Menu

Pengertian Hasil Belajar, Tujuan, Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Hasil Belajar, Tujuan, Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli – Secara umum, pengertian Hasil belajar adalah kemampuan yang mempunyai siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.

Menurut Sardiman, AM, (2014: 23) yang menjelaskan bahwa pengertian “belajar adalah perubahan tingkah laku, dan terjadi karena hasil pengalaman”.

Setelah suatu proses belajar berakhir, maka siswa memperoleh suatu hasil belajar. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran.

Tujuan Utama

Tujuan utama yang ingin dicapai dalam kegiatan pembelajaran adalah hasil belajar. Fungsi dari Hasil belajar untuk mengetahui sebatas mana siswa dapat memahami serta mengerti materi tersebut.

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

Adapun pengertian hasil belajar menurut para ahli 

1. Pengertian Hasil Belajar Menurut Hamalik

Menurut Hamalik yang menjelaskan bahwa pengertian hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan.

2. Pengertian Hasil Belajar Menurut Nana Sudjana

Menurut Nana Sudjana (2009: 3) mendefinisikan hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.

3. Pengertian Hasil Belajar Menurut Dimyati dan Mudjiono

Menurut Dimyati dan Mudjiono (2006: 3-4) juga menyebutkan hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan berakhirnya pengajaran dari puncak proses belajar.

4. Pengertian Hasil Belajar Menurut Winkel

Menurut Winkel (2009) menjelaskan bahwa pengertian hasil belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang.

5. Pengertian Hasil Belajar Menurut Nawawi

Menurut pengertian mengenai hasil belajar dipertegas oleh Nawawi (dalam Susanto, 2013: 5) yang menjelaskan bahwa hasil belajar diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa untuk mempelajari materi pelajaran yang terdapat di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang didapatkan melalui hasil tes tentang sejumlah materi pelajaran tertentu.

Suatu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa.

6. Pengertian Hasil Belajar Menurut Woordworth 

Menurut Woordworth (dalam Ismihyani, 2000), yang menjelaskan bahwa pengertian hasil belajar adalah suatu perubahan tingkah laku sebagai akibat dari proses belajar. Selain itu, menurut Woordworth yang menjelaskan bahwa pengertian hasil belajar adalah kemampuan aktual yang dapat diukur secara langsung.

Hasil pengukuran belajar inilah akhirnya akan mengetahui seberapa jauh tujuan pendidikan dan pembelajaran yang telah tercapai.

7. Pengertian Hasil Belajar Menurut Nana Sudjana 

Menurut Nana Sudjana bahwa pengertian dari hasil belajar adalah suatu kemampuan-kemampuan yang mempunyai siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.

8. Pengertian Hasil Belajar Menurut Purwanto

Menurut Purwanto dalam bukunya yang berjudul Evaluasi Hasil Belajar mendefinisikan bahwa pengertian Hasil belajar dapat dijelaskan dengan menggunakan dua macam kata yang membentuknya, yakni “hasil‟ dan “belajar”. Pengertian hasil (product) menampilkan pada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas atau proses yang mengakibatkan berubahnya input secara fungsional.

9. Pengertian Hasil Belajar Menurut Abdurrahman

Menurut Abdurrahman yang menjelaskan bahwa pengertian hasil belajar adalah kemampuan diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar.

10. Pengertian Hasil Belajar Menurut Suprijono

Menurut Suprijono bahwa pengertian hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Hasil belajar berupa hal-hal sebagai berikut.

  • Informasi Verbal. Pengertian informasi verbal adalah kapabilitas mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis.
  • Keterampilan Intelektual. Pengertian keterampilan intelektual bahwa penjelasannya adalah kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang.
  • Strategi Kognitif. Pengertian strategi kognitif yang menjelaskan bahwa strategi kognitif adalah kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya.
  • Sikap. Menjelaskan bahwa sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek bahwa menurut penilaian terhadap objek tersebut.

Manfaat Hasil Belajar

Pada hakekatnya bahwa yang dimaksud dengan Hasil belajar adalah suatu perubahan tingkah laku seseorang yang terkait dengan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor setelah mengikuti suatu proses belajar mengajar tertentu.

Pendidikan dan pengajaran dikatakan dapat berhasil ketika terdapat suatu perubahan-perubahan yang tampak pada siswa merupakan hal yang menjadi akibat dari proses belajar mengajar yang dialaminya.

Dengan demikian bahwa proses yang ditempuhnya melalui program dan kegiatan yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru dalam proses pengajarannya.

Manfaat Hasil Belajar

Berdasarkan hasil belajar siswa, dapat diketahui kemampuan dan perkembangan sekaligus tingkat keberhasilan pendidikan.

Dalam artian bahwa Hasil belajar menampilkan perubahan keadaan menjadi lebih baik, sehingga bermanfaat untuk:

  1. Menambah pengetahuan
  2. Lebih memahami sesuatu yang belum dipahami sebelumnya
  3. Lebih mengembangkan keterampilannya,
  4. Memiliki pandangan yang baru atas sesuatu hal.
  5. Lebih menghargai sesuatu daripada sebelumnya.

Dapat disimpulkan bahwa istilah hasil belajar merupakan perubahan dari siswa sehingga terdapat perubahan dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Terdapat dua faktor yang mendasari dalam mempengaruhi hasil belajar. Dua macam faktor itu dikenal faktor internal dan faktor eksternal. Adapun yang dimaksud dari kedua faktor ini dalam mempengaruhi hasil belajar yaitu: 

  1. Faktor internal adalah faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar. Faktor internal meliputi: faktor jasmaniah dan faktor psikologis.
  2. Faktor eksternal adalah faktor yang ada di luar individu. Faktor eksternal meliputi: faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.

Selain itu, lebih terperinci dalam mendalami faktor internal dan faktor eksternal terkait hal yang mempengaruhi proses dan hasil belajar yakni: 

Faktor Internal

a. Faktor Fisiologis atau Jasmani Individu sebagai hal yang bersifat bawaan maupun yang mempunyai melihat, mendengar, struktur tubuh, cacat tubuh dan sebagainya.

b. Faktor Psikologis yang memiliki sifat bawaan maupun keterunan yang terdiri dari:

  • Faktor Intelektual
  • Faktor kematangan baik fisik maupun psikis
  • Faktor non-intelektual

Faktor Eksternal

a. Faktor sosial yang didasarkan dari:

  • Faktor lingkungan masyarakat.
  • Faktor lingkungan keluarga.
  • Faktor kelompok.
  • Faktor lingkungan sekolah.

b. Faktor lingkungan fisik contohnya, fasilitas belajar, fasilitas rumah, dan iklim.

c. Faktor spritual atau lingkungan keagamaan. Yang dimaksud dengan hal ini adalah suatu faktor yang saling berinteraksi yang sifatnya langsung atau tidak langsung yang dapat mempengaruhi hasil belajar capai seseorang.

Ilustrasi Gambar: Pengertian Hasil Belajar, Tujuan, Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli

d. Faktor budaya contohnya teknologi, adat istiadat, kesenian dan ilmu pengetahuan.

Macam-Macam Hasil Belajar 

Menurut Horwad Kingsley membagi tiga macam hasil belajar, yakni :

  1. Keterampilan dan kebiasaan.
  2. Pengetahuan dan pengertian.
  3. Sikap dan cita-cita.

Menurut Gagne membagi kedalam lima kategori terkait macam-macam hasil belajar, yaitu:

  1. Informasi verbal
  2. Keterampilan intelektual
  3. Strategi kognitif
  4. Sikap
  5. Keterampilan motoris.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Hasil Belajar, Tujuan, Faktor & Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!