l Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli


Advertisement
Advertisement

Dalam mempelajri ilmu pengetahuan pengamatan pada lingkungan sekitar, dan menjadi fokus perhatian kita adalah lingkungan sekitar. Alam semesta merupakan salah satu daerah pengamatan bagi segenap para peneliti ilmu pengetahuan alam. 

Sedangkan dalam interaksi sesama manusia dipelajari para ilmu sosial. Salah satu bagian dalam ilmu pengetahuan alam adalah ilmu kimia. Ilmu kimia merupakan daerah yang dipelajari oleh ahli kimia. Hal demikian berkaitan erat dengan struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. 

Ilmu Kimia telah menghantarkan produk-produk baru yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam kehidupan sehari-hari banyak produk yang telah kita pergunakan misalnya, sabun, kosmetik, deterjen, dan pasta gigi.

Sejarah Ilmu Kimia


Sekitar tahun 3500 SM, di Mesir Kuno sudah mempraktekkanreaksi kimia (misal : cara membuat anggur, pengawetanmayat). Kemudian abad  ke-4  SM,  para  filosofis  Yunani  yaitu Democritus  dan  Aristoteles  mencoba  memahami  hakekat materi. Menurut Democritus adalah setiap materi terdiri dari partikel kecil yang disebut atom. 

Sedangkan menurut Aristoteles adalah materi terbentuk dari 4jenis unsur yaitu : tanah, air, udara dan api. Sedangkan pada abad pertengahan (tahun 500-1600), yang dipelopori oleh para ahli kimia Arab dan Persia. Kimia lebih mengarah ke segi praktis. Dihasilkan berbagai jenis zat misalnya alkohol, arsen, zinkasam iodida, asam sulfat dan asam nitrat. 

Nama ilmu kimia lahir, dari kata dalam bahasa Arab(al-kimiya = perubahan materi) oleh ilmuwan Arab bernama Jabir ibn Hayyan (tahun 700-778). Hingga pada abad ke-18, muncul istilah Kimia Modern. Dipelopori olehahli kimia Perancis Antoine Laurent Lavoisier (tahun1743-1794) yang berhasil mengemukakan hukum kekekalan massa.

Pengertian Kimia: Apa itu Kimia? 

Pengertian kimia secara umum adalah ilmu yang mempelajari mengenai materi (bahan kimia) dalam suatu struktur dan perubahan. Maksud dari perubahan adalah perubahan struktur dan perubahan energi. 

Pengertian Selengkapnya Ilmu Kimia
Secara lengkap, Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang:
1. Susunan Materi
Mencakup komponen-komponen pembentuk materi dan perbandingan tiap komponen tersebut.
2. Struktur Materi
mencakup struktur partikel-partikel penyusun suatu materi atau menggambarkan bagaimana atom-atom penyusun materi tersebut saling berikatan.
3. Sifat Materi
Mencakup sifat fisis (wujud dan penampilan) dan sifat kimia. Sifat suatu materi yang dipengaruhi oleh susunan dan struktur dari materi.
5. Energi menyertai perubahan materi
Menyangkut banyaknya energi yang menyertai sejumlah materi dan asal-usul energi itu. 

Pengertian Kimia Menurut Para Ahli

1. Pengertian Kimia Menurut Chang 
Pengertian Kimia menurut Chang (2005: 3) yang mendefinisikan ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Zat-zat yang terlibat dalam perubahan kimia yaitu unsur dan senyawa. Untuk mengetahui ciri dari suatu unsur dan senyawa dapat diketahui dari sifat-sifat kimia dan fisis. Sifat kimia adalah sifat yang dapat ditunjukan dengan melalui perubahan kimia sedangkan sifat fisis merupakan sifat yang dapat diamati tanpa mengubah susunan zatnya. 

2. Pengertian Kimia Menurut KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) bahwa pengertian kimia adalah ilmu tentang susunan, sifat dan reaksi suatu unsur atau zat. Artinya KBBI adalah suatu yang berhubungan dengan susunan, sifat dan reaksi zat atau unsur termasuk dalam kimia. 

3. Pengertian Kimia Menurut Wikipedia
Menurut Wikipedia, pemgertian kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. 

Ilmi kimia terdiri atas topik-topik misalnya sifat-sifat atom, cara atom dalam membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui suatu gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk suatu zat-zat yang berbeda. 

4. Pengertian Kimia Menurut Brady
Menurut Brady, pengertian kimia adalah ilmu terkait bahan kimia yang mencakup benda di sekitar kita. Ilmu kimia didefinisikan ilmu murni yang membahas bahan-bahan yang terdapat di alam semesta, interaksi di antaranya terdapat perubahan energi yang berhubungan dengan adanya perubahan alam.

Definisi kimia juga mencakup akan perubahan atau transformasi serta interaksi dalam menbentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kimia juga membahas akan pemahaman sifat dan juga interaksi suatu atom individu. Hal itu tidak lain, untuk tujuan menerapkan pengetahuan. 


Reaksi kimia adalah reaksi yang mengubah bentuk fisik dan struktur kimia dari suatu zat.  Sebelum itu, beberapa orang terkadang menyamakan dan bahkan sulit membedakan antara arti reaksi kimia dan pengertian dari reaksi fisika. 

Jika demikian tersirat, maka tentunya  hal tersebut wajar dan menjadi sebuah penggerak dalam mempelajari ilmu kimia atau secara umum tentang sains.

Penjelasan mengenai perbedaan keduanya dapat dilihat dari contoh reaksi berikut:. 

1. Air membeku dan es mencair
2. Air menguap dan uap air mengembun
3. Tape menjadi asam
4. Kertas dibakar menjadi abu
5. Metabolism karbohidrat menjadi air dan karbon dioksida. 

Benar. Yang termasuk ke dalam reaksi kimia adalah reaksi yang bernomor 3, 4, dan 5 dan juga reaksi fisika adalah bernomor 1 dan 2. Namun pertanyaannya, apa perbedaan dari reaksi kimia dan reaksi fisika pada contoh tersebut. 

Perlu diketahui, pengertian reaksi fisika adalah reaksi yang hanya mengubah suatu bentuk fisik materi, tidak mengubah struktur kimianya. Pada contoh diatas, es, air cair, dan uap air sama mempunyai rumus kimia H2O. 

Sedangkan untuk reaksi kimia, dimana Susu yang mulanya manis menjadi asam jelas terdapat perubahan struktur kimia pada susu tersebut. Seperti halnya contoh yang terdapat diatas yang bernomor 4 dan 5. Perubahan struktur kimia zat ditandainya dengan jika sebuah zat berubah. 

Maka dia tidak akan dapat dikembalikan ke bentuk yang semula. Contohnya nasi yang telah menjadi bubur, tidak dapat bubur menjadi nasi lagi. Dengan demikian, maka nasi yang telah menjadi bubur telah mengalami suatu reaksi kimia. 

Fungsi Ilmu Kimia 

Ilmu kimia berperan dalam peningkatan kesejahteraan manusia dan perkembangan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga, kemajuan ilmu kedokteran, peningkatan produktivitas pertanian, kemajuan teknologi, transportasi, penegakan hukum, kelestarian lingkungan dan kemajuan fotografi dan seni. 

Cabang Ilmu Kimia 

Terdapat sejumlah cabang ilmu kimia. Berikut merupakan beberapa daftar yang terdapat dalam cabang ilmu kimia. 

1. Kimia Analitik
Pengertian kimia analitik adalah suatu cabang ilmu kimia yang membahas analisis zat atau senyawa. Analisi tersebut dapat berupa kualitifatif dan kuantitatif yang terdiri dari sampling, penyiapan sample siap ukur, pemisahan, pengukuran, peralatan untuk keperluan pengukuran dan sebagainya. 

2. Kimia Anorganik 
Secara umum, pengertian kimia anorganik adalah cabang ilmu kimia yang membahas akan unsur-unsur pembentuk senyawa, sifat unsur dan senyawanya, penggunaan dan pembuatannya. 

3. Kimia Fisika
Pengertian kimia fisika adalah cabang ilmu kimia yang membahas akan struktur, sifat dan perubahan kimia suatu zat serta perubahan energi yang menyertai perubahan kimia tersebut. 

4. Kimia Organik Pengertian kimia organik adalah cabang ilmu kimia terkait struktur dan pembentukan senyawa karbon, khususnya reaksi yang terlibat, ikatan, mekanisme reaksi, dan kekuatan ikatan antar atom dalam senyawa karbon tersebut. 

5. BiokimiaPengertian biokimia adalah suatu cabang ilmu kimia yang membahas zat kimia beserta reaksi kimia yang menyertai proses-proses biologi diantaranya proses metabolisme tubuh misalnya lemak, reaksi enzimatik, penguraian atau hidrolisis protein, dan karbohidrat. 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli. Semoga informasi ini menambah pengetahuan kita dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli