Menu

Inilah Cara Membersihkan Gigi dan Gusi Bayi yang Benar

Meski gigi bayi masih beberapa yang tumbuh, akan tetapi penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi bayi sejak dini. Kebiasaan ini akan sangat menentukan kesehatan mulutnya sampai dia beranjak besar. Nah, di sini kita akan membahas tentang kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan mulut dan bagaimanakah cara untuk membersihkan mulut bayi.
Gigi bayi atau gigi susu berfungsi untuk dapat membantu bayi belajar mengunyah dan berbicara. Kesehatan mulut yang tak dijaga akan beresiko mengakibatkan gingivitis atau infeksi gusi yang bisa menyebabkan munculnya jarak antar gigi permanen nantinya.

Tips Membersihkan Gigi dan Gusi yang Mesti Bunda Ketahui

Mulai Membersihkan Sejak Dini

Gigi bayi nantinya akan digantikan oleh gigi permanen. Umumnya pada gigi bayi mulai tumbuh antara umur 4 sampai 7 bulan yang dimulai dengan dua gigi depan. Akan tetapi untuk menjaga kesehatan mulut sebenarnya mesti dimulai dengan cara membersihkan mulit bayi saat dia belum tumbuh gigi.
Nah, berikut ini beberapa cara membersihkan gigi dan gusi bayi untuk dijadikan panduan:

Bersihkan Gusi dan Gigi dengan menggunakan kain basah yang lembut

Usaplah gusi pada setiap kali bayi selesai makan menggunakan kain basah yang lembut dan bersih. Bisa juga memakai kain kasa yang dililitkan pada jari. Lakukanlah hal ini setidaknya sebanyak dua kali sehari setelah bayi tumbuh gigi, juga bisa dilakukan sebelum tidur. Tujuannya yaitu untuk dapat membersihkan bakteri dari mulut bayi yang bisa menyebabkan plak dan penyakit pada gusi dan gigi.

Menggunakan Sikat Gigi yang Tepat

Ganti penggunaan kain basah dengan menggunakan sikat gigi, jika giginya sudah mulai banyak. Pilihlah sikat gigi bayi dengan sikat yang bertekstur lembat, kepala kecil dan pegangan yang besar sehingga mudah untuk bayi menggenggambnya. Kemudian bunda juga bisa menyikati giginya, sampai dia sudah bisa untuk dapat menyikat giginya sendiri. Cukup gunakan sikat gigi yang sudah dibasahi menggunakan air bersih, sampai dia mencapai usia 3 tahun, barulah kemudian memperkenalkan dia tentang penggunaan pasta gigi.

HIndarilah Menidurkan bayi dengan botol susu

Banyak orang tua yang memberikan botol susu untuk bisa membantu si kecil tidur, dan membiarkannya berada di mulut selama bayi tertidur, karena takut membangunkannya. Dot yang masih ada di mulut saat si kecil tertidur akan lebih beresiko mengakibatkan gigi berlubang dan bisa memicu munculnya bakteri dalam mulut. Selain daripada itu, lama-kelamaan bayi juga akan bergantung pada botol untuk kenyamanan.

Selalu Bersihkan Dot Bayi secara Teratur

Jangan lupa untuk membersihkan dot secara teratur maka sebaiknya berhentilah memakai dot setelah dia berusia 2 tahun, dan ajarilah si kecil untuk tak mengisap jempol. Karena keduanya akan beresiko menyebabkan gigi menjadi tak rata.

Berikan Air Mineral

Kalau sudah mencapai usia setahun, maka berikanlah air mineral atau susu tawar di sela-sela dia makan, untuk menggantikan susu dengan tambahan perasa atau jus buah yang tinggi gula dalam kemasan. Air mineral bisa membantu untuk membilas sisa-sisa makanan yang telah tersisa pada mulut dan giginya.

Cermati Kondisi Gigi Bayi

Lihatlah apakah ada lubang pada gigi bayi, waspadai terjadinya perubahan warna gigi, baik ditandai dengan adanya titik putih, kehitaman maupun kecokelatan. Hindarilah memberikan pengobatan sendiri pada bayi, disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Tidak hanya menentukan kesehatan mulut, akan tetapi kesehatan gigi juga bisa ikut menentukan perkembangan rahang pada bayi. Sebaiknya periksakanlah kesehatan gigi kepada dokter gigi sejak awal. Manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan konsultasi seputar kesehatan mulut, semisal kebiasaan mengisap jempol. Juga segeralah periksakan ke dokter anak, kalau bayi mengalami muntah, demam atau gejala lainnya setelah menggigit benda-benda tertentu.

Demikianlah informasi tentang cara membersihkan gigi dan gusi anak. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara membersihkan gusi dan gigi pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!