlah informasi mengenai 10 Peran Kesadaran Penting Politik Luar Negeri Untuk Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Baca Juga  Mengapa Perahu Kertas Bisa Berlayar Jika Diapungkan? Ini Jawabannya
0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
10 Peran Sadar Penting Politik Luar Negeri Untuk Indonesia | fajeros | 4.5