Artikel Belajar dan Bermanfaat

99+ Pengertian Teknik Menurut Para Ahli dan Tujuannya


Advertisement
Advertisement

Setiap hari mungkin kita sering mengucapkan atau mendengar kata teknik. Tetapi sayangnya tidak semua orang tahu arti teknik sebenarnya. Teknik lebih dikenal sebagai suatu metode atau cara untuk memecahkan suatu masalah Padahal pengertian teknik secara umum lebih luas. Teknik sering digunakan dalam berbagai bidang, terutama bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Di bidang pendidikan pun, kita mengenal beberapa jurusan yang berhubungan dengan teknik.
Dengan adanya teknik, persoalan di hidup kita lebih mudah karena bisa menyelesaikan suatu masalah dengan cepat. Lalu sebenarnya apa arti kata teknik? Dan penerapannya di kehidupan sehari-hari? saat menulis, membaca, memasak, belajar dan lainnya kita membutuhkan teknik. Supaya hal yang kita lakukan lebih efektif dan cepat selesai. Penggunaan teknik memang sangat luas, tidak bisa dikotakan dalam satu bidang saja. karena hampir semua bidang memiliki teknik yang berbeda-beda.
Pengertian Teknik Menurut Para Ahli
Ada banyak sekali pendapat para ahli tentang teknik. Berikut ini beberapa pengertian teknik menurut para ahli:
     Menurut Ludwig Von Bartalanfy
Teknik merupakan seperangkat unsur yang saling terkait dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
     Menurut Anatol Raporot
Teknik adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
     Menurut L.Ackof
Teknik merupakan setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lain.
     Menurut L. James Havery
Teknik adalah prosedur rasional dan logis untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
     Menurut John Mc Manama
Teknik adalah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi -fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.
Dari semua penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa teknik adalah seperangkat unsur yang saling tersusun atau terikat dalam usaha mencapai tujuan. 


Pengertian Teknik Pembelajaran
Setelah memahami pengertian teknik secara umum, kita akan membahas arti teknik dalam pembelajaran. Untuk membuat proses belajar mengajar semakin menyenangkan, seorang guru harus menggunakan teknik pembelajaran. Sehingga materi yang disampaikan lebih tersampaikan dengan baik. Teknik pembelajaran merupakan cara yang dilakukan pendidik untuk mengimplementasikan metode secara spesifik. Misalnya penggunaan teknik pembelajaran ceramah. Selain itu penggunaan teknik pembelajaran di kelas dengan jumlah siswa banyak berbeda dengan kelas yang jumlah siswanya sedikit. Untuk membuat pembelajaran efektif, seorang guru harus menggunakan teknik pembelajaran yang tepat.
Contoh-Contoh Teknik Pembelajaran
Ada banyak sekali contoh teknik pembelajaran yang bisa anda gunakan. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih teknik yang paling tepat untuk materi yang diajarkan. Berikut ini beberapa contoh teknik pembelajaran yang bisa anda gunakan.
     Teknik Ceramah
Teknik ceramah merupakan teknik mengajar tradisional yang paling banyak digunakan. Sejak dulu teknik ini sudah digunakan untuk semua guru. Disini teknik ini guru lebih aktif dibandingkan siswa. Guru menerangkan pembelajaran di depan kelas dan murid mendengarkan. Walaupun sudah banyak teknik lain, teknik ceramah masih banyak digunakan. Kelebihannya semua materi bisa diterangkan dengan jelas. Kini banyak guru yang menggabungkan teknik ceramah dengan teknik lainnya, sehingga proses belajar mengajar lebih efektif.
     Teknik Diskusi
Dengan menggunakan teknik diskusi, siswa bisa lebih memahami materi yang diajarkan. Siswa akan diajarkan memecahkan suatu masalah dan menerangkan langsung di depan kelas. Di teknik ini tugas siswa lebih aktif dibandingkan guru. Guru hanya sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam berdiskusi. Teknik ini sangat cocok diterapkan pada materi sosial atau ilmu pengetahuan alam, yang membutuhkan diskusi antar kelompok. Kelebihan teknik diskusi adalah siswa bisa belajar berpikir kritis dan berkomunikasi dengan baik. tetapi sayangnya membutuhkan waktu pembelajaran yang lebih lama.
     Teknik Tanya Jawab
Dari pengertian teknik, kita tahu bahwa teknik digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. berarti teknik tanya jawa juga termasuk teknik pembelajaran yang efektif. Saat ini materi pembelajaran bisa didapatkan dari mana saja. sehingga guru tidak harus melakukan ceramah di depan kelas. Siswa bisa menanyakan hal yang tidak diketahui ke guru dan guru akan menjawabnya langsung. Dengan menggunakan teknik tanya jawab proses pembelajaran lebih efektif. Karena siswa lebih aktif bertanya. Tetapi sayangnya teknik ini kurang efektif untuk siswa pemalu, sehingga yang bertanya hanya siswa tertentu saja. oleh karena itu guru harus menggunakan metode tanya jawab yang tepat.
     Teknik Penemuan
Teknik penemuan dilakukan untuk menyelesaikan materi pengetahuan alam. Siswa harus mengamati, mencerna, menggolongkan, membuat dugaan dan menyimpulkan. Sehingga permasalahan yang diberikan bisa terselesaikan dengan baik. teknik ini bisa membuat siswa lebih aktif dan memahami materi dengan baik. siswa juga lebih semangat menyelesaikan masalah yang diberikan. Apalagi guru memberikan masalah yang sesuai dengan kondisi saat ini. kelemahannya, siswa harus memiliki kematangan mental yang bagus. Oleh karena itu sebelum melakukan penemuan, lebih baik guru memberikan penjelasan dengan baik.
     Teknik Simulasi
Teknik simulasi adalah cara mengajar di mana guru menggunakan tingkah laku seseorang untuk mendalami materi yang diberikan. Teknik ini akan membuat siswa lebih aktif dan kreatif. Karena siswa mampu bereskperimen langsung dengan lingkungan sebenarnya. Membuat siswa bisa berpikir lebih kritis terhadap permasalahan yang ada. Tetapi penggunaan teknik ini membutuhkan biaya yang mahal. Oleh karena itu tidak bisa digunakan terus menerus.
     Teknik Inquiry
Teknik inquiry merupakan teknik pengajaran di depan kelas di mana guru memberikan tugas penelitian suatu masalah. siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompoknya harus menyelesaikan masalah yang diberikan. Kemudian siswa membahasnya di depan kelas dan membuat laporan yang tersusun. Teknik ini hampir mirip dengan teknik diskusi, tetapi kesimpulan akhirnya harus disepakati oleh semua siswa. Semua siswa harus aktif dalam menyelesaikan masalah, sehingga tidak ada siswa yang pasif.

Masih banyak teknik pembelajaran yang bisa anda gunakan. Setiap tekniknya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap materi pembelajaran pun membutuhkan teknik yang berbeda. Terkadang teknik ini efektif untuk materi pengetahuan alam, tetapi tidak efektif untuk materi matematika begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu guru harus menemukan metode yang tepat, sehingga semua siswa bisa memahami materi dengan baik. tidak ada siswa yang pasif, semua siswa bisa aktif dan menguasai materinya.
Saat menggunakan teknik pembelajaran, tidak hanya disesuaikan dengan materinya. Tetapi juga jumlah siswa di kelas tersebut. Teknik pembelajaran di kelas dengan jumlah siswa banyak, akan berbeda dengan kelas di jumlah siswanya sedikit. Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian teknik secara umum dan contoh teknik pembelajaran. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Baca Juga: 

Pengertian dan Definisi: Pengertian Demokrasi 
Pengertian Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi
Demokrasi: Ciri-Ciri Demokrasi
Macam-Macam Demokrasi
Macam-Macam Sistem Politik Di Berbagai Negara
Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya

Deskripsi: pengertian teknik secara umum digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 99+ Pengertian Teknik Menurut Para Ahli dan Tujuannya