l Pengertian Simulasi Digital, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh & Manfaat Simulasi Digital | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Simulasi Digital, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh & Manfaat Simulasi Digital


Advertisement
loading...

Advertisement

Pengertian Simulasi - Secara Umum, simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi atau menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem yang nyata. Ide tersebut berawal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata yang dilakukan secara matematis, kemudian dengan mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan pada akhirnya membuat suatu kesimpulan dan membuat keputusan yang didasarkan pada hasil dari simulasi. 

Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh atau dirubah hingga keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi kebijakan utama suatu keputusan yang diuji cobakan dalam sistem model. Menurut Pusat Bahasa Depdiknas (2005) simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan (imakan) yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. 

Sedangkan pengertian digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani diartikan jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0. Olehnya itu, digital merupakan suatu penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner).

Simulasi digital merupakan salah satu mata pelajaran baru semua kompetensi keahlian pada kurikulum 2013, juga merupakan kompetensi sebagai suatu keahlian dalam TKJ (Teknik Jaringan Komputer).

Pembelajaran Simulasi Digital adalah media pembelajaran yang digunakan untuk mengalami perkembangan dari media cetak dalam bentuk buku hingga media audio visual yang ditampilkan melalui suatu jaringan internet yang dapat diakses secara online. Internet mempunyai banyak fasilitas yang dipergunakan untuk terbentuknya suatu sistem pembelajaran yang baru atau yang kadang lebih populernya disebut dengan pembelajaran berbasis web atau e-learning.

Perancangan pembelajaran simulasi digital diawali dengan adanya identifikasi kebutuhan belajar siswa mandiri dan online. Terdapat tiga aspek yang menjadi pengujian terkait e-learning Simulasi Digital yang baru dibuat yakni desain web, sintag pembelajaran, dan materi-materi simulasi digital, dan masing-masing aspek akan dimintai berupa tanggapannya kepada ahli web desain, ahli evaluasi dan ahli materi.

Perlu diketahui bahwa terdapat lima kompetensi dasar yang dipelajari dalam pembelajaran simulasi digital yakni komunikasi dalam jaringan (komunikasi daring), kelas maya, simulasi visual, presentasi video, buku digital. 

Lalu, apakah pengertian Simulasi Digital

Pengertian Simulasi Digital: Apa itu Simulasi Digital? 

Pengertian Simulasi Digital dalam pembelajaran adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan bahan ajar berbasis web.
Berdasarkan diskusi tersebut, terdapat beberapa pihak industri dengan melihat perkembangan teknologi dan juga kebutuhan tenaga kerja yang didasarkan pada kompetensi yang dibutuhkan pihak dari industri saat ini.

Menurut Muntoha dkk, (2010: 195) bahwa pengertian simulasi digital adalah perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan telah menggeser suatu penyampaian materi dengan metode ceramah ke arah penggunaan media pembelajaran. 

Manfaat Simulasi Digital 

Modul 1: Pemanfaatan Jejaring Sosial untuk Pembelajaran Edmodo
  • Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui platform Edmodo.
  • Memudahkan guru untuk memberi tugas kepada murdinya melalui platform Edmodo.
  • Selain itu, simulasi digital berfungsi untuk memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi murid.
  • Melakukan ujian via online lebih mudah dikarenakan tidak membutuhkan biaya lagi untuk penyewaan hosting karena platform Edmodo ini gratis.
  • Selain itu, orang tua dengan memantau anaknya via Edmodo karena terdapat akses yang di sediakan oleh Edmodo untuk orang dll. 
Modul 2: Penggunaan Perangkat Komunitas Online
  • Menggunakan Perangkat Komunikasi Online dengan membantu proses belajar atuapun sharing.
  • Menjadikan komunikasi lebih efektif via Online dll.
Modul 3: Pembuatan Presentasi Video
  • Dengan cara membuat Presentasi yang baik dan benar.
  • Mampu mempresentasikan produknya dengan khalayak umum.
  • Mampu membuat produk yang baik, yang dapat bermanfaat dan benar dll.
  • Modul 4: Pembuatan Simulasi Visual
  • Membuat modeling benda dalam bentuk yang memberikan animasi yang menarik dan lain-lain.
  • Membuat visualisasi benda yang dilakukan secara ri'il dalam bentuk yang dilakukan dengan tiga dimensi.
  • Dapat bermain dengan aplikasi Blender Opensource.
Model 5: Buku Digital
  • Membuat konten buku yang menarik dan bermanfaat.
  • Packing buku yang dapat lebih menarik dan bermanfaat dan lain-lain.
  • Selain itu, memasukkan video dan juga audio yang ada dalam buku. 

Jenis-Jenis Simulasi Digital 

Adapun macam-macam jenis simulasi digital antara lain: 

a. Simulasi Analog
Simulasi analog adalah simulasi yang pelaksanaanya menggunakan suatu rangkaian elektronika analog, misalnya pembalik, penjumlah, pembanding dan operasional amplifier untuk integrasi. 

b. Simulasi Hybrid
Simulasi hybrid adalah simulasi yang bergerak dengan adanya gabungan rangkaian elektronika analog dan komputer digital.

c. Simulasi Digital
Simulasi digital adalah simulasi yang pelaksanaannya menggunakan komputer digital.

Tujuan Simulasi Digital 

Tujuan dari Simulasi Digital yang merupakan mata pelajaran ini antara lain: 
  • Penanaman sikap berbagi pakai atau sharing kepada pihak lain.
  • Pengetahuan dan keterampilan bagi segenap siswa untuk membentuk kreativitasnya dengan membuat jejaring informasi dengan pihak lain yang berfungsi meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.
  • Memberikan gagasan atau penjelasan produk terhadap suatu benda yang berasal dari hasil karya orang lain melaui perangkat media digital.

Manfaat Simulasi Digital 

Terdapat beberapa macam manfaat dari Simulasi Digital sebagai suatu contoh yang diterapkan, antara lain: 
  • Memudahkan pendidik atau guru dalam memberi tugas kepada muridnya.
  • Hadirnya simulasi digital memberikan manfaat dalam memudahkan proses kegiatan belajar mengajar.
  • Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar. 
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Simulasi Digital, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh & Manfaat Simulasi Digital. Semoga informasi dapat bermanfaat bagi kehidupan sekitar kita, khususnya dapat membantu dalam menyelesaikan segala permasalahan sekolah.

Pengertian Simulasi - Secara Umum, simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi atau menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu sistem yang nyata. Ide tersebut berawal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata yang dilakukan secara matematis, kemudian dengan mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan pada akhirnya membuat suatu kesimpulan dan membuat keputusan yang didasarkan pada hasil dari simulasi.  Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh atau dirubah hingga keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi kebijakan utama suatu keputusan yang diuji cobakan dalam sistem model. Menurut Pusat Bahasa Depdiknas (2005) simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan (imakan) yang mirip dengan keadaan sesungguhnya.  Sedangkan pengertian digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani diartikan jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0. Olehnya itu, digital merupakan suatu penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Simulasi digital merupakan salah satu mata pelajaran baru semua kompetensi keahlian pada kurikulum 2013, juga merupakan kompetensi sebagai suatu keahlian dalam TKJ (Teknik Jaringan Komputer).
Ilustrasi: Pengertian Simulasi Digital, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh & Manfaat Simulasi Digital

Namun ingat yah teman-teman untuk selalu menuliskan sumbernya dan juga kembangkanlah informasi ini agar adanya interaksi antara penulis dan teman-teman sehingga lahirlah formula yang baik dan juga benar terkait Simulasi Digital. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Simulasi Digital, Fungsi, Tujuan, Jenis, Contoh & Manfaat Simulasi Digital