Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 12 December 2018

Pengertian Qanaah, Manfaat Serta Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manusia memang tempat dari lupa dan salah. Seringkali kita tidak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Terkadang, kita tidak qanaah dan senantiasa merasa kurang terkait apa yang sudah didapatkan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai pengertian qanaah menjadi penting untuk kita miliki, terutama dalam kehidupan.
Qanaah merupakan salah satu bagian dari muamalat yang menjadi ajaran Islam. Islam, sebagai agama yang sempurna, mengatur tentang bagaimana seharusnya sikap seseorang ketika mereka mendapatkan kenikmatan dan kehidupan yang enak. Hal ini penting agar manusia mendapatkan ketenangan dalam menjalankan kehidupannya.
Tidak di pungkiri memang jika cukup banyak dari kita yang diliputi perasaan iri dan dengki, terutama terkait nikmat yang didapatkan oleh orang lain. Ketika orang lain mendapatkan hadiah, misalnya, ada saja yang membicarakannya. Memang, manusia memiliki kecenderungan yang tidak pernah merasa puas terkait apa yang telah ia dapatkan.
Oleh karena itu, mempelajari sifat qonaah menjadi penting untuk dilakukan agar kita senantiasa memiliki rasa syukur yang lebih saat mendapatkan nikmat. Sebaliknya, kita juga tidak akan merasa iri saat melihat kesuksesan orang lain. Lantas, bagaimana penjelasan dari sikap qanaah ini? Simak pembahasan di bawah ini.
Pengertian Qanaah Menurut Bahasa dan Istilah
Untuk memahami penjelasan lengkap mengenai qanaah, tentu hal paling pertama yang harus diketahui adalah mengenai pengertian qanaah. Nah, dengan memahami apa arti dari qanaah, Anda akan memiliki pengetahuan mengenai penjelasan sikap ini.
Secara bahasa, qanaah memiliki arti merasa cukup atau rela. Qanaah ini berasal dari bahasa Arab, yakni dari kata qani'a-qana'atan. Sedangkan secara istilah, qanaah memiliki arti merasa cukup dan rela menerima atas apa yang diberikan atau karunia dari Allah Subhanahu wa ta'ala.
Dari istilah di atas, bisa digambarkan bahwa sebenarnya inti dari pengertian qanaah adalah rasa pasrah. Seseorang yang memiliki sikap qanaah di dalam hatinya akan senantiasa rela menerima apa saja nikmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala dan tidak pernah merasa kurang. Ia akan berusaha merasa cukup atas karunia yang diberikan dan hidup senantiasa dalam ketaatan.
Sikap inilah yang seharusnya dimiliki oleh setiap muslim. Hal ini sebenarnya cukup beralasan karena dalam keimanan, seorang muslim harus meyakini bahwa rezeki yang ia dapatkan setiap hari sudah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Dengan adanya keimanan seperti ini, maka apapun yang ia peroleh akan disandarkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Kekayaan Bukan Hal Utama
Ada beberapa dasar hukum qanaah yang tercantum dalam Al Qur'an dan Hadis. Salah satu dasar hukum dari sikap mulia ini adalah pada surat Al Baqarah ayat 155. Tentu, Anda bisa mengecek Al Qur'an untuk membaca intisari dan maksud dari ayat tersebut.
Akan tetapi, perlu dipahami bahwa dalam ajaran Islam, kekayaan, ketenaran atau segala hal berbau dunia lainnya bukanlah hal yang utama. Memang, Anda disarankan untuk bekerja demi menghidupi keluarga setiap hari, namun hakikat sebenarnya dalam kehidupan bukanlah hal demikian.
Islam mengajarkan bahwa tujuan hidup manusia adalah keperluan akhirat. Dalam hal ini, ketika seorang muslim memiliki kesadaran seperti itu, maka ia akan memiliki orientasi hidup untuk bahagia di akhirat dengan berdoa dan beribadah. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki orientasi hidup seperti itu, tidak akan pernah mempermasalahkan apa yang ia dapatkan di dunia.
Sikap ini sangat mulia dan akan membuat Anda merasa tenang. Hanya saja, Anda memang harus berusaha keras agar terbiasa untuk menerapkan qanaah dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh Sikap Qanaah Dalam Kehidupan Sehari-hari
Setelah memahami secara detail apa penjelasan dari pengertian qanaah, penting bagi Anda untuk mengetahui contoh dari sikap qanaah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya contoh tersebut, tentu Anda bisa belajar bagaimana menerapkan sikap qanaah sehingga keimanan Anda bisa bertambah.
Adapun beberapa contoh dari sikap qanaah dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:
·    Selalu bersyukur atas karunia yang didapatkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala
·    Tidak merasa iri serta dengki atas apa yang didapatkan oleh orang lain
·    Giat bekerja guna mendapatkan hasil yang terbaik dalam kehidupan
·    Hidup cenderung lebih sederhana dan menyesuaikan kemampuan
·    Hidup dengan bersahaja, tidak rakus serta tidak tamak
·    Tidak akan mudah kecewa maupun putus asa, terutama ketika sesuatu yang ia inginkan tidak tercapai
·    Memiliki keyakinan bahwa pemberian Allah Subhanahu wa ta'ala adalah sebuah anugerah terbaik kepada hamba-Nya
Tentu, selain beberapa poin di atas, masih ada contoh lain dari sikap qanaah yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda lakukan. Setelah Anda mengerti beberapa contoh dari sikap qanaah tersebut, maka sebisa mungkin Anda harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda berhasil menerapkan sikap tersebut, maka akan ada banyak manfaat yang didapatkan.
Manfaat Qanaah Dalam Kehidupan Sehari-hari
Sebagaimana disinggung di awal bahwa ketika Anda sudah terbiasa untuk menerapkan qanaah dalam kehidupan sehari-hari, maka akan ada cukup banyak manfaat yang akan Anda rasakan. Nah, adapun beberapa manfaat dari qanaah yang akan Anda dapatkan ketika sudah terbiasa menerapkannya adalah sebagai berikut:
·    Memiliki jiwa yang tenang karena merasa apa yang didapatkan merupakan karunia dan anugerah dari Allah Subhanahu wa ta'ala
·    Terhindar dari sikap iri, dengki serta tamak ketika melihat orang lain mendapatkan rezeki atau karunia lainnya
·    Hati senantiasa lebih sabar dan bisa menyikapi masalah atau bencana yang terjadi pada dirinya dengan lebih baik
·    Senantiasa merasa cukup dan puas atas apa yang didapatkan setiap hari
·    Terhindar dari rasa khawatir serta resah karena baginya dunia bukanlah hal utama dalam kehidupan
·    Terjalin kehidupan yang harmonis dalam masyarakat karena kehidupan senantiasa diliputi oleh perasaan yang nyaman dan pikiran yang positif
Beberapa manfaat dari qanaah di atas bisa menjadi pemicu bagi Anda untuk berusaha membiasakan diri untuk menerapkan qanaah dalam kehidupan. Manfaat tersebut, jika dipandang secara kasat mata, akan memberikan kehidupan yang tenang dan terhindar dari masalah yang melilit. Anda tentu akan bisa menjalani hari dengan baik tanpa ada rasa khawatir yang tidak perlu.
Akan tetapi, tidak di pungkiri bahwa penerapan qanaah dewasa ini menjadi cukup sulit. Adanya trend yang terus berganti, arus informasi tentang produk baru yang begitu cepat atau banyaknya iklan yang bertebaran seringkali memicu diri untuk senantiasa mendapatkan segala sesuatu yang baru. Tentu, hal ini menjadi tantangan tersendiri dan pembuktian diri bahwa Anda bisa.
Oleh karena itu, pembiasaan menjadi hal penting untuk dilakukan. Agar Anda bisa menerapkan sikap qanaah dengan baik, maka mulailah dengan mengoreksi gaya hidup Anda. Jangan terbawa oleh arus trend yang semakin menjadi. Selain itu, memperbanyak belajar agama juga menjadi penting untuk membentengi diri agar bisa berjalan pada rute yang seharusnya.
Demikian beberapa ulasan mengenai pengertian qanaah, contoh serta manfaatnya. Semoga bermanfaat.
Deskripsi: pengertian qanaah penting untuk dipahami agar kita bisa menerapkan salah satu sikap mulia ini setiap hari untuk mendapatkan kehidupan yang lebih tenang dan nyaman.

Pengertian Qanaah, Manfaat Serta Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin