l Pengertian Microsoft PowerPoint, Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Microsoft PowerPoint, Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya


Advertisement
Advertisement

Kelebihan Iptek khususnya Microsoft Power Point disingkat PPT merupakan aplikasi atau program dengan keuntungan/kelebihan yang berfungsi untuk mempresentasikan materi ke dalam bentuk slide-slide. 

Kegunaan Microsoft Power Point itu merupakan manfaat yang sering dipergunakan. Fungsi Microsoft Power Point (PPT) itu yang membantu dalam dunia Pendidikan, ekonomi, dan statistika ternyata beberapa pengguna hanya mengetahui fungsi dari PPT. 

Akan tetapi, beberapa pengguna tak jarang kurang mengenai apa itu Microsoft Power Point, atau secara sederhananya adalah mengenai pengertian atau definisi Microsfot Power Point (PPT). Walaupun dengan kelebihan yang dapat dimanfaatkan dari aplikasi atau program ini sangat besar. 

Cara mengoperasikan atau membuat presentasi ke dalam bentuk slide-slide tersebut pada Microsoft Power Point juga terkadang menyulit bagi beberapa orang dan juga dapat dianggap sangat mudah dalam memfungsikan sejumlah item-item atau pilihan untuk membuat bahan presentasi. 

Hal itu dikarenakan, Microsoft Power Point terus mengalami pembaharuan demi fungsi yang mampu dijelajahi untuk memperindah materi atau makalah yang akan dimasukkan dalam PPT. 

Kelebihan Microsoft Power Point tidak hanya pada ciri khas dari teknologi aplikasi atau program ini. Melainkan, pengguna atau pemakai program presentasi ini patut memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk dapat memanfaatkan sejumlah hal-hal yang menarik dalam Microsoft Power Point. 

Dengan pengguna Microsoft Power Point yang telah ada lebih dari puluhan juta atau jutaan orang di Indonesia, masih ada saja yang kesulitan dalam mendownload aplikasi atau program presentasi dari materi atau makalah tersebut. 

Padahal, sebagian orang yang telah disebutkan diatas yang dapat disebutkan kembali lebih mengetahui cara menggunakan atau membuat PPT dibandingkan mengetahui arti atau apa yang dimaksud dengan Microsoft Power Point itu, pada umumnya tidak mengalami kesulitan. 

Bahkan, ia mencari tahu sendiri atau disebut secara otodidak mempelajari Microsoft Power Point. Namun, alangkah lebih baiknya agar pengetahuan tersusun secara rapi tersebut dengan mengetahui pengertian atau definisi, fungsi, sejarah dan kelebihan dari Microsoft Power Point. 

Tapi, ada juga yang menganggap bahwa Microsoft Power Point dengan fungsi dan kelebihannya yang diberikan kepada masyarakat ternyata masih ada kekurangannya. Apakah Microsoft Power Point memiliki kekurangan atau kelemahan dalam mempresentasikan materi, laporan atau makalah?. Hal demikian dapat diketahui dalam sejumlah pembahasan dibawah ini…..

Sejarah Microsoft Power Point: Asal Mula Program Microsoft Power Point

Aplikasi atau program Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh presenter Forethought, Inc bernama Bob Gaskins dan Dennis Austin. Pengembangan tersebut hingga mengubah nama perusahaan Forethought, Inc menjadi PowerPoint.

Perkembangan PowerPoint kemudian semakin melaju cepat hingga pada tahun 1987 dirilis PowerPoint versi 1.0 dengan komputer yang didukung oleh Apple Macintosh. 

Pada perkembangan PowerPoint saat itu, masih terbilang jauh berbeda dengan saat ini. Hal itu dikarenakan Power Point versi 1.0 masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). 

Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint memunculkan dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc perangkat lunak PowerPoint ini dengan harga sekitar 14 Juta dolar pada 31 Juli 1987. 

Sejarah Microsoft Power Point terus berlanjut dari pengembangan dan pengembangan hingga pada tahun 1990 versi Microsoft Windows dari PowerPoint versi 2.0 muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. 

Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

Versi yang paling digandrungi masyarakat adalah Microsoft Office PowerPoint 2010 atau PowerPoint 14 yang dimunculkan ke publik pada  Juni 2010. Versi Microsoft Power Point ini menjadi batu loncatan besar. 

Hal itu terjadi lantaran teknologi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.

Microsoft Office Power Point 2013 adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk dapat merancang dan membuat presentasi secara mudah, cepat, serta dengan tampilan yang menarik dan profesional.

Power point 2013 memiliki User Interface (UI) yang disempurnakan dari tampilan (UI) power point pada versi 2007 dan versi 2010. Menu dan toolbar dalam power point 2013 di sebut dengan Ribbon.

Power Point, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan “slide”.

Istilah slide dalam power point ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari presenter. 

Slide dapat berbentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web). Power Point 2013 dapat menyimpan presentasi dalam format-format yang diantaranya: *.pptx (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam versi power point 2010 dan 2013; *.ppt (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint; 

Selain itu terdapat format *.pps (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint; *.potx (PowerPoint Template) yang merupakan data biner dan tersedia dalam versi power point 2010 dan 2013; *.pptx* (PowerPoint Presentation) yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 2013. Perkembangan Microsoft Power Point terus berlanjut hingga saat ini. 

Pengertian Microsoft Power Point: Apa itu Microsoft Power Point? 

Secara umum, Pengertian Microsoft Power Point adalah suatu software yang menyediakan fasilitas yang berfungsi untuk membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.

Selain itu, Microsoft Power Point juga dapat diartikan sebagai suatu program atau aplikasi yang bertujuan untuk membantu menyampaikan suatu gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya.

Maksud dari arti Microsoft Power Point atau kadang disingkat oleh masyarakat umum adalah PPT adalah suatu program atau aplikasi yang membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. 

Tidak hanya memiliki kelebihan atau keuntungan demikian, Microsoft Power Point memudahkan seseorang dengan adanya fasilitas berupa Font Picture, Sound dan Effect yang dapat difungsikan atau dimanfaatkan untuk membuat suatu slide yang bagus. 

Bila hal ini dipergunakan dalam suatu presentasi, maka para pendengar dapat kita tarik perhatiannya untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan kepada mereka.

Dengan fasilitas serta kemudahan penggunaan yang dimiliki software ini memungkinkan para guru Sekolah Dasar untuk memanfaatkannya sebagai media pembelajaran.

Setiap lembar tayangan berisi berupa materi yang disebut dengan Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat terlihat menarik dan berkesan, agar tujuan dalam suatu topik dapat tercapai.

Selain itu, dengan tampilan yang menarik juga sehingga dapat dimengerti oleh audience dengan efektif. Sehingga dalam membuat Microsoft Power Point. 

Maka terdapat sejumlah faktor-faktor yang patut dipenuhi diantaranya dengan terlebih dahulu menyiapkan atau menyimpulkan dari sejumlah materi atau makalah dengan berupa point bahasan yang perlu dicantumkan pada slide sebagai garis besar. 

Tidak hanya itu, dalam menggunakan Microsoft Power Point juga diikuti dengan "sub point" dari masing-masing point yang ada dan lengkapi dengan gambar, karikatur pada slide yang dimaksud. 

Ada beberapa tata cara agar terlihat menarik yakni dapat memberikan bullet, font, dan color yang menyolok pada point yang paling utama agar menjadi pusat perhatian. 

Fungsi Microsoft Power Point

Berdasarkan penjelasan Microsoft PowerPoint diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dari Microsoft Power Point adalah: 
  1. Berfungsi untuk membuat presentasi ke dalam bentuk slide-slide sehingga memudahkan bagi audience untuk mengetahui garis besar dalam presentasi tersebut.
  2. Berfungsi dalam menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi terlihat menarik, hidup dan mampu berkesan.
  3. Berfungsi untuk mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide.
  4. Berfungsi dalam membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat dengan muda diakses melalui perangkat komputer atau laptob. Selain itu juga dapat diakses di aplikasi android atau gadget. 

Cara Mengaktifkan Program Microsoft Power Point

Adapun langkah-langkah mengaktifkan program microsoft Power Point dalam hal ini MS. Power Point 2007  di Komputer yakni:
  1. Klik Start
  2. Klik All Programs
  3. Klik Microsoft Office
  4. Klik Microsoft Office Power Point (2007)
  5. Maka akan tampil lembar kerja MS. Power Point (2007)

Menu Pada Microsoft Power Point

Dalam mengoperasikan Microsoft Power Point terdapat beberapa menu yang kerap menjadi bahan dasar dalam mempelajari cara membuat power point. 

Hal itu juga dapat membantu untuk membuat karya presentasi lebih menarik, hidup dan berkesan bagi audiance. Adapun macam-macam menu pada microsoft power point antara lain: 
  • Tombol Office. arti tombol ini pada Microsoft Power Point digunakan untuk mengakses perintah-perintah dasar yang berhubungan dengan dokumen seperti membuat dokumen, membuka dokumen,menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan lain sebagainya.
  • Quick Acces Toolbar. Kegunaan dari Quick Acces Toolbar pada Microsoft Power Point merupakan berisi ikon-ikon yang digunakan untuk mengakses perintah dengan cepat. Secara default, bagian ini terdiri dari tiga ikon yaitu save,undo, repeat,dan lain-lain.
  • Tab Menu. Tab menu berisi menu-menu yang menunjukkan perintah-perintah untuyk mengolah suatu dokumen.
  • Title Bar. Title bar dalam Microsoft Power Point adalah suatu menu yang menunjukkan nama dokumen yang sedang aktif.
  • Ribbon. Menu pada Microsoft Power Point ini merupakan menu letak dari perintah-perintah sebuah menu.
  • Slides Pane. Slides Pane merupakan menu pada Microsoft Power Point yang dimanfaatkan untuk menampilkan thumbnail slide yang ada pada dokumen.
  • Status Bar. Digunakan untuk menunjukkan status dari dokumen seperti jumlah slide atau tema yang digunakan pada slide.
  • Notes Pane. Digunakan untuk menampilkan catatan yang ada didalam slide.
  • Slide Area. Digunakan untuk menampilkan slide dari dokumen
  • Tombol View. Digunakan untuk mengatur tampilan slide
  • Zoom Controls. Digunakan untuk mengatur ukuran tampilan slide. ZOOM IN untuk memperbesar tampilan sedangkan ZOOM OUT untuk memperkecil tampilan.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point 

Sejarah Microsoft Power Point yang terus mengalami perkembangan dari setiap tahunnya, menjadikan aplikasi atau program dari Microsoft ini semakin digandrungi oleh masyarakat. 

Hal itu tidak lain kemudahan dalam fungsikan aplikasi ini dan juga dapat menambah efektifitas dan efisiensi dalam dunia kerja. 

Olehnya itu dapat dikatakan bahwa aplikasi Microsoft Power Point yang juga telah merambah dalam android atau gadget yang dapat diunduh secara gratis. 

Selain itu, juga terdiri dari premium di play store melejit sebagai aplikasi bermanfaat besar bagi dunia sehingga aplikasi ini memiliki kegunaan atau kelebihan yang menguntungkan. 

Namun, disisi keuntungan atau kelebihan yang bermanfaat bagi masyarakat itu. Tidak jarang, beberapa masyarakat juga memiliki pandangan yang berbeda-beda hingga memunculkan bahwa Microsoft Power Point ini yang memudahkan dalam presentasi, ternyata masih saja memiliki kekurangan hingga perkembangannya saat ini. 

Dengan demikian, maka aplikasi ini disisi lain memiliki kelebihan, juga memiliki kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan program Microsoft Power Point antara lain: 

Kelebihan Microsoft Power Point


Adapun kelebihan atau keuntungan Microsoft Power Point antara lain: 
  1. Manfaat Microsoft Power Point yang pertama adalah mengoperasikan aplikasi ini sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Selain itu, kegunannya juga tersedia jenis-jenis desain dan template yang menarik dan unik.
  3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.
  4. Kentungan lainnya dapat mengedit foto secara langsung.
  5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.
  6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding)

Kekurangan Microsoft Power Point 

Adapun kelemahan atau kekurangan dari program Microsoft Power Point antara lain:
  • Kekurangan dari aplikasi Microsoft Power Point yang pertama adalah tidak dapat digunakan OS lain. Artinya, terdapat pada fungsi dari Platform Microsoft yang hanya dapat digunakan sehingga untuk software untuk  OS lain, seperti Mac dan Linux belum dapat diakses.
  • Selain itu kelemahan yang lainnya adalah pada ketidakstabilan dokumen pada setiap versi MS. Power Point yang umumnya file yang dibuat pada versi lama, contohnya tahun 2007 tidak bisa digunakan secara sempurna di versi 2010, begitu sebaliknya.
  • Apalagi mengenai kekurangan pada Harga Terlalu Mahal pada MS Power Point versi premium bagi  untuk pelajar, mahasiswa dan pemilik usaha kecil terbilang mahal. Akan tetapi, dengan support dan pembaharuan software juga semakin baik. 
  • Tergolong Program yang Berat sehingga membutuhkan computer dengan spesifikasi baik. 
Kelebihan Iptek khususnya Microsoft Power Point disingkat PPT merupakan aplikasi atau program dengan keuntungan/kelebihan yang berfungsi untuk mempresentasikan materi ke dalam bentuk slide-slide.  Kegunaan Microsoft Power Point itu merupakan manfaat yang sering dipergunakan. Fungsi Microsoft Power Point (PPT) itu yang membantu dalam dunia Pendidikan, ekonomi, dan statistika ternyata beberapa pengguna hanya mengetahui fungsi dari PPT.  Akan tetapi, beberapa pengguna tak jarang kurang mengenai apa itu Microsoft Power Point, atau secara sederhananya adalah mengenai pengertian atau definisi Microsfot Power Point (PPT). Walaupun dengan kelebihan yang dapat dimanfaatkan dari aplikasi atau program ini sangat besar.  Cara mengoperasikan atau membuat presentasi ke dalam bentuk slide-slide tersebut pada Microsoft Power Point juga terkadang menyulit bagi beberapa orang dan juga dapat dianggap sangat mudah dalam memfungsikan sejumlah item-item atau pilihan untuk membuat bahan presentasi.  Hal itu dikarenakan, Microsoft Power Point terus mengalami pembaharuan demi fungsi yang mampu dijelajahi untuk memperindah materi atau makalah yang akan dimasukkan dalam PPT.  Kelebihan Microsoft Power Point tidak hanya pada ciri khas dari teknologi aplikasi atau program ini. Melainkan, pengguna atau pemakai program presentasi ini patut memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk dapat memanfaatkan sejumlah hal-hal yang menarik dalam Microsoft Power Point.  Dengan pengguna Microsoft Power Point yang telah ada lebih dari puluhan juta atau jutaan orang di Indonesia, masih ada saja yang kesulitan dalam mendownload aplikasi atau program presentasi dari materi atau makalah tersebut.  Padahal, sebagian orang yang telah disebutkan diatas yang dapat disebutkan kembali lebih mengetahui cara menggunakan atau membuat PPT dibandingkan mengetahui arti atau apa yang dimaksud dengan Microsoft Power Point itu, pada umumnya tidak mengalami kesulitan.  Bahkan, ia mencari tahu sendiri atau disebut secara otodidak mempelajari Microsoft Power Point. Namun, alangkah lebih baiknya agar pengetahuan tersusun secara rapi tersebut dengan mengetahui pengertian atau definisi, fungsi, sejarah dan kelebihan dari Microsoft Power Point.  Tapi, ada juga yang menganggap bahwa Microsoft Power Point dengan fungsi dan kelebihannya yang diberikan kepada masyarakat ternyata masih ada kekurangannya. Apakah Microsoft Power Point memiliki kekurangan atau kelemahan dalam mempresentasikan materi, laporan atau makalah?. Hal demikian dapat diketahui dalam sejumlah pembahasan dibawah ini….. Sejarah Microsoft Power Point: Asal Mula Program Microsoft Power Point Aplikasi atau program Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh presenter Forethought, Inc bernama Bob Gaskins dan Dennis Austin. Pengembangan tersebut hingga mengubah nama perusahaan Forethought, Inc menjadi PowerPoint. Perkembangan PowerPoint kemudian semakin melaju cepat hingga pada tahun 1987 dirilis PowerPoint versi 1.0 dengan komputer yang didukung oleh Apple Macintosh.  Pada perkembangan PowerPoint saat itu, masih terbilang jauh berbeda dengan saat ini. Hal itu dikarenakan Power Point versi 1.0 masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP).  Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint memunculkan dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran. Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc perangkat lunak PowerPoint ini dengan harga sekitar 14 Juta dolar pada 31 Juli 1987.  Sejarah Microsoft Power Point terus berlanjut dari pengembangan dan pengembangan hingga pada tahun 1990 versi Microsoft Windows dari PowerPoint versi 2.0 muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0.  Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition). Versi yang paling digandrungi masyarakat adalah Microsoft Office PowerPoint 2010 atau PowerPoint 14 yang dimunculkan ke publik pada  Juni 2010. Versi Microsoft Power Point ini menjadi batu loncatan besar.  Hal itu terjadi lantaran teknologi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx. Microsoft Office Power Point 2013 adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk dapat merancang dan membuat presentasi secara mudah, cepat, serta dengan tampilan yang menarik dan profesional. Power point 2013 memiliki User Interface (UI) yang disempurnakan dari tampilan (UI) power point pada versi 2007 dan versi 2010. Menu dan toolbar dalam power point 2013 di sebut dengan Ribbon. Power Point, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan “slide”. Istilah slide dalam power point ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari presenter.  Slide dapat berbentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web). Power Point 2013 dapat menyimpan presentasi dalam format-format yang diantaranya: *.pptx (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam versi power point 2010 dan 2013; *.ppt (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint;  Selain itu terdapat format *.pps (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint; *.potx (PowerPoint Template) yang merupakan data biner dan tersedia dalam versi power point 2010 dan 2013; *.pptx* (PowerPoint Presentation) yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 2013. Perkembangan Microsoft Power Point terus berlanjut hingga saat ini.  Pengertian Microsoft Power Point: Apa itu Microsoft Power Point?  Secara umum, Pengertian Microsoft Power Point adalah suatu software yang menyediakan fasilitas yang berfungsi untuk membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.  Selain itu, Microsoft Power Point juga dapat diartikan sebagai suatu program atau aplikasi yang bertujuan untuk membantu menyampaikan suatu gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya.  Maksud dari arti Microsoft Power Point atau kadang disingkat oleh masyarakat umum adalah PPT adalah suatu program atau aplikasi yang membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.  Tidak hanya memiliki kelebihan atau keuntungan demikian, Microsoft Power Point memudahkan seseorang dengan adanya fasilitas berupa Font Picture, Sound dan Effect yang dapat difungsikan atau dimanfaatkan untuk membuat suatu slide yang bagus.  Bila hal ini dipergunakan dalam suatu presentasi, maka para pendengar dapat kita tarik perhatiannya untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan kepada mereka. Dengan fasilitas serta kemudahan penggunaan yang dimiliki software ini memungkinkan para guru Sekolah Dasar untuk memanfaatkannya sebagai media pembelajaran.  Setiap lembar tayangan berisi berupa materi yang disebut dengan Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat terlihat menarik dan berkesan, agar tujuan dalam suatu topik dapat tercapai.  Selain itu, dengan tampilan yang menarik juga sehingga dapat dimengerti oleh audience dengan efektif. Sehingga dalam membuat Microsoft Power Point.  Maka terdapat sejumlah faktor-faktor yang patut dipenuhi diantaranya dengan terlebih dahulu menyiapkan atau menyimpulkan dari sejumlah materi atau makalah dengan berupa point bahasan yang perlu dicantumkan pada slide sebagai garis besar.  Tidak hanya itu, dalam menggunakan Microsoft Power Point juga diikuti dengan "sub point" dari masing-masing point yang ada dan lengkapi dengan gambar, karikatur pada slide yang dimaksud.  Ada beberapa tata cara agar terlihat menarik yakni dapat memberikan bullet, font, dan color yang menyolok pada point yang paling utama agar menjadi pusat perhatian.  Fungsi Microsoft Power Point Berdasarkan penjelasan Microsoft PowerPoint diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi dari Microsoft Power Point adalah:  Berfungsi untuk membuat presentasi ke dalam bentuk slide-slide sehingga memudahkan bagi audience untuk mengetahui garis besar dalam presentasi tersebut.  Berfungsi dalam menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi terlihat menarik, hidup dan mampu berkesan.  Berfungsi untuk mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide. Berfungsi dalam membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat dengan muda diakses melalui perangkat komputer atau laptob. Selain itu juga dapat diakses di aplikasi android atau gadget.  Cara Mengaktifkan Program Microsoft Power Point Adapun langkah-langkah mengaktifkan program microsoft Power Point dalam hal ini MS. Power Point 2007  di Komputer yakni: Klik Start Klik All Programs Klik Microsoft Office Klik Microsoft Office Power Point (2007) Maka akan tampil lembar kerja MS. Power Point (2007) Menu Pada Microsoft Power Point Dalam mengoperasikan Microsoft Power Point terdapat beberapa menu yang kerap menjadi bahan dasar dalam mempelajari cara membuat power point.  Hal itu juga dapat membantu untuk membuat karya presentasi lebih menarik, hidup dan berkesan bagi audiance. Adapun macam-macam menu pada microsoft power point antara lain:  Tombol Office. arti tombol ini pada Microsoft Power Point digunakan untuk mengakses perintah-perintah dasar yang berhubungan dengan dokumen seperti membuat dokumen, membuka dokumen,menyimpan dokumen, mencetak dokumen, dan lain sebagainya. Quick Acces Toolbar. Kegunaan dari Quick Acces Toolbar pada Microsoft Power Point merupakan berisi ikon-ikon yang digunakan untuk mengakses perintah dengan cepat. Secara default, bagian ini terdiri dari tiga ikon yaitu save,undo, repeat,dan lain-lain. Tab Menu. Tab menu berisi menu-menu yang menunjukkan perintah-perintah untuyk mengolah suatu dokumen. Title Bar. Title bar dalam Microsoft Power Point adalah suatu menu yang menunjukkan nama dokumen yang sedang aktif. Ribbon. Menu pada Microsoft Power Point ini merupakan menu letak dari perintah-perintah sebuah menu. Slides Pane. Slides Pane merupakan menu pada Microsoft Power Point yang dimanfaatkan untuk menampilkan thumbnail slide yang ada pada dokumen. Status Bar. Digunakan untuk menunjukkan status dari dokumen seperti jumlah slide atau tema yang digunakan pada slide. Notes Pane. Digunakan untuk menampilkan catatan yang ada didalam slide. Slide Area. Digunakan untuk menampilkan slide dari dokumen Tombol View. Digunakan untuk mengatur tampilan slide Zoom Controls. Digunakan untuk mengatur ukuran tampilan slide. ZOOM IN untuk memperbesar tampilan sedangkan ZOOM OUT untuk memperkecil tampilan. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point  Sejarah Microsoft Power Point yang terus mengalami perkembangan dari setiap tahunnya, menjadikan aplikasi atau program dari Microsoft ini semakin digandrungi oleh masyarakat.  Hal itu tidak lain kemudahan dalam fungsikan aplikasi ini dan juga dapat menambah efektifitas dan efisiensi dalam dunia kerja.  Olehnya itu dapat dikatakan bahwa aplikasi Microsoft Power Point yang juga telah merambah dalam android atau gadget yang dapat diunduh secara gratis.  Selain itu, juga terdiri dari premium di play store melejit sebagai aplikasi bermanfaat besar bagi dunia sehingga aplikasi ini memiliki kegunaan atau kelebihan yang menguntungkan.  Namun, disisi keuntungan atau kelebihan yang bermanfaat bagi masyarakat itu. Tidak jarang, beberapa masyarakat juga memiliki pandangan yang berbeda-beda hingga memunculkan bahwa Microsoft Power Point ini yang memudahkan dalam presentasi, ternyata masih saja memiliki kekurangan hingga perkembangannya saat ini.  Dengan demikian, maka aplikasi ini disisi lain memiliki kelebihan, juga memiliki kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan program Microsoft Power Point antara lain:  Kelebihan Microsoft Power Point Adapun kelebihan atau keuntungan Microsoft Power Point antara lain:  Manfaat Microsoft Power Point yang pertama adalah mengoperasikan aplikasi ini sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu, kegunannya juga tersedia jenis-jenis desain dan template yang menarik dan unik. Dapat dibuat dalam berbagai format data. Kentungan lainnya dapat mengedit foto secara langsung. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding) Kekurangan Microsoft Power Point  Adapun kelemahan atau kekurangan dari program Microsoft Power Point antara lain: Kekurangan dari aplikasi Microsoft Power Point yang pertama adalah tidak dapat digunakan OS lain. Artinya, terdapat pada fungsi dari Platform Microsoft yang hanya dapat digunakan sehingga untuk software untuk  OS lain, seperti Mac dan Linux belum dapat diakses. Selain itu kelemahan yang lainnya adalah pada ketidakstabilan dokumen pada setiap versi MS. Power Point yang umumnya file yang dibuat pada versi lama, contohnya tahun 2007 tidak bisa digunakan secara sempurna di versi 2010, begitu sebaliknya. Apalagi mengenai kekurangan pada Harga Terlalu Mahal pada MS Power Point versi premium bagi  untuk pelajar, mahasiswa dan pemilik usaha kecil terbilang mahal. Akan tetapi, dengan support dan pembaharuan software juga semakin baik.  Tergolong Program yang Berat sehingga membutuhkan computer dengan spesifikasi baik.  Ilustrasi: Pengertian Microsoft PowerPoint, Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya Demikianlah informasi mengenai Pengertian Microsoft PowerPoint, Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua terlebih bagi teman-teman yang bersinggungan langsung dalam dunia kerja atau pendidik. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Ilustrasi: Pengertian Microsoft PowerPoint, Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Microsoft PowerPoint, Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua terlebih bagi teman-teman yang bersinggungan langsung dalam dunia kerja atau pendidik. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Microsoft PowerPoint, Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya