Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, Contoh & Faktor Analisis SWOT


Advertisement
Advertisement

Apa itu Analisis SWOT - Secara etimologi, pengertian SWOT adalah singkatan dari lingkungan Internal Strenghths dan Weaknesses serta lingkungan Eksternal Opportunities dan Threats yang dihadapi dunia bisnis.

Analisis SWOT biasanya banyak di jelaskan dalam forum-forum perkaderan atau kajian-kajian yang diselenggarakan mahasiswa atau pemuda saat ini.

Tujuannya beragam, ada yang ingin membentuk pola piker setiap mahasiswa, pelajar dan pemuda untuk sukses dalam membangun masa depannya. Sehingga tidak habis pikir jika pembelajaran analisis SWOT menjadi analisis yang sering digunakan.

Namun, tidak sedikit analisis SWOT terdapat beberapa kesulitan dalam mempelajarinya, jika tidak dikaitkan dengan ilmu pengetahuan yang lainnya, atau strategi yang lainnya misalnya dengan teori-teori komunikasi dan psikologi.

Hal demikian, menurut pemikiran subjektif penulis bahwa analisis SWOT adalah sebuah analisis yang hanya bias dieksekusi atau dilaksanakan jika terdapat pengetahuan atau tindakan untuk mencapai tujuan yang berada pada posisi tengah dalam menjalankan tujuan itu, sehingga awal dari hal tersebut yang diperlukan adalah pendekatan.

Pendekatan-pendekatan itu, membutuhkan analisis tersendiri yang biasanya disebut analisis pola perilaku individu, organisasi atau kelompok yang didalamnya terdapat kajian-kajian berupa cara pengambil langkah, cara berkomunikasi, cara mengambil keputusan dan cara dalam mengatasi konflik.

Jika hal ini telah digunakan, maka hasil dari pengamatan-pengamatan akan lingkungan eksternal tersebut, mampu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menjadi sebuah bahan dalam analisis SWOT. Sehingga dalam menjalankan analisis SWOT dapat sesuai dan dapat bermanfaat dalam langkah kita untuk mencapai tujuan. 

Pengertian Analisis SWOT: Apa Yang Dimaksud Analisis SWOT?

Sedangkan pengertian Analisis SWOT secara terminologi adalah analisis akan kondisi internal maupun juga kondisi eksternal suatu organisasi/kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk merancang suatu strategi dan program kerja.

Analisis internal terdiri atas suatu peniaian akan faktor kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness). Sedangkan, analisis eksternal terdiri atas faktor peluang (Opportunity) dan tantangan (ThreathS). 

Kerangka dalam suatu analisis SWOT merupakan sebuah matrix dua kali dua sebaiknya dikerjakan dalam suatu kelompok yang terdiri dari anggota kunci tim atau organisasi.

Terdapat hal-hal yang penting dalam menjalankan Analisis SWOT diantaranya: Pertama, penting untuk diketahui dengan jelas tentang apa tujuan perubahan kunci, dan terhadap tim atau organisasi apa analisis SWOT akan dilakukan. 

Jika hal demikian, maksudnya pertanyaan-pertanyaan telah dijelaskan dan disepakati. Maka pergerakan yang selanjutnya akan dilaksanakan adalah dengan mengambil ancang-ancang untuk brainstorming gagasan untuk tujuan dan fungsi memperjelas suatu diskursus. 

Keputusan akan strategis perusahaan memerlukan suatu pertimbangan akan faktor internal yang mencakup dalam suatu kekuatan dan juga akan kelemahan maupun faktor eksternal hingga mencakup peluang dan ancaman. Olehnya itu diperlukan adanya pertimbangan-pertimbangan penting untuk analisis SWOT. 

Dalam mengidentifikasi berbagai masalah yang timbul dalam perusahaan, maka sangat diperlukan penelitian yang sangat cermat sehingga mampu menemukan strategi yang sangat cepat dan tepat dalam mengatasi masalah yang timbul dalam perusahaan. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan antara lain:

1. Kekuatan (Strenght)

Kekuatan adalah unsur-unsur dalam analisis SWOT yang dapat diunggulkan oleh perusahaan/organisasi atau individu tersebut seperti halnya keunggulan dalam produk, kinerja, kelebihan baik dalam organisasi atau individu yang dapat diandalkan, memiliki keterampilan dan berbeda dengan produk lain. sehingga dapat membuat lebih kuat dari para pesaingnya. 

Kekuatan yang dimaksud dalam Analisis SWOt dapat diperjelas dengan memiliki sumber daya, keterampilan, atau keunggulan-keunggulan lain relative yang mampu untuk ditunjukkan dalam berpatrungan akan individu akan organisasi atau dalam perusahaan untuk menjangkau suatu tujuan yang ingin diraih. 

2. Kelemahan (Weakness)

Sedangkan arti Kelemahan dalam analisis SWOT adalah suatu hal dalam sumber daya yang menjadi penghalang bagi tercapainya tujuan, kepentingan baik dalam organisasi, perusahaan atau individu untuk mencapai sesuatu.

Terdapat beberapa unsur yang menjadi landasan adanya kelemahan atau kekurangan dalam analisis SWOT misalnya akan fasilitas, sumber daya keuangan, kapabilitas manajemen, keterampilan pemasaran, dan citra merek dapat merupakan sumber kelemahan.

3. Peluang (Opportunity)

Selain itu, pengertian peluang dalam analisis SWOT adalah situasi yang menguntungkan bagi suatu perusahaan, serta terdapat kecenderungan-kecenderungan sebagai salah satu sumber dari peluang.

4. Ancaman (Treats)

Sedangkan pengertian Ancaman dalam analisis SWOT adalah suatu faktor-faktor yang terdapat dalam lingkungan yang berdampak pada ketidak menguntungkan dalam perusahaan jika tidak diatasi maka akan menjadi hambatan bagi perusahaan, organisasi atau indvidu yang bersangkutan baik masa sekarang maupun yang akan datang. 

Informasi eksternal mengeni peluang dan ancaman dapat diperoleh dari banyak sumber, termasuk pelanggan, dokumen pemerintah, pemasok, kalangan perbankan, rekan diperusahaan lain. Banyak perusahaan menggunakan jasa lembaga pemindaian untuk memperoleh keliping surat kabar, riset di internet, dan analisis tren-tren domestik dan global yang relevan. 

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli 

1. Pengertian Analisis SWOT Menurut Fredy Rangkuti 

Menurut salah satu pakar SWOT, Fredy Rangkuti, analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan, terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.

2. Pengertian Analisis SWOT Menurut Kotler

Menurut Kotler (2009: 51) Analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threaths) merupakan cara untuk mengamati lingkungan pemasaran eksternal dan internal.

3. Pengertian Analisis SWOT Menurut Gitosudarmo

Menurut Gitosudarmo (2001: 115) Kata SWOT merupakan pendekatan dari Strenghts, Weakness, Opportunity, and Threats, yang dapat diterjemahkan menjadi :Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman

Unsur – Unsur SWOT

Kekuatan (Strenght) ,Kelemahan (weakness),Peluang (Opportunity),Ancaman (Threats). Faktor eksternal dan internal menurut (irham fahmi, 2013:260) untuk menganalisis secara lebih dalam tentang SWOT, maka perlu dilihat faktor eksternal dan internal sebagai bagian penting dalam analisis SWOT, yaitu:

1. Faktor Eksternal

Faktor eksternal ini mempengaruhi terbentuknya opportunities and threats (O dan T). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi-kondisi yang terjadi di luar perusahaan yang mempengaruhi dalam pembuatan keputusan perusahaan. 

Faktor ini mencakup lingkungan industri dan lingkungan bisnis makro, ekonomi, politik, hukum, teknologi, kependudukan, dan sosial budaya.

2. Faktor Internal

Faktor internal ini mempengaruhi terbentuknya strenghts and weaknesses (S dan W). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi yang terjadi dalam perusahaan, yang mana ini turut mempengaruhi terbentuknya pembuatan keputusan (decision making) perusahaan. 

Faktor internal ini meliputi semua macam manajemen fungsional : pemasaran, keuangan, operasi, sumberdaya manusia, penelitian dan pengembangan, sistem informasi manajemen dan budaya perusahaan (corporate culture). 

Matrik SWOT 

Alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah matrik SWOT. Matrik ini dapat mengambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Matrik ini dapat menghasilkan 4 set kemungkinan alternatif strategis. 

1.Strategi SO (Strength-Opportunities)

Strategi ini dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan/organisasi, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya.

2. Strategi ST (Strenghts-Threats)

Adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan atau organisasi untuk mengatasi ancaman.

3. Strategi WO (Weknesses- Opportunities)

Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada.

4. Strategi WT (Weknesses- Threats)

Strategi ini berdasarkan pada kegiatan yang bersifat defensive dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.

Tujuan Analisis SWOT

Penerapan SWOT pada perusahaan bertujuan untuk memberikan suatu panduan agar perusahaan menjadi lebih fokus, sehingga dengan penempatan analisis SWOT dapat dijadikan sebagai perbandingan pikir dari berbagai sudut pandang, baik dari segi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman. 

Tujuan lain diperlakukannya analisis SWOT adalah dimana setiap produk yang ditawarkan pasti akan mengalami pasang surut atau yang lebih dikenal dengan istilah daur hidup produk (life cycle product).

Apa itu Analisis SWOT - Secara etimologi, pengertian SWOT adalah singkatan dari lingkungan Internal Strenghths dan Weaknesses serta lingkungan Eksternal Opportunities dan Threats yang dihadapi dunia bisnis.  Analisis SWOT biasanya banyak di jelaskan dalam forum-forum perkaderan atau kajian-kajian yang diselenggarakan mahasiswa atau pemuda saat ini.  Tujuannya beragam, ada yang ingin membentuk pola piker setiap mahasiswa, pelajar dan pemuda untuk sukses dalam membangun masa depannya. Sehingga tidak habis pikir jika pembelajaran analisis SWOT menjadi analisis yang sering digunakan.  Namun, tidak sedikit analisis SWOT terdapat beberapa kesulitan dalam mempelajarinya, jika tidak dikaitkan dengan ilmu pengetahuan yang lainnya, atau strategi yang lainnya misalnya dengan teori-teori komunikasi dan psikologi.  Hal demikian, menurut pemikiran subjektif penulis bahwa analisis SWOT adalah sebuah analisis yang hanya bias dieksekusi atau dilaksanakan jika terdapat pengetahuan atau tindakan untuk mencapai tujuan yang berada pada posisi tengah dalam menjalankan tujuan itu, sehingga awal dari hal tersebut yang diperlukan adalah pendekatan.  Pendekatan-pendekatan itu, membutuhkan analisis tersendiri yang biasanya disebut analisis pola perilaku individu, organisasi atau kelompok yang didalamnya terdapat kajian-kajian berupa cara pengambil langkah, cara berkomunikasi, cara mengambil keputusan dan cara dalam mengatasi konflik.  Jika hal ini telah digunakan, maka hasil dari pengamatan-pengamatan akan lingkungan eksternal tersebut, mampu kita jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menjadi sebuah bahan dalam analisis SWOT. Sehingga dalam menjalankan analisis SWOT dapat sesuai dan dapat bermanfaat dalam langkah kita untuk mencapai tujuan.  Pengertian Analisis SWOT: Apa Yang Dimaksud Analisis SWOT? Sedangkan pengertian Analisis SWOT secara terminologi adalah analisis akan kondisi internal maupun juga kondisi eksternal suatu organisasi/kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk merancang suatu strategi dan program kerja. Analisis internal terdiri atas suatu peniaian akan faktor kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness). Sedangkan, analisis eksternal terdiri atas faktor peluang (Opportunity) dan tantangan (ThreathS).  Kerangka dalam suatu analisis SWOT merupakan sebuah matrix dua kali dua sebaiknya dikerjakan dalam suatu kelompok yang terdiri dari anggota kunci tim atau organisasi.  Terdapat hal-hal yang penting dalam menjalankan Analisis SWOT diantaranya: Pertama, penting untuk diketahui dengan jelas tentang apa tujuan perubahan kunci, dan terhadap tim atau organisasi apa analisis SWOT akan dilakukan.  Jika hal demikian, maksudnya pertanyaan-pertanyaan telah dijelaskan dan disepakati. Maka pergerakan yang selanjutnya akan dilaksanakan adalah dengan mengambil ancang-ancang untuk brainstorming gagasan untuk tujuan dan fungsi memperjelas suatu diskursus.  Keputusan akan strategis perusahaan memerlukan suatu pertimbangan akan faktor internal yang mencakup dalam suatu kekuatan dan juga akan kelemahan maupun faktor eksternal hingga mencakup peluang dan ancaman. Olehnya itu diperlukan adanya pertimbangan-pertimbangan penting untuk analisis SWOT.  Dalam mengidentifikasi berbagai masalah yang timbul dalam perusahaan, maka sangat diperlukan penelitian yang sangat cermat sehingga mampu menemukan strategi yang sangat cepat dan tepat dalam mengatasi masalah yang timbul dalam perusahaan. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam mengambil keputusan antara lain: 1. Kekuatan (Strenght) Kekuatan adalah unsur-unsur dalam analisis SWOT yang dapat diunggulkan oleh perusahaan/organisasi atau individu tersebut seperti halnya keunggulan dalam produk, kinerja, kelebihan baik dalam organisasi atau individu yang dapat diandalkan, memiliki keterampilan dan berbeda dengan produk lain. sehingga dapat membuat lebih kuat dari para pesaingnya.  Kekuatan yang dimaksud dalam Analisis SWOt dapat diperjelas dengan memiliki sumber daya, keterampilan, atau keunggulan-keunggulan lain relative yang mampu untuk ditunjukkan dalam berpatrungan akan individu akan organisasi atau dalam perusahaan untuk menjangkau suatu tujuan yang ingin diraih.  2. Kelemahan (Weakness) Sedangkan arti Kelemahan dalam analisis SWOT adalah suatu hal dalam sumber daya yang menjadi penghalang bagi tercapainya tujuan, kepentingan baik dalam organisasi, perusahaan atau individu untuk mencapai sesuatu.  Terdapat beberapa unsur yang menjadi landasan adanya kelemahan atau kekurangan dalam analisis SWOT misalnya akan fasilitas, sumber daya keuangan, kapabilitas manajemen, keterampilan pemasaran, dan citra merek dapat merupakan sumber kelemahan. 3. Peluang (Opportunity) Selain itu, pengertian peluang dalam analisis SWOT adalah situasi yang menguntungkan bagi suatu perusahaan, serta terdapat kecenderungan-kecenderungan sebagai salah satu sumber dari peluang. 4. Ancaman (Treats) Sedangkan pengertian Ancaman dalam analisis SWOT adalah suatu faktor-faktor yang terdapat dalam lingkungan yang berdampak pada ketidak menguntungkan dalam perusahaan jika tidak diatasi maka akan menjadi hambatan bagi perusahaan, organisasi atau indvidu yang bersangkutan baik masa sekarang maupun yang akan datang.  Informasi eksternal mengeni peluang dan ancaman dapat diperoleh dari banyak sumber, termasuk pelanggan, dokumen pemerintah, pemasok, kalangan perbankan, rekan diperusahaan lain. Banyak perusahaan menggunakan jasa lembaga pemindaian untuk memperoleh keliping surat kabar, riset di internet, dan analisis tren-tren domestik dan global yang relevan.  Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli  1. Pengertian Analisis SWOT Menurut Fredy Rangkuti  Menurut salah satu pakar SWOT, Fredy Rangkuti, analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan, terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman. 2. Pengertian Analisis SWOT Menurut Kotler Menurut Kotler (2009: 51) Analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunity, Threaths) merupakan cara untuk mengamati lingkungan pemasaran eksternal dan internal. 3. Pengertian Analisis SWOT Menurut Gitosudarmo Menurut Gitosudarmo (2001: 115) Kata SWOT merupakan pendekatan dari Strenghts, Weakness, Opportunity, and Threats, yang dapat diterjemahkan menjadi :Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman Unsur – Unsur SWOT Kekuatan (Strenght) ,Kelemahan (weakness),Peluang (Opportunity),Ancaman (Threats). Faktor eksternal dan internal menurut (irham fahmi, 2013:260) untuk menganalisis secara lebih dalam tentang SWOT, maka perlu dilihat faktor eksternal dan internal sebagai bagian penting dalam analisis SWOT, yaitu: 1. Faktor Eksternal Faktor eksternal ini mempengaruhi terbentuknya opportunities and threats (O dan T). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi-kondisi yang terjadi di luar perusahaan yang mempengaruhi dalam pembuatan keputusan perusahaan.  Faktor ini mencakup lingkungan industri dan lingkungan bisnis makro, ekonomi, politik, hukum, teknologi, kependudukan, dan sosial budaya. 2. Faktor Internal Faktor internal ini mempengaruhi terbentuknya strenghts and weaknesses (S dan W). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi yang terjadi dalam perusahaan, yang mana ini turut mempengaruhi terbentuknya pembuatan keputusan (decision making) perusahaan.  Faktor internal ini meliputi semua macam manajemen fungsional : pemasaran, keuangan, operasi, sumberdaya manusia, penelitian dan pengembangan, sistem informasi manajemen dan budaya perusahaan (corporate culture).  Matrik SWOT  Alat yang dipakai untuk menyusun faktor-faktor strategis perusahaan adalah matrik SWOT. Matrik ini dapat mengambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman eksternal yang dihadapi perusahaan dapat disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Matrik ini dapat menghasilkan 4 set kemungkinan alternatif strategis.  1.Strategi SO (Strength-Opportunities) Strategi ini dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan/organisasi, yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang yang sebesar-besarnya. 2. Strategi ST (Strenghts-Threats) Adalah strategi dalam menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan atau organisasi untuk mengatasi ancaman. 3. Strategi WO (Weknesses- Opportunities) Strategi ini diterapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang ada. 4. Strategi WT (Weknesses- Threats) Strategi ini berdasarkan pada kegiatan yang bersifat defensive dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. Tujuan Analisis SWOT Penerapan SWOT pada perusahaan bertujuan untuk memberikan suatu panduan agar perusahaan menjadi lebih fokus, sehingga dengan penempatan analisis SWOT dapat dijadikan sebagai perbandingan pikir dari berbagai sudut pandang, baik dari segi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman.  Tujuan lain diperlakukannya analisis SWOT adalah dimana setiap produk yang ditawarkan pasti akan mengalami pasang surut atau yang lebih dikenal dengan istilah daur hidup produk (life cycle product). Ilustrasi: Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, Contoh & Faktor Analisis SWOT Manfaat Analisis SWOT Manfaat atau kegunaan analisis SWOT adalah: Mampu memberikan gambaran suatu organisasi dari empat sudut dimensi, yaitu strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Sehingga pengambil keputusan dapat melihat dari empat dimensi ini secara lebih komprehensif. Dapat dijadikan sebagai rujukan pembuatan rencana keputusan jangka panjang. Mampu memberikan pemahaman kepada para stakeholders‟ yang berkeinginan menaruh simpati bahkan bergabung dengan perusahaan dalam suatu ikatan kerjasama yang salling menguntungkan.  Demikianlah informasi mengenai Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, Contoh & Faktor Analisis SWOT. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam mengatur perjalanan kehidupan ini, agar mampu mencapai sebuah tujuan dan dapat menangkal segala apapun yang dapat menjauhkan dari tujuan yang ingin dicapai. Sehingga Analisis SWOT merupakan salah satu dari sekian banyak strategi yang dapat digunakan untuk mengarungi dunia dengan baik. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Ilustrasi: Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, Contoh & Faktor Analisis SWOT

Manfaat Analisis SWOT

Manfaat atau kegunaan analisis SWOT adalah:
  • Mampu memberikan gambaran suatu organisasi dari empat sudut dimensi, yaitu strengths, weaknesses, opportunities, dan threats. Sehingga pengambil keputusan dapat melihat dari empat dimensi ini secara lebih komprehensif.
  • Dapat dijadikan sebagai rujukan pembuatan rencana keputusan jangka panjang.
  • Mampu memberikan pemahaman kepada para stakeholders‟ yang berkeinginan menaruh simpati bahkan bergabung dengan perusahaan dalam suatu ikatan kerjasama yang salling menguntungkan. 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, Contoh & Faktor Analisis SWOT. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam mengatur perjalanan kehidupan ini, agar mampu mencapai sebuah tujuan dan dapat menangkal segala apapun yang dapat menjauhkan dari tujuan yang ingin dicapai. Sehingga Analisis SWOT merupakan salah satu dari sekian banyak strategi yang dapat digunakan untuk mengarungi dunia dengan baik. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Analisis SWOT, Unsur, Manfaat, Contoh & Faktor Analisis SWOT