Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 17 May 2018

Manfaat dan Peran Bioteknologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Secara Umum, Pengertian Bioteknologi adalah aplikasi organisme atau bagian tubuh organisme ke dalam teknologi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. 

Pemanfaatan organisme atau komponen sbuselulernya dilakukan denga terarah dan terkontrol untuk melibatkan multidisiplin serta aplikasi yang terpadu dengan mikrobiologi, biokimia, biologi sel, fisiologi, genetika molekuler, dan teknik kimia.

Sebagian dari keberhasilan bioteknologi yang menarik perhatian masyarakat adalah rekayasa genetika. Rekayasa genetika merupakan bagian dari bioteknologi modern yang ditemukan oleh watson dan crik tahun 1953 dari model utas ganda DNA.

Sebelumnya masyarakat telah mengetahui bioteknologi tradisional. Bioteknologi tradisional yaitu diterapkan dengan pembuatan minuman anggur dan keju dengan menggunakan mikroba, pemulihan tanaman pangan, atau perkawinan silang pada hewan.

Manfaat Bioteknologi

Secara umum, terdapat banyak manfaat Bioteknologi dalam kehidupan sekitar. Adapun manfaat bioteknologi adalah sebagai berikut... 
  1. Bioteknologi memiliki manfaat dengan mengurangi adanya pencemaran lingkungan. Melalui penerapan proses daur ulang tersebut, bakteri atau mikroorganisme lain.
  2. Selain itu, Bioteknologi memiliki khasiat atau manfaat yang mampu berfungsi dalam mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
  3. Bioteknologi juga dapat menghasilkan berupa obat-obatan yang diketahui lebih murah dengan hasil yang efektif.
  4. Manfaat bioteknologi yang terakhir dapat dengan meningkatkan hasil produksi pertanian, perkebunan, perikanan, karena dapat menimialkan resiko-resiko yang sebelumnya dapat terjadi sebelum penggunaan bioteknologi.
1. Manfaat Bioteknologi dalam Bidang Pandanga dan Pertanian
Manfaat bioteknologi bagi kehidupan manusia di bidang pangan dan pertanian telah dikenal sejak dahulu. Sejumlah teknologi pada saat itu, ada beberapa yang memiliki fungsi dan tujuan untuk menghasilkan manfaat bioteknologi khususnya pada bidang pangan dan pertanian. Adapun manfaat bioteknologi dalam bidang pangan dan pertanian sebagai berikut..
  1. Memiliki peran penting dalam merakit berbagai varietas unggul baru. Misalnya varietas unggul tahan hama, varietas, unggul tahan cekaman kekeringan dan lain-lain, dan varietas unggul tahan penyakit.
  2. Manfaat Bioteknologi dalam memproduksi bibit dalam kurun waktu yang singkat dengan jumlah yang besar.
  3. Mengatasi permasalahan keterbatasan lahan, seperti dengan menciptakan varietas umur genjah sehingga satu lahan dapat panen beberapa kali dalam satu tahun.
  4. Mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
  5. Dan berbagi teknologi rekaya baru yang terus berkembang dalam upaya untuk meningkatkan dan memperbaiki produksi tanaman dari waktu ke waktu
2. Manfaat Bioteknologi Dalam Bidang MedisSelain memiliki manfaat dalam bidang pangan dan pertanian, bioteknologi juga mempunyai manfaat dalam bidang medis atau kesehatan. Peran bioteknologi sangatlah penting dan telah memiliki sejumlah temuan yang sampai sekarang telah dimanfaatkan oleh seluruh umat didunia.

Prinsip bioteknologi digunakan dalam membuat sejumlah vaksin, hormon, antibiotik dan teknologi pengobatan. Adapun contoh produk dari bioteknologi yang banyak digunakan dalam bidang medis antara lain sebagai berikut...
  1. Penemuan antibiotik penicillin.
  2. Penemuan aneka vaksin.
  3. Penemuan hormon insulin.
  4. Teknologi transfer gen, transflantasi organ dan lain-lain. 
3. Manfaat Bioktenologi dalam Mengatasi Problem Lingkungan
Bioteknologi juga memiliki peran dalam mengatasi masalah-masalah yang ada di lingkungan loh. Kok Bisa?, Iyah bisa. Salah satunya manfaat bioteknologi tersebut adalah penanganan masalah pencemaran. Peran penting dari bioteknologi dalam mencegah dan mengatasi masalah pencemaran lingkungan, yaitu:
  • Mencegah atau mengurangi, prinsip bioteknologi difungsikan dengan menemukan dan juga menghasilkan suatu energi yang ramah terhadap lingkungan misalnya, biogas, bioetanol, dan juga biodiesel.
  • Sedangkan manfaat lain dari biotekologi yakni mengatasi pencemaran, prinsip bioteknologi juga menawarkan teknologi pengolahan sejumlah limbah industri melalui dengan teknologi bioremediasi. 
Demikianlah informasi mengenai Manfaat Bioteknologi Semoga teman-teman dapat menerima dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
Referensi: Pengertian Bioteknologi: Apa itu Bioteknologi ?..

Muhammad Djumhana, 1995. Hukum Dalam Perkembangan Bioteknologi. Penerbit PT Citra Aditya Bakti : Bandung.
Aryulina, Diah; Choirul Muslim, Syalfinaf Manaf, Endang Widi Winarni (2007). Biologi 3 SMA dan MA Untuk Kelas XII. Jakarta: Esis/Erlangga



Manfaat dan Peran Bioteknologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin