Menu

Pengertian Rumput Teki (Cyperus rotundus L.), Deskripsi & Ciri-Ciri Rumput Teki

Pengertian Rumput Teki (Cyperus rotundus L.), Deskripsi & Ciri-Ciri Rumput Teki – Sebagaimana yang diketahui bahwa tanaman atau tumbuhan rumput teki memiliki khasiat dan manfaat yang besar dan hal itu juga dapat ditinjau khasiatnya secara farmakologi dan biologi.

Menurut Lawal dan Adebola (2009) bahwa dalam farmakologi dan biologi, umbi rumput teki Khasiat dari umbi rumput teki secara farmakologi dan biologi yaitu memiliki manfaat anti-candida, antibakteri, antimutagenik, antioksidan, sitotoksik, dan apoptosis, sitoprotektif, antimikroba, anti-inflamasi, antidiabetes, serta analgesik antipiretik untuk tanaman ini.

Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat yang dapat diberikan rumput teki seperti yang biasa dialami banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun manfaat rumput teki yaitu obat untuk mempercepat pematangan bisul, peluruh dahak, peluruh haid, obat cacing, pelembut kulit.

Hal itu sehingga rumput teki, memiliki sejarah panjang yang dimanfaatkan masyarakat di berbagai daerah dengan tata cara pengolahan yang bersifat tradisional.

Sedangkan menurut Wijayakusuma (2009) bahwa rumput teki dapat digunakan juga sebagai air pencuci anti keringat, serta akar yang sudah menjadi bubuk dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan obat borok.

Selain itu manfaat dari rumput teki dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit (analgesik), arbortus (keguguran).

Demikian ini dapat terjadi dikarenakan kandungan dari Rumput Teki. Menurut Pdjiastuti, Dzulkarnain dan Astuti (1996) bahwa Bagian dari rumput teki yang dapat dimanfaatkan adalah rimpangnya. Komponen-komponen kimia yang terkandung dalam rimpang rumput teki antara lain : minyak atsiri, alkaloid, flavonoid, polifenol, resin, amilum tannin, triterpen, d-glukosa, d-fruktosa, dan gula tak mereduksi (Murnah, 1995) dengan adanya kandungan minyak atsiri yang bersifat analgetik.

Namun dengan manfaat yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari, seperti apa yang dimaksud rumput teki itu.

Pertanyaan demikian tentu saja, akan tersemangatkan dalam pikiran setiap orang ketika mendengar dan mengetahui manfaat dan khasiat yang begitu besar diberikan rumput teki bagi kesehatan.

Olehnya itu, pada informasi ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri rumput teki dan deskripsi rumput teki:

Pengertian dan Deskripsi Rumput Teki: Apa itu?

Pengertian Rumput teki merupakan (Cyperus rotundus) atau nutgrass adalah gulma berupa semak yang mampu tumbuh hingga 1,4 meter.

Sebagaimana dijelaskan diatas terkait kandungan yang berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit ini, juga bermanfaat bagi kecantikan terlebih lagi menghilangkan flek hitam pada wajah. Rumput teki mudah didapatkan.

Penyebaran rumput teki yang tumbuh liar di Afrika Selatan, Korea, Malaysia, Taiwan, ICina, Jepang, ndonesia, dan Kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, biasanya tumbuh disekitar dataran rendah berketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

Ilustrasi Gambar: Pengertian Rumput Teki (Cyperus rotundus L.), Deskripsi & Ciri-Ciri Rumput Teki

Jadi, bagi anda yang masih sulit untuk menghilangkan flek hitam pada wajah anda atau mempercantik dan indah wajah anda, mungkin saja kata tersebut tidaklah tepat.

Kurang apalagi manfaat dan khasiat rumput teki yang sangat mudah didapatkan. Menurut Gunawan (1998) bahwa Rumput teki banyak tumbuh di tempat terbuka atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Contohnya biasa tumbuh di lahan pertanian yang tidak terlalu kering, ladang, kebun, tegalan, pinggir jalan, yang hidup sebagai gulma karena sangat susah untuk diberantas.

Selain itu, menurut Lawal (2009) rumput teki dapat menerima curah hujan lebih 1000 m setiap tahunnya dengan kelembapan 60-85%.

Bahkan suhu terbaik dalam pertumbuhan rumpu teki berata-rata 25 derajat celcius, pH tanah untuk menumbuhkan rumput teki berkisar antara 4,0 – 7,5. 

Klasifikasi Tanaman Rumput Teki

Menurut Sugati (1991) klasifikasi tanaman rumput teki sebagai berikut :

  • Regnum: Plantae
  • Divisi: Spermathophyta
  • Class: Monocotyledoneae
  • Ordo: Cyperales
  • Family: Cyperaceae
  • Genus: Cyperus
  • Species: Cyperus rotundus L.

Ciri-Ciri Rumput Teki

Rumput teki adalah suatu tanaman herba menahun yang sering tumbuh di lahan pertanian sebagai gulma. Di Indonesia, tanaman ini sangatlah mudah didapatkan disebabkan beriklim tropis.

Rumput Teki dan Rimpangnya.

Umbi batang merupakan mekanisme pertahanan yang ada pada rumput teki, disebabkan rumput teki dapat bertahan berbulan-bulan.

Rumput teki termasuk dalam ke famili Cyperaceae merupakan tanaman gulma tahunan.

Menurut Lawal (2009) bahwa kulit umbi rumput teki memiliki hitam dan putih kemerahan dalamnya, mempunyai bau yang khas.

Bunga terletak pada ujung tangkai memiliki tiga tunas kepala benang sari yang berwarna kuning jernih.

Rumput teki termasuk rumput semu menahun, tetapi tidak termasuk Graminae (keluarga rumput-rumputan).

Batang rumput teki memiliki segitiga yang dapat mencapai ketinggian 10 – 75 cm dengan arah tumbuh tegak lurus.

Helaian daun rumput teki yang biasanya berjumlah 4 sampai 10. Daunnya mempunyai bentuk garis dan warna permukaan berwarna hijau tua mengkilat dengan ujung daun meruncing 2-6 cm.

Bunga rumput teki ini berwarna hijau kecoklatan yang terletak pada ujung tangkai dengan tiga tunas kepala benang sari berwarna kuning jernih, membentuk bunga-bunga berbulir mengelompok menjadi satu berupa payung. Tangkai putik bercabang tiga.

Menurut Asiamaya (2007) bahwa Rumput teki mempunyai buah yang berbentuk kerucut besar pada pangkalnya.

Biasanya buahnya melekuk dengan warna coklat, dengan panjang 1,5 sampai 4,5 cm dengan diameter 5 hingga 10 mm.

Pada rimpangnya yang telah tua memiliki banyak tunas yang menjadi umbi berwarna coklat dan hitam, rasanya sepat kepahit – pahitan dan baunya wangi.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Rumput Teki (Cyperus rotundus L.), Deskripsi & Ciri-Ciri Rumput Teki. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!