l Pengertian Diferensiasi, Jenis, Ciri, & Diferensiasi Menurut Para Ahli | Artikelsiana

Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Diferensiasi, Jenis, Ciri, & Diferensiasi Menurut Para Ahli


Advertisement
loading...

Advertisement

Diferensiasi atau proses pembedaan, apakah ia itu artinya. Dalam hal ini untuk mengutarakan pengertian, jenis atau bentuk, ciri-ciri dan pengertian menurut para ahli, penulis kembali membuka berbagai artikel dan skripsi yang tersebar di Internet.

Jujur saja, diferensiasi yang dipahami secara umum seperti halnya dengan pemahaman penulis cukup jauh saat penulis mencari di Internet. Pengertian diferensiasi juga membuat penulis, lelah memilah pengertian sederhana atau secara umum dari pengertian diferensiasi.

Hal ini disebabkan tidak sedikit terdapat jenis-jenis diferensiasi, seperti yang viral yakni diferensiasi sosial dan diferensiasi produk, yang membuat penulis mencari lagi pengertian umum dari diferensiasi. Pencarian dari berbagai sumber artikel, jurnal dan skripsi tentang diferensiasi membuahkan hasil, hingga tampak pada artikel ini teman-teman mampu mendapatkan informasi pengertian diferensiasi, jenis, ciri, strategi, dan menurut para ahli.

Tidak mengherankan jika terdapat banyak para ahli yang juga mengemukakan mengenai diferensiasi, ada yang memberikan pengertian atau definisi diferensiasi teramat sangat sederhana, juga ada yang memberikan pengertian diferensiasi teramat sangat jelas dan sangat panjang. Hal ini tentunya membuat penulis untuk menyederhanakan tiap kata dari para ahli agar mampu memberikan pemahaman kepada kita semua.

Atas upaya ini, penulis juga bersyukur kepada teman-teman, dikarekan memiliki pengetahuan baru apa itu diferensiasi? atau apa arti diferensiasi atau apa maksud diferensiasi tersebut. Selain itu, lebih kedalam lagi, pembahasan diferensiasi mengenai jenis-jenis diferensiasi atau yang biasa tersebar di Internet biasa disebut bentuk-bentuk diferensiasi. Namun untuk diartikel atau skripsi sejauh pemahaman penulis untuk bentuk atau macam-macam diferensiasi, pada umumnya atau kebanyakan disebut sebagai jenis-jenis diferensiasi.

Selain itu, dalam menghadirkan atau penyebab adanya diferensiasi juga ada yang dikenal dengan tahapan-tahapan diferensiasi atau juga strategi diferensiasi. Sehingga untuk memulainya maka perlu untuk memiliki pemahaman akan strategi diferensiasi itu sendiri.

Pengertian Diferensiasi

DIferensiasi memiliki beragam pengertian, jenis-jenis baik itu sosial dan produk serta contoh-contonya. Tidak hanya itu, ada banyak para ahli yang memberikan pengertian diferensiasi. Adapun pengertian diferensiasi produk menurut Kotler (2007:385) bahwa diferensiasi produk adalah salah satu strategi perusahaan untuk membedakan produknya terhadap pesaing.

Sedangkan menurut Porter bahwa pengertian diferensiasi produk adalah perusahaan tertentu yang memiliki identifikasi merek dan keseimbangan pelanggan, yang disebabkan dari periklanan, pelayanan pelanggan, perbedaan produk dimasa lalu, atau juga sekarang karena perusahaan pertama yang memasuki industri. Sedangkan pengertian diferensiasi sosial adalah suatu pembeda antar masyarakat ke dalam golongan atau kelompok secara horisontal.

Pengertian Diferensiasi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian diferensiasi menurut para ahli adalah sebagai berikut.. 

1. Pengertian Diferensiasi Menurut Kartajaya 
Menurut Kartajaya (dalam Syafrizal, 2007:183) bahwa pengertian diferensiasi adalah semua upaya yang dilakukan untuk membedakan diri dari pesaing lain baik konten (what to offer), konteks (how to offer), dan infrastruktur (enabler). 

2. Pengertian Diferensiasi Menurut Kotler 
Menurut Kotler (2009:328) bahwa pengertian diferensiasi adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing. 

3. Pengertian Diferensiasi Menurut Kotler dan Susanto
Menurut Kotler dan Susanto (2001) bahwa pengertian diferensiasi adalah cara merangsang perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaingnya .

4. Pengertian Diferensiasi Menurut Aaker 
Menurut Aaker (dalam Ferdinand, 2003) bahwa pengertian diferensiasi yang sukses haruslah strategi yang mampu: 

  • Menghasilkan nilai pelanggan 
  • Memunculkan persepsi yang bernilai khas 
  • Tampil sebagai wujud berbeda yang sulit untuk ditiru. 
5. Pengertian Diferensiasi Menurut Lewit 
Menurut Lewit (1983) bahwa pengertian diferensiasi merupakan salah satu jenis keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan untuk memenangkan persaingan di pasar global. 

6. Pengertian Diferensiasi Menurut Mowen dan Miror (2005:55) 
Menurut  Mowen dan Miror ahwa pengertian diferensiasi adalah proses manipulasi bauran pemasaran untuk menempatkan sebuah mereka sehingga para konsumen dapat merasakan perbedaan yang berarti antara mereka tersebut dengan pesaing. 

Jenis-Jenis Diferensiasi

Menurut Rapliansyah (2012:20-21) bahwa diferensiasi secara umum terbagi atas beberapa jenis. Adapun jenis-jenis diferensiasi adalah sebagai berikut.
  • Jenis Diferensiasi Psikologis. Pengertian diferensiasi psikologis adalah diferensiasi yang dibuat berdasarkan pesaingnya melalui penciptaan kreasi yang bisa diasumsikan oleh konsumen bahwa terdapat produk yang sesuai dengan harapan konsumennya. 
  • Jenis Diferensiasi Fisik. Pengertian diferensiasi fisik adalah diferensiasi yang dibuat ulang berdasarkan bentuk atas suatu perbedaan secara fisik. 

Strategi Diferensiasi

Diferensiasi memerlukan beberapa tahap-tahap yang diperlukan. Sehingga diferensiasi perlu sebuah strategi yang dilancarkan. Mengenai hal tersebut, strategi diferensiasi itu sendiri adalah suatu strategi yang mampu memelihara loyalitas pelanggan ataupun juga dari konsumen  melalui strategi diferensiasi, pelanggan atau konsumen mendapat nilai lebih dibandingkan dengan produk lainnya. Adapun strategi diferensiasi menurut Aaker (dalam ferdinad, 2003:87) bahwa strategi diferensiasi harus mampu:
  1. Menghasilkan nilai pelanggan atau konsumen 
  2. Memunculkan perspepsi yang memiliki nilai khas yang baik.
  3. Menampilkan wujud yang berbeda yang sulit untuk ditiru. 
Olehnya itu, bilamana disimpulkan bahwa kunci untuk strategi diferensiasi yang sukses atau dapat terlaksana sebagaimana mustiny haruslah mengembangkan "point of differentiation" khususnya dalam pandangan pelanggan dari pada pandangan operasi bisnis.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Deferensiasi, Jenis Diferensiasi, Strategi, Menurut Para Ahli. Semoga pengertian diferensiasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Diferensiasi, Jenis, Ciri, & Diferensiasi Menurut Para Ahli