Menu

Pengertian Frekuensi Menurut Para Ahli Fisika Terkenal

Meskipun seringkali mendengar tentang frekuensi, tidak jarang banyak kalangan yang belum memahami apa pengertian frekuensi tersebut. Ya, biasanya, ketika mendengar kata frekuensi, maka seseorang akan berpikir tentang radio. Hal ini cukup beralasan karena saluran radio berada pada gelombang tertentu agar mendapatkan suara yang jernih.

Selain radio, setiap dari kita juga berhadapan dengan istilah frekuensi pada detail yang berbeda. Setiap hari kita mendengar tentang frekuensi suara, di mana merupakan hasil suara dari manusia yang akan diterima oleh organ dengar. Namun, kembali ke pembahasan awal, bahwa meskipun tampak familiar, tidak sedikit kalangan yang belum memahami arti dari frekuensi tersebut.

Pemahaman terhadap arti apa itu frekuensi menjadi salah satu hal yang cukup penting, terutama bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Pemahaman mengenai arti ini adalah dasar sebelum Anda mengenali bagian lain atau hal lain di sekitar frekuensi. Lantas, bagaimana pengertian dari frekuensi ini? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini.

Definisi Dari Frekuensi

Berbicara tentang frekuensi, sebenarnya kita akan masuk dalam pembahasan ilmu fisika. Ya, pada dasarnya, frekuensi adalah bagian keilmuan fisika, terutama yang berkaitan dengan gelombang. Namun, bukan berarti istilah frekuensi hanya dipakai dalam keilmuan fisika saja. Hal ini dikarenakan frekuensi bisa digunakan bahkan untuk hal-hal yang Anda lakukan setiap hari.

Menurut para ahli, salah satu arti dan definisi frekuensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa. Ukuran ini menggunakan satuan Hz dalam ilmu fisika. Dalam arti yang lain, frekuensi juga memiliki definisi sebagai rentang waktu atau seberapa sering salah satu peristiwa tertentu terjadi.

Dalam ilmu fisika, frekuensi sangat berkaitan dengan gelombang suara dalam beberapa media. Beberapa media yang menggunakan frekuensi sebagai bagian terpenting adalah radio, telepon, televisi dan beragam jenis media komunikasi lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mungkin seringkali mendengar tentang frekuensi seseorang mandi, frekuensi seseorang keramas atau lainnya. Nah, ini adalah salah satu contoh pemakaian istilah frekuensi untuk bidang yang berbeda, selain ilmu fisika.

Perlu diketahui bahwa selain pengertian frekuensi, ada pula jenis-jenis frekuensi, terutama dalam dunia fisika. Nah, tentu saja Anda tidak cukup untuk memahami hanya definisi frekuensi saja.

Jenis Frekuensi Dalam Fisika

Dalam dunia fisika, ada beberapa jenis frekuensi yang harus diketahui. Pemahaman terkait jenis dari frekuensi ini menjadi penting untuk melengkapi pemahaman tentang pengertian frekuensi. Lantas, apa saja jenis frekuensi dalam fisika yang harus diketahui? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

·    Frekuensi radio

Jenis frekuensi pertama yang harus diketahui adalah frekuensi radio. Jenis frekuensi ini mengacu pada spektrum elektromagnet. Nah, spektrum tersebut dihasilkan dari arus bolak-balik yang menuju ke antena. Dalam hal ini, frekuensi radio biasanya digunakan untuk mengirimkan pesan suara melalui gelombang udara.

Hingga saat ini, frekuensi radio memiliki dua jenis yang berbeda. Dalam pembagiannya, frekuensi radio dibagi menjadi frekuensi radio AM dan juga frekuensi radio FM. Anda tentu sudah sangat familiar dengan jenis frekuensi radio tersebut, bukan?

·    Frekuensi audio

Jenis frekuensi yang kedua dalam dunia fisika yang perlu diketahui adalah frekuensi audio. Nah, jenis frekuensi ini cukup sering disebut sebagai frekuensi suara. Jenis frekuensi ini merupakan getaran frekuensi yang bisa didengar oleh telinga dari manusia. Dalam rentang gelombang, frekuensi audio ini memiliki standar getaran sekitar 20 hingga 20.000 Hz.

Nah, selain definisi frekuensi, memahami frekuensi audio juga merupakan hal penting. Jenis frekuensi ini dibagi menjadi tiga hal berbeda. Pembagian frekuensi audio adalah frekuensi infrasonic, frekuensi audible dan frekuensi ultrasonic. Pembagian ini dibedakan menurut tingkat getaran dari gelombang tersebut.

Frekuensi infrasonic merupakan frekuensi audio yang memiliki tingkat getaran mulai dari 0 hingga 20 Hz. Jika dilihat dari ukurannya, frekuensi ini memiliki gelombang yang sangat lemah. Karena getaran gelombang yang cukup lemah, maka jenis frekuensi ini tidak bisa didengarkan oleh telinga manusia.

Pembagian frekuensi audio yang kedua adalah frekuensi audible. Jenis frekuensi ini memiliki getaran gelombang mulai dari 20 hingga 20.000 Hz. Nah, dari rentang Hz yang dimiliki, jenis frekuensi ini adalah frekuensi di mana bunyi bisa didengarkan dengan baik oleh telinga manusia.

Sedangkan pembagian jenis frekuensi audio yang ketiga adalah frekuensi ultrasonic. Ini adalah pembagian jenis frekuensi terbesar dengan rentang gelombang di atas 20.000 Hz. Jenis frekuensi ini memiliki getaran gelombang yang begitu besar sehingga berbahaya bagi pendengaran manusia.

Nah, demikian beberapa pembagian frekuensi menurut besaran dari getaran gelombang. Pemahaman terkait hal ini tentu penting setelah memahami secara detail pengertian frekuensi. Dengan mengetahui pembagian frekuensi, maka Anda bisa membedakan jenis-jenis bunyi yang berasal dari sumber bunyi yang berbeda.

Hal Lain Terkait Frekuensi

Untuk mendapatkan pemahaman yang detail mengenai frekuensi, tentu Anda harus mengetahui beberapa hal lain di sekitar frekuensi. Hal ini menjadi penting agar Anda memiliki pemahaman yang utuh dan tidak terpaku hanya pada definisi frekuensi saja.

Nah, dalam hal ini, beberapa hal yang terkait dengan frekuensi adalah getaran, gelombang serta amplitudo. Kita akan membahas beberapa pengertian dari beberapa hal tersebut di bawah ini.

·    Definisi getaran

Selain frekuensi, getaran menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui. Ya, frekuensi dan getaran bisa dikatakan sebagai dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Lantas, apa definisi dari getaran tersebut?

Nah, menurut para ahli, getaran adalah gerak bolak-balik yang terjadi di sekitar zona kesetimbangan. Kesetimbangan sendiri merupakan keadaan di mana suatu benda akan berada dalam posisi diam ketika tidak ada gaya yang mengenai atau bekerja pada benda tersebut.

Dalam dunia fisika, getaran sangat dekat dengan frekuensi serta amplitudo. Nah, satu gerak bolak-balik secara penuh dari suatu benda maka memiliki kesetaraan dengan satu getaran frekuensi.

·    Definisi gelombang

Selain getaran, Anda juga harus memahami apa itu gelombang. Beberapa kalangan cukup susah membedakan apa itu getaran dan gelombang. Nah, perlu diketahui bahwa gelombang merupakan sebuah getaran yang merambat.

Idealnya, menurut ilmu fisika, gelombang akan merambat dengan mengikuti gerakan sinusoida. Gelombang merambat melalui media. Media rambat gelombang bisa bermacam-macam, seperti udara, meja, air dan lainnya Nah, karena adanya gelombang inilah kita bisa mendengar bunyi.

Namun, gelombang tidak bisa merambat melalui ruang hampa karena dalam ruang hampa tidak ada partikel yang bisa digunakan untuk media rambat. Oleh karena itu, di ruang angkasa, Anda tidak akan bisa mendengar suara apapun.

·    Definisi amplitudo

Hal lain yang terkait dengan frekuensi dan sebaiknya Anda pahami adalah amplitudo. Nah, amplitudo menurut dunia fisika adalah simpangan maksimal yang terjadi pada suatu getaran. Amplitudo dilambangkan dengan huruf A dan memiliki satuan meter.

Selain itu, definisi lain dari amplitudo adalah jarak terjauh dari simpangan ataupun dari titik kesetimbangan. Nah, amplitudo nantinya berhubungan erat dengan periode, di mana periode merupakan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu getaran.

Demikian beberapa ulasan mengenai pengertian frekuensi serta beberapa hal yang di sekelilingnya. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: pengertian frekuensi merupakan salah satu hal yang sebaiknya Anda tahu ketika hendak belajar mengenai bunyi dalam dunia fisika.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!