Artikel Belajar dan Bermanfaat

Sunday 27 May 2018

Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi

Pengertian Presipitasi - Presipitasi adalah curah hujan atau turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dan laut dalam bentuk yang tidak seragam atau berbeda antara lain curah hujan di daerah tropis dan curah hujan serta salju dan di daerah beriklim sedang.

Terjadinya Presipitasi merupakan suatu peristiwa klimatik yang memiliki sifat alamiah. Maksudnya bahwa Presipitasi adalah perubahan bentuk dari uap air di atmosfer menjadi curah hujan sebagai akibat proses kondensasi

Presipitasi adalah faktor utama yang mengendalikan berlangsungnya daur hidrologi dalam suatu wilayah (merupakan elemen utama yang perlu diketahui mendasari pemahaman tentang kelembaban tanah, proses peresapan air tanah, dan debit aliran).

Presipitasi mempunyai banyak karakteristik yang dapat mempengaruhi produk akhir suatu hasil perncanaan pengelolaan daerah aliran sungai (DAS). 

Besar kecilnya presipitasi, waktu berlangsungnya hujan, dan ukuran serta intensitas hujan yang terjadi, baik secara sendiri-sendiri atau merupakan kombinasi akan mempengaruhi kegiatan pembangunan wilayah.

Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Presipitasi Menurut Triatmodjo (2008) 
Menurut Triatmodjo (2008) bahwa pengertian Presipitasi adalah turunan air dari atmosfer ke permukaan bumi yang dapat terdiri dari embun, salju, hujan es dan hujan.

Presipitasi untuk daerah tropis, hujan memberikan peran atau fungsi yang besar. Hal itu tampak dimana seringkali hujanlah yang dianggap presipitasi (Triatmodjo, 2008).

2. Pengertian Presipitasi Menurut Sosrodarsono (1976)
Menurut Sosrodarsono (1976) bahwa pengertian presipitasi adalah nama umum dari uap yang mengkondensasi dan jatuh ke tanah dalam rangkaian proses siklus hidrologi.

Pada umumnya, jumlahnya selalu dinyatakan dengan dalamnya presipitasi (mm). Jika uap air yang jatuh berbentuk disebut hujan (rainfall) dan jika berbentuk padat disebut salju (snow).

3. Pengertian Presipitasi Menurut Endang Tituk (dkk:2015)
Menurut Endang Tituk bahwa definisi Presipitasi adalah suatu peristiwa terjadinya proses pengendapan antigen terlalut oleh antibodi. Hal itu, maka presipitasi pada akhirnya antigen terlalut tersebut tidak bergerak dan semakin mudah untuk ditangkap oleh sel fagosit.

4. Pengertian Presipitasi Menurut Sigit Ari Wibowo (2015)
Menurut Sigit Ari Wibowo basuatu peristiwa jatuhnya air dari atmosfer menuju ke permukaan bumi. Bentuk zat cair yang turun dapat berupa embun, salju, kabut, dan hujan.

5. Pengertian Presipitasi Menurut KBBI Berdasarkan KBBI, pengertian Presipitasi adalah 1) Proses pengendapan, baik dari dalam larutan maupun dari udara permukaan ke permukaan bumi; 2) kandungan kelembapan udara yang berbentuk cairan atau bahan padat, seperti hujan, embun salju; buatan Met hujan yang berasal dari berbagai jenis awan yang dipilih sebagai hasil usaha manusia

Macam-Macam Pengertian Presipitasi 

1. Pengertian Presipitasi Dalam Siklus Hidrologi
Dalam siklus Hidrologi, presipitasi diartikan turunnya air dari atmosfer bumi menuju permukaan laut dan permukaan bumi dalam bentuk yang berbeda-beda.

2. Pengertian Presipitasi Kimia Pada aspek kimia, definisi Presipitasi adalah mengendapnya kandungan zat larutan disebabkan adanya reaksi kimia.

Arti Presipitasi dalam kimia tersebut ternyata, presipitasi dapat dipercepat dengan cara mengurangi kadar zat pelarutnya atau dengan menambahkan agen presipitasi misalnya TCA. Hal demikian merupakan salah satunya yang dimanfaatkan dalam pengolahan limbah cair.

3. Pengertian Presipitasi Biologi
Dalam Biologi, presipitasi memiliki pengertian yang berbeda dengan arti presipitasi dalam Kimia dan juga siklus hidrologi.

Pengertian Presipitasi biologi adalah suatu proses yang pengendapan terjadi ketika suatu zat terpisah dari larutannya. Misalnya presipitasi antibodi yang mana antibodi mengendapkan molekul antigen dengan bentuk gumpalan yang tidak larut. Olehnya itu, antigen-antigen dicerna dan ditelan oleh sel-sel fagosit. 

Istilah-Istilah Terkait Dengan Presipitasi

  1. Durasi hujan (duration of rainfall) adalah lamanya presipitasi berlangsung. Satuannya menit atau jam
  2. Frekuensi hujan (return periode).adalah banyak kejadian hujan berlangsung, umumnya dinyatakan dengan periode ulang.
  3. Tebal hujan (rain depth) merupakan jumlah presipitasi yang terjadi, dinyatakan sebagai tebal lapisan air di atas permukaan tanah. Satuannnya mm atau inch.
  4. Intensitas hujan (rainfall intensity) adalah laju presipitasi/ kederasan hujan/intensitas hujan, merupakan kedalaman atau ketinggian air yang jatuh per satuan waktu. Satuannya mm/menit, mm/jam, atau inch/jam.
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi.

Pengertian Presipitasi - Presipitasi adalah curah hujan atau turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dan laut dalam bentuk yang tidak seragam atau berbeda antara lain curah hujan di daerah tropis dan curah hujan serta salju dan di daerah beriklim sedang.  Terjadinya Presipitasi merupakan suatu peristiwa klimatik yang memiliki sifat alamiah. Maksudnya bahwa Presipitasi adalah perubahan bentuk dari uap air di atmosfer menjadi curah hujan sebagai akibat proses kondensasi
Ilustrasi: Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi ktia semua dan membuka cakrawala pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin