Artikel Belajar dan Bermanfaat

Masalah Sosial: Pengertian, Contoh & Faktor Penyebab Masalah Sosial


Advertisement
Advertisement

Pengertian, Contoh & Faktor Penyebab Masalah Sosial - Secara umum, pengertian masalah sosial adalah suatu kondisii atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi mereka mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan. 

Jika diartikan satu persatu, dalam pengertian sehari-hari apa yang dimaksud dengan “masalah didefinisikan suatu hambatan yang dialami dan perlu membutuhkan pemecahan dengan tata cara  benar dan jugs tepat. Sedangkan arti sosial itu sendiri adalah sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat. 

Diketahui, masalah sosial adalah suatu kondisi yang tidak di inginkan. Sebabnya, masalah sosial mengandung unsur–unsur yang dapat berdampak merugikan di kehidupan masyarakat. 

Dampak masalah sosial atau akibat masalah sosial dapat terjadi baik dari segi fisik maupun non fisik. 

Masalah sosial bukan sebuah hal yang patut sering terjadi dalam kehidupan masyarakat. Memahami masalah sosial merupakan kewajiban bagi setiap individu terlebih lagi bagi mereka yang bergerak dalam bidang social entrepreneurs.  

Fungsi dan tujuan masalah sosial dengan memahami keluasan serta secara mendalam, maka dapat memberikan dampak atau akibat yang mengentungkan dengan memberikan inspirasi berupa peluang-peluang untuk melakukan aksi penanganan yang lebih baik. 

Hadirnya Masalah sosial ini sifatnya dengan menghadirkan adanya pencegahan masalah sosial, penyelesaian masalah sosial ataupun pengembangan untuk mengantisipasi hal-hal yang akan selanjutnya terjadi. 

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli: Apa itu? 

Masalah sosial teramat berhubungan dengan persepsi serta nilai-nilai yang terdapat di sebuah masyarakat. Dengan demikian jika memiliki tujuan untuk mempelajari  masalah sosial, memerlukan kesadaran akan pengetahuan kompleksitas dari bidang yang akan dipelajari seperti halnya dengan masalah sosial dalam hal ini akan pengertian atau definisi masalah sosial. Adapun pengertian masalah sosial menurut para ahli adalah sebagai berikut: 

1. Pengertian Masalah Sosial Menurut Lesile 

Menurut Lesile (1974) bahwa pengertian masalah sosial adalah suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan yang karenanya dirasakan perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.

2. Pengertian Masalah Sosial Menurut Rubington dan Weinberg 

Menurut Rubington dan Weinberg (1989) bahwa pengertian yang dimaksud dengan masalah sosial adalah suatu kondisi yang dinyatakan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh sebagian warga, yang sepakat bahwa suatu kegiatan bersama diperlukan untuk mengubah kondisi itu.

3. Pengertian Masalah Sosial Menurut Raab dan Selznick (1964, dalam Soetomo) 

Menurut Raab  dan Selznick (1964, dalam Soetomo),  menyatakan  bahwa pengertian masalah sosial menurut para ahli ini bahwa Masalah sosial pada dasarnya adalah masalah yang terjadi dalam hubungan antar warga masyarakat. Hal ini didasari atas tidak semua masalah dalam kehidupan manusia merupakan masalah sosial. 

Kriteria - Kriteria Masalah Sosial 

Mengidentifikasi masalah sosial sangatlah tidak mudah. Terdapat kesulitan dalam membuat generalisasi  untuk  definisi  masalaah  sosial terlebih lagi apa yang terjadi dilingkungan masyarakat yang segala hal itu memiliki kriteria atau suatu indikator sehingga dapat dikatakan sebagai suatu masalah sosial. 

Terdapat beberapa rumusan-rumusan akan kriteria-kriteria masalah sosial yang setiap kriteria atau indikator tersebut memiliki aspek yang berbeda. Namun demikian  beberapa  rumusan  ini  diharapkan dapat  mendekati  prinsip  yang  lebih objektif dan  universal. 

A. Kriteria Masalah Sosial Menurut Parrilo 

Menurut Parrilo (2002:4) yang merumuskan setidaknya terdapat empat elemen penting yang dapat menjadi pertimbangan suatu situasi yang dapat dianggap sebagai masalah sosial, yaitu :
  • Dapat  berdampak dengan menghadirkan berbagai kerugian baik terhadap keadaan fisik dan mental baik individu atau pada masyarakat.
  • Merupakan pelanggaran terhadap satu atau beberapa nilai atau standar yang mempunyai oleh sebagaian  besar masyarakat atau mereka yang mempunyai kekuatan pengaruh di masyarakat.
  • Keadaan yang terus menerus terjadi 
  • Memunculkan kebutuhan untuk dipecahkan berdasarkan evaluasi dari berbagai kelompok di masyarkat. 

B. Kriteria Masalah Sosial Menurut Mills 

Menurut Mills dalam memberikan perbedan antara masalah personal dengan masalah sosial atau keresahan umum, terdapat dimensi atau indikator yang menjadi ciri-ciri atau karakteristik masalah sosial. 

Mills memberikan ciri sosial kepada suatu masalah sehingga dapat kriteria untuk disebut sebagai masalah sosial. Selain itu, menurut pendapatnya ahli ini bahwa tanpa 3 dimensi kriteria itu suatu masalah tidak dapat memenuhi kriteria sosial. Adapun kriteria masalah sosial menurut Mills adalah sebagai berikut: 
  • Keresahan itu mencerminkan bahwa masalah itu terikat dengan kesadaran moral yang terdapat dalam anggota-anggota masyarakat.
  • Keresahan umum juga berarti bahwa dalam masyarakat itu terbentuk persamaan persepsi terhadap suatu ancaman yang ditimbulkan oleh adanya masalah. Ancaman terhadap kestabilan dan keadaan normal, serta terhadap nilai-nilai moral masyarakat. Masalah sosial selalu terkait dengan kestabilan dan keadaan normal masyarakat itu. Masalah sosial juga selalu terkait dengan nilai-nilai dan harapan-harapan luhur bersama dari masyarakat.
  • Mulai berkembangnya kesadaran bahwa masalah ini tidak dapat diatasi sendiri-sendiri, tetapi harus dilakukan dengan.

Faktor-Faktor Penyebab Masalah Sosial 

Masalah sosial merupakan fenomena yang selalu ada pada setiap masyarakat di belahan bumi  manapun.  Selama  masyarakat  terus mengalami  proses perubahan, maka masalah sosial akan terus muncul tanpa bisa dihindari serta  sekaligus  akan  terus  mempengaruhi dimensi  kehidupan  setiap  orang.

A. Penyebab Masalah Sosial Menurut Abdul Syani 

Dalam bukunya, Abdul Syani memaparkan terdapat dua macam penyebab masalah sosial dapat terjadi. Adapun faktor penyebab masalah sosial menurutnya yaitu: 
  • Terjadinya disorganisasi di dalam masyarakat, seperti terjadi keresahan, dan pertentangan antara kelompok-kelompok dalam masyarakat;
  • Adanya ketidakmampuan dalam berhadapan dengan inovasi, seperti ketidakmampuan dalam menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

B. Penyebab Masalah Sosial Menurut Budi Muhammad Taftazan 

Selain itu Menurut Budi Muhammad Taftazan dalam Jurnalnya berjudul Masalah Sosial dan Wirausaha Sosial mengemukakan terdapat dua pendekatan penyebab sumber masalah sosial yakni personal blame (bersumber dari individu) dan enviromental blame (bersumber dari sistem sosial). Adapun penjelasan kedua penyebab sumber masalah sosial ini sebagai berikut:  

1. Personal Blame

Apa yang dimaksud dengan Personal Blame adalah bahwa Individu  disebut sebagai sumber masalah apabila terdapat tingkah laku yang dianggap bertentangan dengan nilai atau standar sosial yang berlaku di masyarakat atau individu tersebut bermasalah. 

Hal itu disebabkan lantaran ia mempunyai kondisi mental yang buruk. Selain itu memiliki tingkah laku yang berpengaruh negatif pada orang lain. 

Contoh Penyebab Masalah Sosial Berdasarkan Individu 
  • Contohnya penyebab masalah sosial berdasarkan individu adalah seseorang yang berkaca dari kemampuan pengendalian emosi yang lemah saat berkomunikasi dengan orang disekitarnya sehingga  melakukan  tindakan  kekerasan. Dengan  demikian  ada  gangguan  interaksi antara  dia  dengan  orang  lain.
  • Selain itu, contoh  lain terjadinya  kemiskinan. Dalam contoh bersumber dari individu disebabkan rendahnya  motivasi  serta  aktualisasi diri individu-individu yang miskin.
  • Adanya angka putus sekolah yang tinggi karena kurangnya motivasi belajar serta ketiadaan orientasi masa depan.
  • Begitu  pula  denga  gejala  penyimpangan sosial (social deviant) yang diartikan dengan menyimpangnya perilaku individu dari nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku di sebuah masyarkat. Pada  saat penyimpangan individu ini terjadi, maka nilai-nilai yang berlaku yang bertujuan  untuk  menciptakan  keseimbangan sosial  dan  menjaga  integrasi  sosial  menjadi terganggu.    

2. Environmental Blame 

Arti dari Environmental Blame yang dianggap bersumber  dari sistem  sosial  (environmental blame) yang terjadi ketika terdapat lembaga atau organisasi yang tidak  berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu berdampak sebagai pengaruh buruk pada sendi-sendi  kehidupan masyarakat. 
  • Contohnya Penyebab Masalah Sosial Berdasarkan Enviromental Blame
  • Contohnya dalam masalah korupsi di Indonesia yang sudah begitu meluas serta berlangsung lama dapat menyebabkan masalah lain seperti kemiskinan
  • Contoh lainnya adalah yang bersumber dari sistem ini misalnya pada  bencana alam  yang sering terjadi di negeri ini yang disebabkan hilangnya keseimbangan  ekosistem  seperti  banjir  atau tanah  longsor.
Pengertian, Contoh & Faktor Penyebab Masalah Sosial - Secara umum, pengertian masalah sosial adalah suatu kondisii atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarkan atas studi mereka mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.  Jika diartikan satu persatu, dalam pengertian sehari-hari apa yang dimaksud dengan “masalah” didefinisikan suatu hambatan yang dialami dan perlu membutuhkan pemecahan dengan tata cara  benar dan jugs tepat. Sedangkan arti sosial itu sendiri adalah sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat.  Diketahui, masalah sosial adalah suatu kondisi yang tidak di inginkan. Sebabnya, masalah sosial mengandung unsur–unsur yang dapat berdampak merugikan di kehidupan masyarakat.  Dampak masalah sosial atau akibat masalah sosial dapat terjadi baik dari segi fisik maupun non fisik.  Masalah sosial bukan sebuah hal yang patut sering terjadi dalam kehidupan masyarakat. Memahami masalah sosial merupakan kewajiban bagi setiap individu terlebih lagi bagi mereka yang bergerak dalam bidang social entrepreneurs.   Fungsi dan tujuan masalah sosial dengan memahami keluasan serta secara mendalam, maka dapat memberikan dampak atau akibat yang mengentungkan dengan memberikan inspirasi berupa peluang-peluang untuk melakukan aksi penanganan yang lebih baik.  Hadirnya Masalah sosial ini sifatnya dengan menghadirkan adanya pencegahan masalah sosial, penyelesaian masalah sosial ataupun pengembangan untuk mengantisipasi hal-hal yang akan selanjutnya terjadi.  Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli: Apa itu?  Masalah sosial teramat berhubungan dengan persepsi serta nilai-nilai yang terdapat di sebuah masyarakat. Dengan demikian jika memiliki tujuan untuk mempelajari  masalah sosial, memerlukan kesadaran akan pengetahuan kompleksitas dari bidang yang akan dipelajari seperti halnya dengan masalah sosial dalam hal ini akan pengertian atau definisi masalah sosial. Adapun pengertian masalah sosial menurut para ahli adalah sebagai berikut:  1. Pengertian Masalah Sosial Menurut Lesile  Menurut Lesile (1974) bahwa pengertian masalah sosial adalah suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan yang karenanya dirasakan perlunya untuk diatasi atau diperbaiki. 2. Pengertian Masalah Sosial Menurut Rubington dan Weinberg  Menurut Rubington dan Weinberg (1989) bahwa pengertian yang dimaksud dengan masalah sosial adalah suatu kondisi yang dinyatakan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh sebagian warga, yang sepakat bahwa suatu kegiatan bersama diperlukan untuk mengubah kondisi itu. 3. Pengertian Masalah Sosial Menurut Raab dan Selznick (1964, dalam Soetomo)  Menurut Raab  dan Selznick (1964, dalam Soetomo),  menyatakan  bahwa pengertian masalah sosial menurut para ahli ini bahwa Masalah sosial pada dasarnya adalah masalah yang terjadi dalam hubungan antar warga masyarakat. Hal ini didasari atas tidak semua masalah dalam kehidupan manusia merupakan masalah sosial.  Kriteria - Kriteria Masalah Sosial  Mengidentifikasi masalah sosial sangatlah tidak mudah. Terdapat kesulitan dalam membuat generalisasi  untuk  definisi  masalaah  sosial terlebih lagi apa yang terjadi dilingkungan masyarakat yang segala hal itu memiliki kriteria atau suatu indikator sehingga dapat dikatakan sebagai suatu masalah sosial.  Terdapat beberapa rumusan-rumusan akan kriteria-kriteria masalah sosial yang setiap kriteria atau indikator tersebut memiliki aspek yang berbeda. Namun demikian  beberapa  rumusan  ini  diharapkan dapat  mendekati  prinsip  yang  lebih objektif dan  universal.  A. Kriteria Masalah Sosial Menurut Parrilo  Menurut Parrilo (2002:4) yang merumuskan setidaknya terdapat empat elemen penting yang dapat menjadi pertimbangan suatu situasi yang dapat dianggap sebagai masalah sosial, yaitu : Dapat  berdampak dengan menghadirkan berbagai kerugian baik terhadap keadaan fisik dan mental baik individu atau pada masyarakat.  Merupakan pelanggaran terhadap satu atau beberapa nilai atau standar yang mempunyai oleh sebagaian  besar masyarakat atau mereka yang mempunyai kekuatan pengaruh di masyarakat.  Keadaan yang terus menerus terjadi   Memunculkan kebutuhan untuk dipecahkan berdasarkan evaluasi dari berbagai kelompok di masyarkat.  B. Kriteria Masalah Sosial Menurut Mills  Menurut Mills dalam memberikan perbedan antara masalah personal dengan masalah sosial atau keresahan umum, terdapat dimensi atau indikator yang menjadi ciri-ciri atau karakteristik masalah sosial.  Mills memberikan ciri sosial kepada suatu masalah sehingga dapat kriteria untuk disebut sebagai masalah sosial. Selain itu, menurut pendapatnya ahli ini bahwa tanpa 3 dimensi kriteria itu suatu masalah tidak dapat memenuhi kriteria sosial. Adapun kriteria masalah sosial menurut Mills adalah sebagai berikut:  Keresahan itu mencerminkan bahwa masalah itu terikat dengan kesadaran moral yang terdapat dalam anggota-anggota masyarakat.  Keresahan umum juga berarti bahwa dalam masyarakat itu terbentuk persamaan persepsi terhadap suatu ancaman yang ditimbulkan oleh adanya masalah. Ancaman terhadap kestabilan dan keadaan normal, serta terhadap nilai-nilai moral masyarakat. Masalah sosial selalu terkait dengan kestabilan dan keadaan normal masyarakat itu. Masalah sosial juga selalu terkait dengan nilai-nilai dan harapan-harapan luhur bersama dari masyarakat.  Mulai berkembangnya kesadaran bahwa masalah ini tidak dapat diatasi sendiri-sendiri, tetapi harus dilakukan dengan. Faktor-Faktor Penyebab Masalah Sosial  Masalah sosial merupakan fenomena yang selalu ada pada setiap masyarakat di belahan bumi  manapun.  Selama  masyarakat  terus mengalami  proses perubahan, maka masalah sosial akan terus muncul tanpa bisa dihindari serta  sekaligus  akan  terus  mempengaruhi dimensi  kehidupan  setiap  orang. A. Penyebab Masalah Sosial Menurut Abdul Syani  Dalam bukunya, Abdul Syani memaparkan terdapat dua macam penyebab masalah sosial dapat terjadi. Adapun faktor penyebab masalah sosial menurutnya yaitu:  Terjadinya disorganisasi di dalam masyarakat, seperti terjadi keresahan, dan pertentangan antara kelompok-kelompok dalam masyarakat; Adanya ketidakmampuan dalam berhadapan dengan inovasi, seperti ketidakmampuan dalam menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  B. Penyebab Masalah Sosial Menurut Budi Muhammad Taftazan  Selain itu Menurut Budi Muhammad Taftazan dalam Jurnalnya berjudul Masalah Sosial dan Wirausaha Sosial mengemukakan terdapat dua pendekatan penyebab sumber masalah sosial yakni personal blame (bersumber dari individu) dan enviromental blame (bersumber dari sistem sosial). Adapun penjelasan kedua penyebab sumber masalah sosial ini sebagai berikut:   1. Personal Blame Apa yang dimaksud dengan Personal Blame adalah bahwa Individu  disebut sebagai sumber masalah apabila terdapat tingkah laku yang dianggap bertentangan dengan nilai atau standar sosial yang berlaku di masyarakat atau individu tersebut bermasalah. Hal itu disebabkan lantaran ia mempunyai kondisi mental yang buruk. Selain itu memiliki tingkah laku yang berpengaruh negatif pada orang lain.  Contoh Penyebab Masalah Sosial Berdasarkan Individu  Contohnya penyebab masalah sosial berdasarkan individu adalah seseorang yang berkaca dari kemampuan pengendalian emosi yang lemah saat berkomunikasi dengan orang disekitarnya sehingga  melakukan  tindakan  kekerasan. Dengan  demikian  ada  gangguan  interaksi antara  dia  dengan  orang  lain.  Selain itu, contoh  lain terjadinya  kemiskinan. Dalam contoh bersumber dari individu disebabkan rendahnya  motivasi  serta  aktualisasi diri individu-individu yang miskin.  Adanya angka putus sekolah yang tinggi karena kurangnya motivasi belajar serta ketiadaan orientasi masa depan.  Begitu  pula  denga  gejala  penyimpangan sosial (social deviant) yang diartikan dengan menyimpangnya perilaku individu dari nilai-nilai atau norma-norma yang berlaku di sebuah masyarkat. Pada  saat penyimpangan individu ini terjadi, maka nilai-nilai yang berlaku yang bertujuan  untuk  menciptakan  keseimbangan sosial  dan  menjaga  integrasi  sosial  menjadi terganggu.     2. Environmental Blame  Arti dari Environmental Blame yang dianggap bersumber  dari sistem  sosial  (environmental blame) yang terjadi ketika terdapat lembaga atau organisasi yang tidak  berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu berdampak sebagai pengaruh buruk pada sendi-sendi  kehidupan masyarakat.  Contohnya Penyebab Masalah Sosial Berdasarkan Enviromental Blame  Contohnya dalam masalah korupsi di Indonesia yang sudah begitu meluas serta berlangsung lama dapat menyebabkan masalah lain seperti kemiskinan Contoh lainnya adalah yang bersumber dari sistem ini misalnya pada  bencana alam  yang sering terjadi di negeri ini yang disebabkan hilangnya keseimbangan  ekosistem  seperti  banjir  atau tanah  longsor. Ilustrasi: Masalah Sosial: Pengertian, Contoh & Faktor Penyebab Masalah Sosial Demikianlah informasi mengenai Pengertian Masalah Sosial, Contoh Masalah Sosial & Faktor Penyebab Masalah Sosial. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Ilustrasi: Masalah Sosial: Pengertian, Contoh & Faktor Penyebab Masalah Sosial

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Masalah Sosial, Contoh Masalah Sosial & Faktor Penyebab Masalah Sosial. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Masalah Sosial: Pengertian, Contoh & Faktor Penyebab Masalah Sosial