l Pengertian Harmoni, Jenis & Contoh Harmoni Dalam Seni Musik dan Seni Rupa | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Harmoni, Jenis & Contoh Harmoni Dalam Seni Musik dan Seni Rupa


Advertisement
loading...

Advertisement

Pengertian Harmoni - Secara etimologi, pengertian harmoni secara harfiah berarti keselarasan. Sedangkan pengertian terminologi harmoni adalah ilmu yang mempelajari keselarasan bunyi dalam bentuk musik dan di dalamnya terdiri dari berbagai macam teori-teori musik yang akhirnya diaplikasikan dalam sebuah karya musik. 

Harmoni adalah suatu cara dalam mengkonstruksikan akor dan bagaimana akor-akor tersebut saling mengikuti satu dengan yang lain. Akor merupakan kombinasi dari tiga atau lebih tone yang berbeda dan dimainkan bersamaan. 

Selain itu, dalam penegertian harmoni secara luas mengacu pada musik Barat, harmoni adalah ilmu yang mempelajari cara mengkombinasikan atau menggabungkan nada secara serentak hingga menjadi sebuah akor. 

Hal itu sehingga dengan mempelajari penggunannya secara berurut akan menghasilkan akor yang sesuai dengan suatu rangkaian melodi pada suatu lagu. Lagu itu dapat terdengar sebagai musik yang selaras dan indah. 

Dalam musik barat, Harmoni terkait pada aspek musik secara vertikal. Maksudnya, dimana harmoni adanya perpaduan dari beberapa nada dalam satu hitungan/ketukan secara serentak ataupun bersamaan. Sedangkan melodi adalah pada aspek horizontal dari musik tersebut. 

Olehnya itu, dalam musik terdapat suatu unsur yang mampu untuk dipelajari dan juga diteliti secara ilmiah. Salah satunya unsur atau elemen yang penting yang ada dalam musik harmoni. 

Olehnya itu, membahas mengenai definisi harmoni yang berasal dari tradisi musik Eropa, maka dapat dikatakan bahwa harmoni sebagai salah satu elemen dari musik yang dapat dipelajari. 

Pengertian Harmoni Menurut Para Ahli

Menurut Bonoe (2003:180) bahwa pengertian harmoni adalah cabang ilmu pengetahuan musik yang membahas dan juga membicarakan terkait keindahan komposisi musik. 

Menurut Malm (1996:15) bahwa Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan secara bersama-sama pada umumnya disebut dengan akord. 

Ditinjau dari sudut pandang estetika musik, harmoni menjadi suatu ide, gagasan tentang kebudayaan kehidupan manusia. Ketenangan, kedamaian, keberanian, kepahlawanan, nasionalisme, dan lain-lain sebagainya yang menjadi bagian dinamika kehidupan manusia disimbolkan dalam bentuk-bentuk akor dan progresinya. 

Oleh karena itulah, maka harmoni musik memiliki fungsi yang menggambarkan keindahan budaya manusia secara universal. Dan harmoni menjadi suatu teori yang mudah dipelajari, sekaligus darinya dapat dipelajari cara bagaimana suatu keindahan direncanakan dan ditemukan.

Seperti pada umumnya bidang seni, ilmu harmoni sebaiknya dipelajari dengan cara berpikir holistik dan intuitif. Dengan cara berpikir holistik, maka usaha memproduksi musik secara tertulis menjadi suatu bentuk yang imajiner. Karena proses intuitif menghasilkan suatu hasil seni yang imajinatif.

Teori harmoni dimulai dari pembentukan triad atau akor tiga nada, baik dalam tangga nada mayor maupun dalam tangga nada minor. Akor-akor pokok seperti akor tonika, sub-dominan dan akor dominan adalah bentuk keselarasan nada-nada yang disusun secara vertikal berdasarkan tangga nada. 

Dan akor-akor pokok inilah yang sebenarnya memiliki kedudukan dan peranan yang sentral dalam seluruh karya musik. Karena akor-akor pokok ini pada umumnya memiliki fungsi atau pengaruh yang kuat, luas, dan tegas, sekaligus memiliki sifat yang tenang, sehingga akor-akor ini pada umumnya dijadikan sebagai tempat singgah yang Utama.

Macam Jenis Akor Dalam Harmoni

Macam dari akor-akor yang pokok itu adalah akor tonika, sub-dominan, dan akor dominan. Jenis masing-masing akor pokok ini adalah sebagai berikut, pertama, akor tonika, yaitu akor tingkat I dalam tangga nada mayor,dan akor tingkat i dalam tangga nada minor. Kedua, akor sub-dominan , yaitu akor tingkat IV dalam tangga nada mayor, akor tingkat iv dalam tangga nada minor. Ketiga, akor dominan yaitu akor tingkat V mayor, v minor. 

Pengertian Harmoni - Secara etimologi, pengertian harmoni secara harfiah berarti keselarasan. Sedangkan pengertian terminologi harmoni adalah ilmu yang mempelajari keselarasan bunyi dalam bentuk musik dan di dalamnya terdiri dari berbagai macam teori-teori musik yang akhirnya diaplikasikan dalam sebuah karya musik.  Harmoni adalah suatu cara dalam mengkonstruksikan akor dan bagaimana akor-akor tersebut saling mengikuti satu dengan yang lain. Akor merupakan kombinasi dari tiga atau lebih tone yang berbeda dan dimainkan bersamaan.  Selain itu, dalam penegertian harmoni secara luas mengacu pada musik Barat, harmoni adalah ilmu yang mempelajari cara mengkombinasikan atau menggabungkan nada secara serentak hingga menjadi sebuah akor.  Hal itu sehingga dengan mempelajari penggunannya secara berurut akan menghasilkan akor yang sesuai dengan suatu rangkaian melodi pada suatu lagu. Lagu itu dapat terdengar sebagai musik yang selaras dan indah.  Dalam musik barat, Harmoni terkait pada aspek musik secara vertikal. Maksudnya, dimana harmoni adanya perpaduan dari beberapa nada dalam satu hitungan/ketukan secara serentak ataupun bersamaan. Sedangkan melodi adalah pada aspek horizontal dari musik tersebut.
Ilustrasi: Pengertian Harmoni, Jenis & Contoh Harmoni Dalam Seni Musik dan Seni Rupa

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Harmoni, Jenis, & Contoh Harmoni Seni Musik dan Rupa. Sekian informasi tersebut, semoga semakin menambah pengetahuan berpikir kita agar mampu menyongsong hidup yang lebih berseni dan juga dapat memetakan peradaban seni musik dan seni rupa agar bermanfaat bagi masyarakat. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Harmoni, Jenis & Contoh Harmoni Dalam Seni Musik dan Seni Rupa