Artikel Belajar dan Bermanfaat

99+ Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli


Advertisement
Advertisement

Pengertian sumber daya alam adalah suatu hal yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dan kebutuhan hidup manusia sehingga bisa meningkatkan kelangsungan hidup manusia. Indonesia termasuk negara yang memiliki sumber daya alam melimpah. Bahkan banyak sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia untuk kehidupan sehari-hari. seperti perkebunan, pertanian, pertambangan dan lainnya. ada dua jenis sumber daya alam yaitu yang tidak bisa habis dan bisa habis. Oleh karena itu kita harus menggunakan sumber daya alam dengan sebaik mungkin.
Jenis Sumber Daya Alam
Berikut ini beberapa jenis sumber daya alam yang harus anda ketahui:
     Jenis sumber daya alam berdasarkan sumbernya
Sumber daya alam berdasarkan sumbernya dibagi menjadi dua yaitu:
o     Sumber daya alam hayati (biotik) yaitu sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan
o     Sumber daya alam non hayati (non abiotik) yaitu sumber daya alam yang berasal dari benda mati. Seperti air, tambang, batuan dll
     Jenis sumber daya alam berdasarkan sifatnya
Sumber daya alam berdasarkan sifatnya dibagi menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui:
o     Sumber daya alam dapat diperbaharui
Pengertian Sumber daya alam dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang bisa digunakan terus menerus secara berulang. Jenis sumber daya alam ini tidak akan habis karena bisa diperbaharui. Contoh sumber daya alam yang bisa diperbaharui antara lain.
     Tumbuhan
Tumbuhan tidak akan pernah habis dan bisa diperbaharui terus menerus. proses budidayanya dengan pertanian dan dikonsumsi oleh manusia setiap harinya.
     Hewan
Hewan bisa diambil daging, susu, kulit dan lainnya. Jika dikembangkan dengan baik hewan tidak akan habis. Oleh karena itu manusia harus melestarikan hewan dan memeliharanya. Jangan menghabiskannya tanpa melakukan budidaya, ini akan membuat hewan punah.
     Tanah
Tanah termasuk sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Tanah bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanah, membangun rumah dan lainnya. supaya tanah bisa digunakan terus menerus, harus dilakukan pemupukan, pengolahan dan lainnya.
     Air
Setiap harinya manusia membutuhkan air, air termasuk sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Tetapi bila manusia tidak menjaga bumi dengan baik mungkin sumber air bisa habis, ini bisa dilihat dari banyaknya kekeringan di berbagai daerah.
     Energi Matahari
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui selanjutnya adalah energi matahari. Hampir semua makhluk hidup membutuhkan energi matahari. Tumbuhan, manusia, hewan membutuhkan energi matahari untuk hidup. Energi matahari tidak akan habis sampai bumi ini kiamat.

o     Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang bila digunakan terus menerus akan habis. Oleh karena itu kita harus menggunakannya dengan sebaik mungkin. berikut ini beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.
     Batu bara
Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu yang lama. Dari proses penimbunan sisa tumbuhan dari berpuluh tahun yang lalu. Batu bara bisa digunakan untuk bahan bakar lokomotif atau pabrik. Jika dieksploitasi habis-habisan, bata bara akan habis dan tidak bisa digunakan lagi.
     Logam
Ada banyak sekali jenis logam, seperti emas, besi, platina, aluminium, tembaga dan masih banyak lainya. Semua jenis logam tersebut sangat berguna bagi kehidupan manusia, digunakan untuk membuat perhiasan, alat rumah tangga, bangunan dan lainya.
     Minyak bumi
Minyak bumi sebagai sumber energi untuk kehidupan manusia. Digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, bahan bakar industri dan lainya. Proses pembuatan minyak bumi pun membutuhkan waktu lama. Minyak bumi bisa dibuat menjadi oli, aspal, bensin dan lainnya.
Kita harus memanfaatkan sumber daya alam dengan baik. terutama untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga anak cucu kita tetap bisa merasakannya. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui pun harus dijaga dan dirawat dengan baik. sehingga bumi tetap baik dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan
Setelah memahami pengertian sumber daya alam, jenis dan contohnya. Anda juga harus tahu apa saja manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Manusia tidak bisa hidup tanpa adanya sumber daya alam, karena menjadi aspek penting di semua bidang. Berikut ini beberapa manfaat sumber daya alam bagi manusia.
     Di bidang ekonomi
Sumber daya alam bisa bermanfaat untuk bidang ekonomi. misalnya untuk pertanian, perkebunan, perikanan dan lainnya. pemerintah melakukan ekspor hasil sumber daya alam indonesia keluar negeri, sehingga bisa meningkatkan perekonomian.
     Di bidang lingkungan
Dengan pemanfaatan sumber daya alam di bidang lingkungan, kita bisa mengurangi dampak pemanasan global dan pengurangan gas emisi. Menanam pohon dan penghijauan kembali hutan akan membuat sumber daya alam tetap terjaga dengan baik. pemanfaatan sungai, tanah dan semua sumber alam sehingga tidak terjadi pengrusakan.
     Di bidang wisata
Anda juga bisa memanfaatkan sumber daya alam untuk wisata. Misalnya pemanfaatan keindahan bawah laut untuk wisata, hutan dijadikan tempat wisata dan lainya. Ini bisa dijadikan pemasukan untuk pemerintahan. Jika memanfaatkan sumber daya alam untuk wisata, kita harus merawatnya dengan baik. sehingga sumber daya alam tetap terjaga dan tidak rusak.
     Di bidang makanan
Kita juga bisa memanfaatkan sumber daya alam untuk makanan. Tentunya manfaat ini tidak bisa diragukan lagi, karena setiap hari kita pasti memanfaatkan sumber daya alam. Dari tumbuhan dan hewan, kita bisa mendapatkan makanan setiap hari. oleh karena itu sumber daya alam sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.
Melihat pentingnya sumber daya alam, kita harus menjaganya dengan baik. entah itu sumber daya alam yang hayati atau tidak. Entah itu sumber daya alam yang bisa diperbaharui atau tidak diperbaharui. Karena saat ini banyak sekali manusia yang melakukan pengrusakan sumber daya alam. Sehingga bumi semakin rusak dan kondisi alam memperhatikan. Misalnya eksploitasi batu sungai dengan habis-habisan. Sehingga mempengaruhi produksi air dan membuat banyak daerah kekeringan.
Atau pembakaran hutan tanpa melakukan penghijauan kembali. Sehingga hutan rusak dan tidak ada tanaman yang bisa diperbaharui. Apalagi untuk sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Kita harus menggunakan batu bara, minyak, logam dan lainnya dengan sebaik mungkin. manfaatkan seperlunya tanpa merusaknya. Karena sumber daya alam tersebut membutuhkan waktu lama untuk digunakan kembali. Cara yang paling mudah untuk melestarikan sumber daya alam adalah dengan menggunakannya dengan sebaik mungkin dan jangan merusaknya.
Lakukan perbaikan pada sumber daya alam yang rusak. lestarikan sumber daya alam terus menerus, sehingga anak cucu kita bisa menggunakannya. Karena bumi ini semakin tua dan sumber daya alam juga semakin berkurang. Sekian artikel tentang pengertian sumber daya alam. Semoga bermanfaat.
Deskripsi: pengertian sumber daya alam adalah suatu hal yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 99+ Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli