l Pengertian Lari, Sejarah, Tujuan & Macam-Macam Olahraga Lari | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Lari, Sejarah, Tujuan & Macam-Macam Olahraga Lari


Advertisement
Advertisement

Salah satu upaya meningkatkan kualitas manusia adalah melalui pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani bertujuan untuk mengembangkan kebugaran jasmani dan keterampilan berpikir psikis. Salah satu pendidikan jasmani yang dapat dengan mudah dilakukan dan dimanapun berada adalah dengan lari atau olahraga lari. Sekarang ini, lari tidak hanya rutinitas yang biasa-biasa saja. Melainkan olahraga ini, telah menjadi sebuah ajang kompetisi. 

Dalam dunia olahraga, dikenal ada banyak sekali cabang olahraga antara lain atlektik. Cabang Atletik didalamnya terdapat salah satu olahraga Lari. Menurut Aip Syarifuddin (1992:2) bahwa definisi Atletik berasal dari Bahasa Yunani yakni Athlon yang berarti pertandingan, perlombaan, pergulatan atau perjuangan, sedangkan orang yang melakukannya dinamakan dengan Athleta (atlet). 

Sedangkan pengertian Atlet dalam hal ini dikemukakan oleh Eddy Purnomo (2007:3) bahwa atlet adalah cabang olahraga yang paling tua dan merupakan induk dari semua cabang olahraga yang gerakannya merupakan ragam dan pola gerak dasar hidup manusia. 

Sejarah Lari

Sedangkan berbicara asal muasal atau sejarah lari tidak ada bukti tertulis secara otentik sejak kapan manusia berlari dan mengenal bahwa ini adalah berlari yang juga berlari dikenal sebagai prestasi atau untuk kebugaran. Akan tetapi, sejak manusia ada secara lahiriah atau telah pasti bahwa telah dapat berjalan dan juga berlari. 

Walaupun demikian tidak ada bukti otentik, tetap saja bukanlah hal yang mustahil untuk menelusuri asal muasal dari lari atau berlari. Ada salah satu versi yang mengatakan bahwa saat bangsa Yunani dilanda peperangan antara kaum Yunani dengan Persia di Kota Marathonas Pula Egina Yunani. Yunani mengalami kemenangan, menyambut hal itu. 

Bangsa Yunani memerintahkan pasukannya untuk membawa pesan berlari ke Athena sepanjang 40,8 km (25,4 miles) dalam sehari untuk mengabarkan kemenangan hingga sampai ke Athena sambil berteriak. Akan tetapi, pembawa pesan itu pinsan dan akhirnya meninggal dunia. 

Dalam menghormati perjuangan pembawa pesan kemenangan itu, bangsa Yunani mengenang dan menghormatinya dengan beberapa periode selanjutnya dihelatlah lomba lari dan semakin berkembang menjadikan lari sebagai olahraga dan berprestasi. Sampai sejauh ini lari merupakan olahraga yang semakin dikagumi seluruh pihak.

Pengertian Lari: Apa itu Lari? 

Pengertian Lari adalah gerakan tubuh dimana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak tanah dengan frekuensi langkah kaki yang cepat. 

Pengertian Lari Menurut Para Ahli 

Selain itu, terdapat beberapa pengertian atau arti lari yang diberikan oleh para ahli atau pengamat olahraga lari. Adapun pengertian lari menurut para ahli adalah: 

1. Pengertian Lari Menurut Bahagia

Menurut Bahagia (2000:11) bahwa pengertian lari adalah gerakan tubuh dimana terdapat kedua kaki ada saat melayang di udara (kedua telapak kaki lepas dari tanah) yang mana lari diartikan berbeda dengan jalan yang selalu kontak dengan tanah. 

2. Pengertian Lari Menurut Djuminar
Menurut Djuminar (2004:13) bahwa pengertian lari diartikan sebagai frekuensi langkah yang dipercepat sehingga terdapat suatu waktu dimana saat berlari kedua kaki mengalami kencederungan badan melayang atau sekurang-kurangnya kaki tetap menyentuh tanah. 

3. Pengertian Lari Menurut Wikipedia
Menurut Wikipedia bahwa pengertian lari didefinisikan sebagai gerakan tubuh (gait) dimana pada suatu saat semua kaki tidak menginjak tanah. 

Macam-Macam Lari 

Olahraga atletik sejarahnya diawali dari pertandingan tahun 776 SM yang menjadikan olahraga pertama yang dipertandingan dalam sebuah olimpiade. Dewasa ini, lari memiliki macam-macam jenis lari. Perkembangan ini semakin membuat olahraga ini memiliki kesulitan tersendiri dan semakin berkembang pesat dengan hadirnya jenis-jenis lari dan sejumlah pertandingan yang ada. Adapun macam-macam jenis lari antara lain: 

1. Lari Sprint
Lari Sprint merupakan jenis olahraga lari yang berjarak 100 meter. Lari sprint hampir serupa dengan lari jarak pendek. Namun bukan berarti tidak terdapat perbedaan antara lari sprint dengan lari jarak pendek. Diketahui lari jarak pendek berkisaran dengan jangkauan 50-400 meter. 

2. Lari Jarak Pendek
Olahraga lari jarak pendek sebagaimana dikemukakan diatas diartikan sebagai jenis lari yang dengan sepanjang jarak berkisar 50 hingga 400 meter. Macam-macam lari ini memiliki kunci yang mana seorang atlet harus berlari dengan langkah dan juga frekuensi dimilikinya dengan tahap-tahap diantaranya drive, percepatan tahap dan fase reaksi. Pada umumnya, terdapat nomor lari yang digunakan pada lomba lari jarak pendek diantaranya: sekitar 100, 200 dan 400 meter. 

3. Olahraga Lari Jarak Menengah Pengertian lari jarak menengah adalah jenis lari dengan jarak tempuh sepanjang 800 hingga mencapai 1500 meter. Sebelum berlari, para peserta harus menempelkan telapak tangan tepat di tanah. Pandangan mata lurus ke depan dengan mengayunkan lengan dengan seperlunya. Setelah pada lomba jari menengah dilanjutkan dengna menyondongkan badan kedepan sebelum terdengar bunyi sumpritan dimulainya perlombaan tersebut. 

4. Lari Jarak Jauh
Pengertian Lari Jarak Jauh sering kerap disebut dengan Lari Marathon. Pengertian jenis lari ini adalah lari dengan Jarak yang ditempuh dalam lari jarak jauh sekitar  3000 meter lebih. Lari marathon pertama kali dimenangkan oleh Marathon. Dalam perlombaan ini nantinya dilakukan diluar area seperti halnya jalan umum yang jaraknya cukup panjang.

5. Olahraga Lari Estafet
Pengertian Lari estafet adalah jenis olahraga lari yang dilakukan secara bersambung dalam satu team setiap team  terdiri dari 4 orang dengan memberikan tongkat estafet kepada setiap pelari yang dilakukan secara sambung menyambung. 

Salah satu upaya meningkatkan kualitas manusia adalah melalui pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani bertujuan untuk mengembangkan kebugaran jasmani dan keterampilan berpikir psikis. Salah satu pendidikan jasmani yang dapat dengan mudah dilakukan dan dimanapun berada adalah dengan lari atau olahraga lari. Sekarang ini, lari tidak hanya rutinitas yang biasa-biasa saja. Melainkan olahraga ini, telah menjadi sebuah ajang kompetisi.  Dalam dunia olahraga, dikenal ada banyak sekali cabang olahraga antara lain atlektik. Cabang Atletik didalamnya terdapat salah satu olahraga Lari. Menurut Aip Syarifuddin (1992:2) bahwa definisi Atletik berasal dari Bahasa Yunani yakni Athlon yang berarti pertandingan, perlombaan, pergulatan atau perjuangan, sedangkan orang yang melakukannya dinamakan dengan Athleta (atlet).  Sedangkan pengertian Atlet dalam hal ini dikemukakan oleh Eddy Purnomo (2007:3) bahwa atlet adalah cabang olahraga yang paling tua dan merupakan induk dari semua cabang olahraga yang gerakannya merupakan ragam dan pola gerak dasar hidup manusia.  Sejarah Lari Sedangkan berbicara asal muasal atau sejarah lari tidak ada bukti tertulis secara otentik sejak kapan manusia berlari dan mengenal bahwa ini adalah berlari yang juga berlari dikenal sebagai prestasi atau untuk kebugaran. Akan tetapi, sejak manusia ada secara lahiriah atau telah pasti bahwa telah dapat berjalan dan juga berlari.
Ilustrasi: Pengertian Lari, Sejarah, Tujuan & Macam-Macam Olahraga Lari

Demikianlah informasi ini, semoga informasi Pengertian Lari, Sejarah, Tujuan & Macam-Macam Olahraga Lari dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Lari, Sejarah, Tujuan & Macam-Macam Olahraga Lari