l Pengertian Power Supply, Jenis, Fungsi, Komponen & Cara Kerja Power Supply Komputer | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Power Supply, Jenis, Fungsi, Komponen & Cara Kerja Power Supply Komputer


Advertisement
Advertisement

Secara umum pengertian Power Supply adalah sebuah perangkat atau sistem yang memasok listrik atau energi ke output yang dihubungkan pada beban atau kelompok beban. Perangkat elektronika mestinya dicatu oleh Power Supply DC (Drect Current) yang stabil demi tujuan agar dapat bekerja yang lebih baik. Baterai merupakan suatu sumber power supply DC yang sangat baik. Akan tetapi, untuk menggunakan aplikasi tersebut membutuhkan daya lebih besar, daya dari baterai tidak mencukupi.

Catu daya DC  atau biasa disebut dengan Power Supply merupakan suatu rangkaian elektronik yang dapat mengubah arus listrik bolak-balik menjadi arus listrik searah. Catu daya menjadi bagian yang berperan penting dalam dunia elektronika. 

Fungsi Catu Daya DC atau Fungsi Power Supply adalah sumber tenaga listrik dan sebagai perangkat pemasok energi listrik untuk satu atau lebih beban listrik.

Catu daya atau power Supply adalah sebuah peralatan penyedia tegangan atau sumber daya untuk peralatan elektronika dengan prinsip mengubah tegangan listrik yang tersedia dari jaringan distribusi transmisi listrik menuju level yang diinginkan sehingga berimplikasi pada pengubahan daya listrik. Dalam sistem pengubahan daya.

Pada umumnya, prinsip rangkaian Power Supply terdiri dari komponen utama yakni transformator, dioda dan kondensator. Selain itu, komponen-komponen pendukung dari Power Supply yang memberikan fungsi yang sangat baik bagi Power Supply diantaranya: Saklear, lampu indicator, plug, sekering (fuse), dan jack, printed, kabel dan Circuit Board (PCB). Baik komponen utama maupun akan komponen pendukung sama-sama memiliki peran dalam suatu rangkaian catu daya atau power Supply. 

Jika suatu catu daya bekerja dengan beban maka terdapat keluaran tertentu dan jika beban tersebut dilepas maka tegangan keluar akan naik, persentase kenaikan tegangan dianggap sebagai regulasi dari catu daya tersebut. Regulasi adalah perbandingan perbedaan tegangan yang terdapat pada tegangan beban penuh.

Agar tegangan keluaran catu daya lebih stabil, dapat digunakan suatu komponen IC yang disebut IC regulator, misalnya IC Regulator 7812 atau IC Regulator 7805. Hal ini memungkinkan keluaran DC catu daya dapat dibentuk sesuai kebutuhan

Secara garis besar, pencatu daya listrik dibagi menjadi dua macam, yaitu pencatu daya tak distabilkan dan pencatu daya distabilkan. Pencatu daya tak distabilkan merupakan jenis pencatu daya yang paling sederhana. Pada pencatu daya jenis ini, tegangan maupun arus keluaran dari pencatu daya tidak distabilkan, sehingga berubah-ubah sesuai keadaan tegangan masukan dan beban pada keluaran. 

Pencatu daya jenis ini biasanya digunakan pada peranti elektronika sederhana yang tidak sensitif akan perubahan tegangan. Pencatu jenis ini juga banyak digunakan pada penguat daya tinggi untuk mengkompensasi lonjakan tegangan keluaran pada penguat. Pencatu daya distabilkan pencatu jenis ini menggunakan suatu mekanisme lolos balik untuk menstabilkan tegangan keluarannya, bebas dari variasi tegangan masukan, beban keluaran, maupun dengung. 

Fungsi Power Supply pada Komputer

Power Supply dalam bahasa Indonesia memiliki pengertian yang berarti "Sumber Daya". Fungsi Power Supply pada Komputer sangat beragam. Akan tetapi, salah satu fungsi Power Supply pada Komputer adlaah memberikan gaya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware yang terdapat dalam chasing suatu komputer.  Adapun sumber energi listrik yang berasal dari luar masih dalam bentuk alternating current atau disebut sebagai AC. 

Pada dasarnya, saat energi listrik masuk ke dalam Catu Daya atau Power Supply, maka energi listrik tersebut kemudian akan dikonversi ke dalam bentuk direct current (DC). Daya DC tersebut yang disalurkan seluruh komponen yang terdapat dalam chasing komputer yang berfungsi memberikan kinerja terbaik dalam seluruh komponen yang terdapat dalam komputer. 

Cara Menstabilkan Tegangan Keluaran 

Diketahui terdapat dua jenis cara yang digunakan dalam menstabilkan tegangan keluaran pada Power Supply antara lain: 
  1. Pencatu daya Linier. Pengertian pencatu daya linier atau Power Supply Linier adalah jenis pencatu daya yang kerap digunakan dengan kerja mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain yang lebih kecil dengan menghadirkan bantuan Transformator. Tegangan tersebut diserahkan dengan menggunakna rangkaian penyearah tegangan, dan di bagian akhir ditambahkan kondensator sebagai penghalus tegangan sehingga tegangan DC yang dihasilkan oleh pencatu daya jenis ini tidak terlalu bergelombang. Selain itu, tidak hanya menggunakan Diode sebagai penyearah, melainkan dapat menggunakan juga regulator tegangan linier untuk tujuan dan fungsi yang dapat menghasilkan lebih baik dibandingkan dengan rangkaian yang menggunkana dioda.
  2. Pencatu Daya Sakelar. Pengertian daya sakelar atau Power Supply Saklear adalah pencatu daya bermetode berbeda dengan pencatu daya linier. Jenis ini menggunakan rangkaian langsung disearahkan oleh rangkaian penyearah tanpa menggunakan bantuan dari transformer. 

Jenis-Jenis Power Supply pada Komputer

Diketahui Power Supply merupakan komponen penting yang terdapat dalam komputer. Power Supply juga memiliki jenis-jenis yang beragam terlebih lagi jika didasarkan pada fungsi Power Supply. Berdasarkan fungsi Power Supply pada komputer dibagi kedalam dua jenis. Dua jenis power supply pada komputer itu memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Adapun jenis-jenis power Supply tersebut antara lain: 

1. Power Supply AT
Pengertian Power Supply AT adalah power Supply yang sudah jarang digunakan di Komputer. Jenis Power Supply AT biasa ditemukan pada komputer jenis pentium II dan III. Namun untuk sekarang, jenis Power Supply AT sudah sangat sulit ditemukan bahkan yang memiliki 12 Pin Konektor atau kerap disebut AT Konektor Daya. 

Ciri-Ciri Power Supply AT
  • Daya rata-rata dibawah 250 Watt
  • Kabel daya untuk Motherboard terdiri atas 12-8 pin.
  • Saat mematikan komputer atau Shutdown, Komputer tidak benar-benar mati melainkan pengguna PC harus menekan tombol on/off yang terdapat di Power Supply komputer. 
2. Power Supply Jenis ATX untuk jenis power supply ATX lebih simple dibandingkan dengan power supply  jenis AT sering dipakai oleh komputer pentium IV keatas, untuk psu jenis ini kabel konektor dengan mobo sudah menjadi satu dengan jumlah total 20 pin. maka dari itu power supply jenis ini sering juga disebut dengan ATX 20 pin, untuk pemasangan psu ini tergolong sangat mudah karena apabika pemasangan konektor salah maka kabel konektor tidak akan mau masuk atau menyatu dengan motherboard.

Ciri-ciri Power Supply ATX:
  • Kabel power untuk motherboard terdiri dari 20 pin
  • ketika shutdown PC akan otomatis sepenuhnya mati
  • daya yang dipakai lebih besar

Komponen Power Supply

Mengacu pada pengertian power supply, perangkat keras ini berfungsi mengubah arus AC menjadi arus DC dan menyalurkannya ke berbagai komponen komputer di dalam chasing. Untuk membentuk tegangan maka dibutuhkan beberapa komponen power supply, yaitu:
  • LED. Pengertian LED pada Power Supply adalah komponen sejenis diode semikonduktor yang memiliki keistimewaan.
  • Resistor. Pengertian Resistor adalah perangkat yang membantu Power Supply dalam menurunkan tegangan, membagi tegangan, dan membatasi arus listrik yang masuk, sehingga akan dapat mengontrol perangkat-perangkat keras yang ada pada motherboard.
  • Dioda. Pengertian Ini adalah gabungan dari dua kata elektroda, yaitu anoda dan katoda. Sifat dari dioda yaitu menghantarkan arus pada tegangan maju dan menghambat arus pada aliran tegangan balik.
  • Kapasitor. Pengertian Kapasitor berfungsi sebagai penyempurna penyerahan dari tegangan arus AC ke tegangan arus DC.
  • Transformator. Pengertian Transformator merupakan komponen di dalam pada Power Supply yang digunakan untuk memindahkan tenaga listrik antar dua rangkaian listrik atau lebih melalui induksi elektromagnetik.
  • IC regulator. Pengertian IC Regulator berfungsi untuk mengatur tegangan pada rangkaian elektronika selalu tetap stabil.
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Power Supply, Jenis-Jenis, Fungsi, Komponen dan Cara Kerja Power Supply. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita sehingga dalam menggunakan computer tidak asal menggunakannya atau memfungsikannya. 

Secara umum pengertian Power Supply adalah sebuah perangkat atau sistem yang memasok listrik atau energi ke output yang dihubungkan pada beban atau kelompok beban. Perangkat elektronika mestinya dicatu oleh Power Supply DC (Drect Current) yang stabil demi tujuan agar dapat bekerja yang lebih baik. Baterai merupakan suatu sumber power supply DC yang sangat baik. Akan tetapi, untuk menggunakan aplikasi tersebut membutuhkan daya lebih besar, daya dari baterai tidak mencukupi.
Ilustrasi: Pengertian Power Supply, Jenis, Fungsi, Komponen 
& Cara Kerja Power Supply Pada Komputer

Melainkan juga mengetahui seluruh komponen yang terdapat dalam computer misalnya power supply. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Power Supply, Jenis, Fungsi, Komponen & Cara Kerja Power Supply Komputer