Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 9 March 2019

Ibu Wajib Tau! Inilah Tanda Penyakit Berbahaya Pada Bayi dan Cara Penanganannya

Penyakit Bayi – Baiklah bunda, kali ini kita berbicara tentang penyakit berbahaya yang menyerang pada bayi. Tentu saja di antara kita masih banyak yang belum mengetahui seperti apa tanda tanda penyakit berbahaya pada bayi dan bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyakit bayi yang berbahaya tersebut.
Bayi yang masih belum bisa berbicara dan sering menangis memang kerap kali dapat membuat orang tuanya merasa kebingungan untuk mendeteksi, apakah di hanya sedang mengantuk, lapar atau benar-benar sedang terserang penyakit. Nah, mari kita kenali seperti apa tanda-tanda penyakit berbahaya pada bayi.
Penyakit yang berbahaya itu akan lebih mudah kita tangani jika segera mendapatkan pertolongan. Dalam hal ini, peran orang tua sangatlah penting untuk bisa mengenali tanda atau gejala awal yang terlihat pada bayi. Biasanya, ciri ciri bayi penyakit terserang penyakit berbahaya terlihat hal-hal yang tak biasanya.

Ciri Ciri Penyakit Berbahaya Pada Bayi

Mengenali dan Mengantisipasi Penyakit Berbahaya

Supaya kita bisa mengenali seperti apa gejala penyakit serius pada bayi, maka sebaiknya langkah pertama yang harus dilakukan itu, jangan panik dalam mengamati setiap gerak gerik bayi. Cermatilah setiap perubahan umum yang ada di bawah ini secara seksama.
- Tangisannya akan kedengaran tak biasa dan terjadi secara terus menerus. Tangisan dengan nada yang sangat tinggi atau sebaliknya terdengar lemah (tangisan lemah).
- Tubuh bayi akan terlihat terkulai ketika diangkat atau bayi terlihat lebih sering mengantuk dari biasanya.
- Wajah bayi terlihat pucat, apalagi jika muntahnya berwarna hijau.
- Tak mau makan atau menyusui seperti biasanya.
- Lebih sedikit urine pada popoknya atau ada darah pada tinjanya.
- Suhu tubuh di atas 38 derajat celciu terutama pada bayi yang berumur di bawah 3 bulan, atau sebaliknya di bawah 36 derajat.
- Suhu tubuh tinggi, akan tetapi kaki dan tangan terasa dingin.
- Suhu tubuh tak kunjung turun setelah bayi diberikan obat penurun panas.
- Susah bernapas, napasnya pendek atau pun terdengar bunyi seperti tidak biasanya ketika bernapas.
- Muncul ruam yang berwarna ungu kemerahan yang tak hilang setelah di gulirkan gelas di atas kulitnya.
- Bayi mulai kejang-kejang untuk pertama kalinya.
Beberapa bayi yang baru lahir dengan kondisi tertentu akan lebih beresiko mengalami penyakit serius, dibandingkan yang lainnya. Berikan perhatian ekstra pada bayi jika ibu atau bayi mengalami kondisi-kondisi di bawah ini.
- Bayi lahir sebelum 37 minggu dalam kandungan
- Sang ibu mengidap penyakit streptokokus grup B
- Pernah mempunyai bayi yang mengidap streptokkus grup B.
- Sang ibu mengalami infeksi atau demam selama 24 jam sebelum atau sesudah melahirkan
- Ketuban ibu pecah lebih dari 18 jam sebelum bayi lahir, terutama jika bayi lahir pada 37 minggu kehamilan.
- Ibu menerima antibiotic yang diberikan lewat infuse ke pembuluh duru.
- Selain daripada, waspadailah jika bayi berumur kurang dari 3 bulan yang mengalami demam lebih dari 38 derajat celcius. Sebaiknya, segeralah periksakan dia ke dokter atau langsung di bawah ke UGD.

Jenis Jenis Penyakit Bahaya Bayi dan Cara Mencegah dan Mengatasinya

Ada beberapa jenis penyakit bahaya atau serius yang bisa menyerang bayi. Ikutilah firasat anda dan kenalilah penyakit dengan gejala-gejala penyakit yang dapat membahayakan bayi dan cara mengatasinya:
- Diare
Diare adalah suatu kondisi saat bayi buang air dalam wujud airan dan terlalu sering buang air akibat virus, alergi atau bakteri. Jika tak segera ditangani, maka diare bisa mengakibatkan dehidrasi yang akan membahayakan nyawa bayi.
Gejala Bayi Terserang Diare
Memang agak susah membedakan gejala diare dengan buang air biasa yang dilakukan bayi yang masih disusui. Cermati, jika tinjanya terliha lebih cair dan sering melakukan buang air dari biasanya. Popok yang kering, mulut dan mata kering serta tubuh terasa lemas bisa jadi itu tanda-tanda bayi mengalami dehidrasi karena terserang diare.
Cara Mengatasi Diare pada Bayi
Jika tak kunjung membaik, maka segeralah bawa ke dokter, terutama jika diarenya bersamaan dengan demam, muntah, diare berdarah dan sakit perut. Dokter kemungkinan akan merekomendasikan cairan elektrolit.
- Respiratory Synctial Virus (RSV)
adalah salah satu virus yang menjadi penyebab infeksi pada saluran pernapasan yang seringkali menyerang bayi yang berumur di bawah satu tahun. Kondisi ini akan lebih beresiko terjadi pada bayi prematur.
Gejala Bayi Terserang Virus Pernapasan
Batuk, pilek, demam rendah dan napas bayi terdengar berbunyi
Cara Mengatasi Virus Pernapasan Bayi
Bawalah bayi ke luar ruangan selama beberapa saat untuk bisa menghirup udara segar. Hindarkanlah dirinya dengan polusi seperti asap rokok. Akan tetapi, segeralah bawa si bayi ke dokter jika gejala-gejala ini terlihat saat si bayi berusia di bawah 3 bulan.
- Otitis Media
Otitis Bayi adalah infeksi telinga yang terjadi saat kuman berkembang dalam tumpukan cairan yang ada di telinga bagian tengah.
Cara Mengatasi Gangguan Telinga Pada Bayi
Tegakkanlah tubuhnya supaya cairan bisa mongering. Bayi yang disusui juga terbukti lebih tak beresiko mengalami infeksi telinga. Selain daripada itu, hindarkanlah bayi dari polusi seperti debu dan asap rokok. Akan tetapi yang terpenting bahwa periksakan si Bayi ke dokter karena infeksi yang tak segera ditangani bisa menyebabkan gangguan pendengaran.
- Diabetes pada anak
Diabetes pada bayi bisa terjadi saat ibu memiliki kadar gula tinggi ketika hamil.
Gejala Bayi Terserang Diabetes
Bayi yang lahir dengan ukuran jauh lebih besar dari umumnya, lemas, bayi mengalami kuning, kulit kebiruan, kejang, detak jantung cepat, wajah bengkak, tremor dan napas pendek.
Cara Mengatasi Bayi Terkena Diabetes
Jika diketahui dari awal maka dokter bisa memberikan tindakan penanganan secara khusus. Setelah lahir, kadar gula darah bayi mesti diperiksa secara terus menerus. Segeralah menyusui bayi setelah lahir merupakan salah satu langkah tepat untuk dapat mencegah kadar gula darah yang terlalu rendah.
- Retinoblastoma
Retinoblastoma adalah suatu tumor ganas yang ada pada retina dimana bisa terjadi sejak dalam kandunga, pada saat bayi baru lahir, sampai balita. Penyakit ini datang menyerang pada anak berusia 12 sampai 18 bulan.
Gejala Retinoblastoma
Pupil mata bayi terlihat putih, terkadang baru terlihat saat anak di foto. Bisa juga terjadi pupil terlihat kemerahan atau lebih besar dari normalnya, serta penglihatannya menjadi buruk.
Cara Mengatasi Retinoblastoma
Segeralah bawa ke dokter spesialis mata untuk bisa memperoleh penanganan yang tepat.
- Meningitis
Meningitis adalah suatu peradangan karena terjadi infeksi virus maupun bakteri pada membran antara selaput pelindung otak dan saraf tulang belakang.
Gejala Meningitis pada Bayi
Leher terasa kaku, sakit kepala yang sangat parah, muntah, sensitive terhadap cahaya, kebingungan, mengantuk, ruam kemerahan, tak mau minum dan makan, dan demam tinggi.
Cara Meningitis pada Bayi
Segeralah periksakan ke dokter jika terdapat tanda-tanda meningitis pada bayi.
Catatlah tanggal dan setiap perubahan-perubahan yang terjadi untuk bisa memudahkan diagnosis. Simpan dan bawalah buku rekam medis anak setiap kali memeriksakan si kecil kepada dokter.

Kapan Bayi Harus Dibawa Ke Rumah Sakit atau UGD

Anda mungkin merasa kesulit dalam menentukan kapan si kecil dibawa ke rumah sakit atau UGD. Nah, berikut ini terdapat beberapa kondisi dan situsi yang bisa menjadi panduan kita dalam mengambil keputusan.
Hubungilah ambulan atau segera bawa bayi ke IGD jika dia mengalami keracunan, pendarahan yang tak bisa dihentikan, kejang, pingsan, sesak napas, anggota badan terpotong, hampir tenggelam, bibir, terbakar, jatuh atau terbentur dengan kondisi serius merasakan sakit perut yang amat sangat.
Tetaplah tenang adalah kunci utama untuk dapat menangani penyakit bayi yang berbahaya. Untuk berjaga-jaga, selalu tempatkan nomor-nomor telepon pada dokter anak, rumah sakit terdekat dan ambulans di tempat yang sangat mudah ditemukan di rumah.


Ibu Wajib Tau! Inilah Tanda Penyakit Berbahaya Pada Bayi dan Cara Penanganannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin