l Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli


Advertisement
Advertisement

Pengertian Slogan - Definisi Slogan adalah bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan. Pada umumnya, slogan ditulis dalam kalimat yang pendek dan juga menarik, mudah diingat, persuasi, singkat. 

Tujuan menulis Slogan adalah untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip. Menurut Depdiknas bahwa penulisan slogan dibuat dalam bentuk yang memikat untuk menarik perhatian pembacanya yang merupakat alat atau media dalam memberitahukan sesuatu hal yang bertujuan kepada masyarakat atau khayalak ramai mengetahuinya. 

Slogan adalah bentuk iklan yang selalu ada. Hal itu dapat ditemukan di iklan media audio maupun dalam visual. Hal itu lantaran "Fungsi Slogan" adalah untuk memberikan daya pikat agar konsumen peansaran dengan produk yang dipasarkan. Tidak hanya itu, makna slogan adalah berisi gagasan atau informasi yang ingin disampaikan oleh pengiklan melalui dengan memberikan slogan kepada konsumen akan suatu produk mereka. 

Maka peran slogan dalam menghadirkan iklan rokok diharapkan slogan tersebut membantu minat konsumen untuk selalu mengingat merek dari produk rokok yang ditawarkan.

Pengertian Slogan: Apa itu Slogan? 

Secara terminologi atau pengertian slogan secara istilah adalah motto atau frasa yang digunakan sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat. Sedangkan secara etimologi atau pengertian slogan secara bahasa, slogan diambil dari kata istilah dalam bahasa Gaelik, "Sluagh-ghairm, yang diartikan "teriakan bertempur". 

Bentuk slogan bervariasi, dari yang tertulis dan terlihat hingga yang diucap dan bernada vulgar. Akan tetapi, secara umum pengertian slogan adalah memberikan ruang untuk menyampaikan informasi yang lebih rinci, selain itu juga disampaikan dalam bentuk ekspresi sosial dari tujuan bersama dari pada proyeksi dari beberapa orang saja. Slogan pada umumnya menggunakan kalimat persuasif.  

Contoh-Contoh Slogan 

Ada banyak contoh slogan yang biasa sering didapati di televisi atau yang terpasang di jalanan atau suatu produk. Jika menyadari hal tersebut, maka tidak sulit mendapat contoh-contoh slogan. Salah satunya contoh slogan yang menarik untuk diteliti adalah slogan dari iklan rokok. 

Keunikan bahasa menjadi karakteristik atau ciri khas yang dimiliki rokok. Terdapat macam-macam slogan yang disajikan sebagai iklan rokok. Adapun contoh-contoh slogan dalam iklan rokok yang dapat dijadikan objek penelitian slogan antara lain: 

1. Class Mild, "Talk Less Do More"
2. A Mild Versi Outbound "Karena Logika Beda Tipis Sama Lo Gila" 

Membahas mengenai Slogan dari "Class Mild, "Talk Less Do More". Dalam slogan tersebut menghadirkan potret seseorang yang sukses bekerja keras sehingga menghasilkan sebuah mahakarya. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, contoh slogan ndemikian berarti "Sedikit Bicara, Banyak Bekerja". 

Mengkaji kata /Berbicara/ pada slogan tersebut dibentuk atau berawal dari kata dasar yakni "Bicara". Hal itu, jika dikaji dalam leksikal makna kata bicara pada slogan tersebut diartikan sebagai akal budi, pikiran, berbahasa dan berkata (KBBI Depdiknas, 2002:40). 

Namun, setelah dilekatkan kata ber yang mana diartikan sebagai proses afiksasi pada kata bicara menjadi berbicara. Makna dari kata tersebut menjadi makna gramatikal sebagai contoh slogan rokok Class Mild. Hal itu berarti berkata, bercakap, berbahasa atau melahirkan suatu pendapat. Hal demikian sama halnya dengan kata "Bekerja" yang dapat menimbulkan makna melakukan perbuatan. (Poerwadarminta, 2011:578). 

Contoh-Contoh Slogan 

Adapun contoh-contoh Slogan lainnya diantaranya contoh slogan dalam pendidikan dll yakni:
1. Contoh Slogan Pendidikan
Adapun contoh-contoh slogan dalam hal Pendidikan antara lain: 
  • Bersama ke arah kecemerlangan,
  • Guru berkesan, pendidikan cemerlang.
  • Guru pembina budaya ilmu.
  • Budayakan Membaca Sejak Dini
2. Contoh Slogan Kebersihan 
Adapun contoh-contoh slogan dalam hal menjaga kebersihan antara lain: 
  • Kebersihan adalah Bagian dari Iman 
  • Dalam Badan yang Sehat terdapat Jiwa yang Kuat
  • Kebersihan Pangkal Kesehatan 
  • Terima Kasih Anda Tidak Membuang Sampah di Sungai
  • Ingat 3M: Menguras, Menutup, dan Mengubur.
3. Contoh Slogan Lingkungan
Contoh slogan Lingkungan yang dapat digunakan adalah seperti berikut:
  • Hutan Dibakar Banjir Melanda
  • Hijaulah alamku, lestarilah lingkunganku
  • Hutan untuk rakyat
  • Hanya satu bumi   
4. Contoh Slogan Motivasi
Contoh slogan motivasi yang dapat digunakan adalah seperti berikut:  
  • Merdeka atau Mati.
  • Siapa cepat dia dapat.
  • Kecil menabung tua beruntung.
  • Dua anak lebih baik.
  • Selamatkan Masa Depan Bangsa

Pengertian Slogan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian slogan menurut para ahli antara lain: 

1. Pengertian Slogan Menurut Alwi

Menurut Alwi (2003: 108) bahwa pengertian slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi, organisais dan partai politik. 

2. Pengertian Slogan Menurut Haryanto (2006)
Menurut Haryanto (2006) bahwa definisi Slogan adalah sebagai frase atau kalimat pendek yang memudahkan untuk diingat, dipakai dalam memberi tahu atau menjelaskan tujuan organisasi, ideologi golongan dan sebagianya. 

3. Pengertian Slogan Menurut Sukini (2005:162)
Menurut Sukini bahwa pengertian slogan merupakan kalimat singkat dan bersifat persuasi, serta susunan dalam kalimat tidak seperti biasa.

4. Pengertian Slogan Menurut Moeliono
Menurut Moeliono, slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok dan mudah diingat untuk menjelaskan suatu maksud dan tujuan media (KBBI, 2005:1080)

5. Pengertian Slogan Menurut J. S. BaduduMenurut J.S. Badudu bahwa pengertian slogan adalah kata  atau kalimat pendek yang mempunyai arti dan bunyi yang menarik agar mudah diingat-ingat.

6. Pengertian Slogan Menurut KBBIDalam KBBI (2005:1080) pengertian slogan adalah ragam bahasa tak resmi yang dipakai oleh kaum remaja atau kelompok-kelompok sosial tertentu untuk komunikasi intern sebagai usaha supaya orang-orang kelompok lain tidak mengerti biasanya berupa kosakata baru dan berubah-ubah juga merupakan katakata non standar yang informal, disusun secara mana suka (arbirter), bertenaga, serta jenaka yang dipakai dalam percakapan dalam suatu kelompok tertentu. 

Ciri-Ciri Slogan

Menurut Pardijimin (2005:33) bahwa ciri-ciri slogan berupa kelompok kata atau kaliamt pendek yang menarik, mencolok dan mudah diingat yang bertujuan memberitahukan tujuan/visi suatu organisasi, kegiatan, perusahaan, dan golongan. 

Isi Slogan menggambarkan visi, tujuan dan harapan dari sebuah kegiatan atau organisasi perusahaan. Slogan dibuat untuk menginformasikan suatu hal. Kata slogan disusun sedimikian rupa untuk mempengaruhi pembaca. Adapun ciri-ciri slogan antara lain: 

1. Kata-katanya Singkat, Menarik, dan Mudah Diingat
Dalam sebuah slogan baik itu berbentuk tulisan atau lisan, penggunaan kata di dalamnya berisi kata yang singkat dan menarik yaitu kata-kata dalam slogan menarik untuk dibaca. Dengan menggunakan pilihan kata, kemudian dari penggunaan kata-kata yang singkat, seseorang yang melihat akan mudah mengingat tulisan pada slogan yang dimaksud.  Tidak semua dalam memberitahukan atau menginformasikan dalam kata yang singkat tersebut diartikan sebagai ciri-ciri slogan atau karatekristik slogan.

2. Merupakan Semboyan Suatu Organisasi atau Masyarakat
Merupakan semboyan suatu organisasi atau masyarakat Slogan selain berfungsi sebagai alat/media informasi dan slogan biasanya berupa semboyan untuk menjelaskan tujuan suatu organisasi tertentu dalam bentuk perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar .tuntunan /pegangan hidup. Berikut salah satu contoh slogan yang berisi semboyan yang sering kita dengar.

Kesimpulan: Ciri-Ciri Slogan
Adapun ciri-ciri slogan antara lain: 
  • Biasanya berisi kata-kata yang mudah diingat dan menarik
  • Slogan dapat berupa klausa,frase, kalimat ataupun motto
  • Slogan juga dapat berupa semboyan organisasi atau masyarakat.

Macam-Macam Slogan 

Slogan tidak hanya terdiri dari satu jenis, melainkan slogan terdapat macam-macam yang dilihat dari sifat slogan tersebut atau pembahasan slogan itu. Adapun macam-macam slogan antara lain: 

1. Slogan Pendidikan
Pengertian slogan pendidikan adalah suatu slogan yang sering ditemukan di sekolah khususnya di ruang kelas yang bertujuan untuk memotivasi untuk meningkatkan semangat belajar serta untuk memberikan informasi yang sifatnya menambah pengetahuan. 

2.Slogan Lingkungan
Slogan lingkungan sering kita temui di pinggir jalan ataupun tempat lainnya. Tujuan slogan lingkungan biasanya untuk mengajak masyarakat menjaga dan mencinti lingkungan sekitar. 

3. Slogan Produk
Pengertian Slogan Produk adalah suatu slogan yang sering ditemukan disejumlah produk yang menjadi nilai tambah untuk menarik konsumen untuk tujuan produk tersebut menjadi laris. 

4. Slogan Kesehatan
Pengertian Slogan Kesehatan adalah suatu slogan yang digunakan untuk mensosialisasikan sejumla tips dan dampak yang berbahaya bagi tubuh secara sederhana. 

Tujuan Slogan

Adapun tujuan slogan yaitu:
  • Untuk mempengaruhi orang lain
  • Untuk menyampaikan informasi
  • Untuk memotivasi orang lain
  • Untuk menyadarkan masyarakat
  • Untuk menghimbau orang lain

Cara Menulis Slogan

Slogan merupakan media informasi yang mengajak, pesan dan juga berisi imbauan. Hal itu sering ditemukan di tempat-tempat umum, berupa pengumuman yang bertujuan mempengaruhi pembaca agar melakukan suatu tindakan. Di dalam menyusun slogan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan langkah atau cara menyusun slogan yang dikemukakan menurut Sukini (2005:163) berikut ini.
  • Menentukan visi dan tujuan.
  • Menggambarkan tujuan dengan kalimat singkat dan mudah diingat masyarakat.
  • Pilihlah kata yang menarik

Kriteria Penulisan Slogan

Sebelum mengawali dalam menulis slogan, terdapat beberapa kriteria yang wajib  diperhatikan. Adapun kriteria penulisan slogan menurut Laksono (2008:141) adalah: 
  1. Kepadatan isi/singkat (slogan yang ditulis harus singkat, padat, dan jelas);
  2. Kesesuaian slogan dengan tujuan yang ditentukan;
  3. Keaslian slogan (slogan yang dibuat tidak meniru dari slogan yang telah ada)

Definisi Slogan adalah bentuk penyampaian informasi atau pemberitahuan. Pada umumnya, slogan ditulis dalam kalimat yang pendek dan juga menarik, mudah diingat, persuasi, singkat.  Tujuan menulis Slogan adalah untuk menegaskan sebuah pemikiran atau prinsip. Menurut Depdiknas bahwa penulisan slogan dibuat dalam bentuk yang memikat untuk menarik perhatian pembacanya yang merupakat alat atau media dalam memberitahukan sesuatu hal yang bertujuan kepada masyarakat atau khayalak ramai mengetahuinya.  Slogan adalah bentuk iklan yang selalu ada. Hal itu dapat ditemukan di iklan media audio maupun dalam visual. Hal itu lantaran "Fungsi Slogan" adalah untuk memberikan daya pikat agar konsumen peansaran dengan produk yang dipasarkan. Tidak hanya itu, makna slogan adalah berisi gagasan atau informasi yang ingin disampaikan oleh pengiklan melalui dengan memberikan slogan kepada konsumen akan suatu produk mereka.
Ilustrasi: Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli

Demikianlah informasi Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli. Semoga inforamsi ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita dan mengetahui sejumlah slogan dan tujuan dari slogan itu serta mampu mengkoreksi slogan yang tidak sesuai dengan metode dan kriteria menulis slogan. Tidak hanya itu, mampu menulis slogan. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli