Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 28 November 2018

Pengertian Tabel dan Fungsinya Menurut Para Ahli


Tabel merupakan daftar yang isinya rangkuman sejumlah data tertentu. Tabel banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti laporan keuangan, membuat daftar harga, dan lain sebagainya. Untuk itu kamu harus memahami pengertian tabel secara baik dan benar. Selain itu, kalian juga harus mengetahui hal-hal lain yang berhubungan dengan tabel seperti ciri-ciri, fungsi, jenis, serta cara membacanya. Berikut adalah pembahasan lengkap mengenai tabel yang perlu kalian simak.
Apa Itu Tabel?
Secara sederhana, tabel diartikan sebagai rangkuman sejumlah data tertentu. Biasanya, tabel dibuat dalam bentuk bilangan maupun kata-kata dalam urutan tertentu. Selain itu, tabel terdiri dari beberapa kolom dan baris dengan garis pemisah agar pembaca lebih mudah memahaminya. Isi data yang disajikan dituliskan dalam kolom dan baris yang tersedia tersebut. Itulah definisi tabel.
Apa Saja Ciri-ciri Tabel?
Selain mengetahui pengertiannya, kalian juga harus memahami ciri-cirinya. Ada beberapa ciri tabel yang harus kalian ketahui. Berikut adalah ciri-cirinya:
1.    Tabel berisi keterangan-keterangan tentang subjek yang sama. Bisa juga berisi kumpulan-kumpulan data tertentu yang sudah diteliti.
2.    Tabel berisi data kuantitatif yaitu data jumlah yang isinya berupa angka-angka yang absolut atau pasti.
3.    Pada tabel, terdapat keterangan-keterangan yang bisa digunakan sebagai rujukan dengan mudah.
4.    Tabel berisi nilai-nilai yang asli. Artinya, nilai-nilai tersebut tidak dibulatkan.
Apa Fungsi dari Tabel?
Sebagai sebuah daftar yang berupa rangkuman sejumlah data, tabel memiliki banyak fungsi untuk penggunanya. Dilihat dari pengertian tabel di atas, kita bisa mengetahui bahwa salah satu fungsi utama dari tabel adalah memberikan kemudahan pada pembaca. Seperti yang kita ketahui, data pada tabel disusun dengan sistematis. Jadi, data-data tersebut akan mudah dipahami. Apalagi jika data-data tersebut berupa angka, jika dijelaskan dalam bentuk paragraph justru akan membingungkan pembaca karena sulit dipahami.

Selain itu, masih ada lagi fungsi tabel yang harus kalian pahami. Fungsi lainnya yaitu memberi informasi tentang perubahan pada sebuah data, baik itu kenaikan maupun penurunan. Misalnya, data tersebut tentang jumlah kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Satu lagi, tabel juga memiliki fungsi untuk memberi ikhtisar ke para pembaca yang berupa angka-angka tertentu yang disusun dengan rapi supaya mudah dimengerti.
Macam-macam Jenis Tabel
Sering digunakan dalam penyajian data, tabel dikelompokkan dalam beberapa jenis. Menurut jumlah karakteristik tabel, ada 3 jenis pengelompokan. 3 jenis tersebut meliputi tabel satu arah, dua arah dan tiga arah. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya:
1.    Tabel Satu Arah
Ini merupakan tabel yang hanya menyajikan keterangan tentang 1 karakteristik saja. Karakteristik di sini maksudnya adalah berbagai macam hal. Misalnya adalah ukuran, kadar, jumlah, frekuensi, atau hal lain yang dinyatakan dalam bentuk angka. Ini adalah tabel paling sederhana sehingga menjadi paling mudah dibuat.
2.    Tabel Dua Arah
Berbeda dengan tabel satu arah, tabel ini menyajikan hubungan antara 2 karakteristik sekaligus. Misalnya, table tersebut menjelaskan data jumlah penduduk berdasarkan tempat tanggal lahir, agama, umur, dan jenis kelamin. Atau bisa juga tabel tersebut berisi jumlah siswa yang dikelompokkan berdasarkan kelas dan jenis kelamin. Dan masih ada banyak contoh lainnya yang mungkin sering kalian jumpai.
3.    Tabel Tiga Arah
Seperti namanya, pengertian tabel tiga arah adalah tabel yang isinya merupakan hubungan antara 3 karakteristik sekaligus. Salah satu contoh yang paling mudah adalah tabel tentang data penduduk dengan klasifikasi berdasarkan umur, jenis kelamin, dan kecamatan. Contoh lainnya adalah tabel data mahasiswa berdasar jurusan, agama dan jenis kelamin. Serta masih banyak contoh lain dari tabel tiga arah ini.
Secara umum, jenis tabel bisa dibedakan ke dalam beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis yang perlu kalian ketahui dan pahami:
1.    Tabel Referensi
Ini adalah tabel yang memiliki ciri khusus yang berbeda dengan tabel jenis lainnya. Yang membedakan adalah tabel ini layaknya gudang yang memuat semua data. Pada tabel jenis ini, ada banyak data yang dirinci & disusun rapi untuk menjadi referensi. Salah satu contoh dari tabel referensi ialah tabel yang digunakan pada sensus penduduk. Umumnya, tabel referensi dipakai untuk masukan dari kegiatan analisis statistik.
2.    Tabel Ikhtisar
Nama lain dari tabel ikhtisar adalah tabel naskah. Dalam bahasa Inggris disebut text tabel. Tabel ini memiliki bentuk sederhana dan isinya pun juga singkat sehingga mudah dipahami. Umumnya, data yang ada di tabel ini memiliki sumber dari tabel referensi. Fungsi dari tabel ikhtisar adalah memberi gambaran peristiwa-peristiwa yang sudah diobservasi atau diteliti.
3.    Tabel Umum
Tabel jenis ini berisi keseluruhan data dari sebuah hasil penelitian. Data yang disajikan dalam tabel ini masih berupa wujud asli. Biasanya, tabel umum digunakan untuk menyusun tabel khusus.
4.    Tabel Distribusi
Jenis terakhir adalah tabel distribusi yang fungsinya untuk mengelompokkan data menjadi beberapa kelompok serta menunjukkan frekuensi data di masing-masing kelompok tersebut.
Panduan dalam Membaca Tabel
Setelah memahami tentang pengertian tabel beserta ciri, fungsi dan jenisnya, sekarang saatnya kalian memahami cara membacanya. Meski mudah dipahami, ternyata masih ada banyak orang yang kebingungan untuk membacanya. Untuk itu, kami akan memberikan panduan atau cara atau teknik agar kalian semua bisa membaca tabel dengan benar.
1.    Jangan terburu-buru dalam membaca tabel. Sebelum masuk ke isinya, perhatikan dulu judulnya. Biasanya, judul memberi informasi penting tentang data yang disampaikan dari tabel tersebut. Setiap tabel pasti memiliki judul. Oleh karena itu, bacalah judul tabel dengan teliti dan seksama baru kemudian lihat isinya.
2.    Tabel tak melulu soal apa yang ada dalam kolom. Tapi, kadang ada juga tabel yang menggunakan keterangan-keterangan di atas, samping atau bawah tabel. Biasanya, keterangan tersebut dibuat jika ada hal penting yang ingin dijelaskan berkaitan dengan tabel itu sendiri. Jadi, jangan hanya fokus pada isi tabel tapi perhatikan juga keterangan yang ada.
3.    Untuk memahami tabel, kalian bisa coba membuat pertanyaan tentang tujuan & maksud tabel itu. Caranya sangat mudah. Cukup ubah judul menjadi kalimat pertanyaan seperti berapa, di mana, atau kalimat pertanyaan lainnya yang berkaitan. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu akan bisa ditemukan dalam tabel.
4.    Kadang, ditemukan beberapa lambang atau simbol tertentu pada tabel. Agar memahami tabel dengan baik, kalian juga harus tahu maksud dari lambang atau simbol tersebut.
5.    Terakhir, bacalah tabel dengan berfokus pada informasi yang kalian butuhkan. Ada kalanya, kalian tak perlu membaca seluruh isi tabel. Jadi, kalian tak harus menghabiskan waktu terlalu lama.
Itulah pengertian tabel dan juga ciri, fungsi, jenis serta cara membacanya. Jadi, jika ada suatu data yang disajikan dalam bentuk tabel, kalian tak perlu lagi bingung untuk memahaminya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 

Pengertian dan Definisi: Pengertian Demokrasi 
Pengertian Demokrasi dan Nilai-Nilai Demokrasi
Demokrasi: Ciri-Ciri Demokrasi
Macam-Macam Demokrasi
Macam-Macam Sistem Politik Di Berbagai Negara
Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM) dan Penjelasannya


Deskripsi: Pengertian tabel adalah rangkuman sejumlah data tertentu yang biasanya dibuat dalam bentuk bilangan maupun kata-kata dalam urutan tertentu.

Pengertian Tabel dan Fungsinya Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin