Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Apresiasi, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Tingkatan Apresiasi


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Apresiasi?. Kata sebenarnya sudah lumrah ditelinga kita. Jujur pembahasan demikian, cukup membosangkan bagi penulis untuk menuliskan apresiasi. Dalam pikiran sempit penulis, itu terjadi disebabkan kata apresiasi atau mengapresiasi sesuatu sudah sering penulis lakukan kepada seseorang atau sesuatu.

Jika teman-teman, menarik kedalam sebelum melihat informasi dibawah ini, dalam aktivitas keseharian anda, atau di hari ini saja tepat dimana teman-teman melihat informasi ini tentu dalam aktivitas sehari tersebut terdapat suatu aplikasi apresiasi. Atau bisa saja, apresiasi sering atau kerap terjadi sehari penuh.

Bisa saja, anda adalah orang yang paling mencolok diantara teman sekelas anda baik dalam jenjang pendidikan apapun. Tentu saja, apresiasi atau mengapresiasi atau diapresiasi sering dan bahkan selalu terjadi. Orang-orang pintar tersebut biasanya akan mendapat sebuah sesuatu yang beda dengan teman sekelas lainnya.

Entah itu dari perlakuan yang didapatkan atau dari nilai pelajaran. Hal demikian jika kita sedikit mengamati kata apresiasi atau pembahasan apresiasi yang pada kali ini kita bahas, sebenarnya tidaklah jauh dari contoh orang pintar tersebut.

Namun, penulis juga menyadari bahwa pemberian suatu apresiasi tidak hanya semudah itu mengeluarkan kata-kata mutiara dari mulut. Melainkan terdapat beberapa hal yang perlu untuk diketahui untuk mengapresiasi sesuatu.

Pertama kali, tentu saja seperti biasa kita akan berawal dari sebuah batasan atau yang dikenal dengan definisi atau sering didengar masyarakat umum adalah pengertian. Pengertian memberikan arah dan batasan agar proses penjelasan salah satunya apresiasi dapat sesuai yang sebenarnya.

Sehingga pertama-tama adalah mengetahui pengertian apresiasi. Hal ini sangatlah sesuai dengan jenjang pendidikan. Jenjang pendidikan yang berlaku di Indonesia secara umum dimulai dari TK, SD, SMP dan selanjutnya.

Di setiap jenjang pendidikan tersebut memberikan bentuk pemahaman mendalam akan pembelajaran dari TK, hingga selanjutnya. Terus bertambah rumit dan sulit.

Seperti halnya mengapa penulis memberikan saran untuk memulai dengan pengertian apresiasi sebelum berlanjut ke tujuan apresiasi, kemudian ke fungsi apresiasi hingga mengenal macam-macam tingkatna apresiasi.

Jika teman-teman masih ada yang bertanya untuk apa membahas lebih dulu pengertian apresiasi. Penulis menyarankan untuk membaca ulang. Ketegasan demikian perlu penulis berikan, ditengah minat baca yang sempat diberitakan oleh matanajwa yang memberikan posisi Indonesia sungguh membuat penulis tidak sanggup untuk melihatnya.

Selain itu, agar teman-teman paham maksud dan tujuan penulis mengapa pembahasan apresiasi yang terdengar konyol dan lucu untuk dibahas, ternyata sangat penting untuk kita gali lebih jauh.

Apakah teman-teman siap menggali lebih jauh mengenai Apresiasi? 

Sabar, penuliskan sudah bilang untuk bertahap. Adapun beberapa tahapan dalam pembahasan apresiasi dimulai dari pengertian apresiasi, tujuan dan manfaat apresiasi, fungsi apresiasi dan tingkatan apresiasi. Adapun pembahasan tersebut dapat teman-teman lihat dibawah ini... 

Pengertian Apresiasi, Apa itu? 

Secara etimologi, pengertian apresiasi berasal dari bahasa lain "Apreciatio" yang memiliki pengertian "menghargai". Dalam bahasa Inggris, apresiasi diartikan sebagai "appreciate" yang memiliki pengertian "menyadari, memahami, menghargai, dan menilai". 

Dari hal tersebut, kata "appreciate" dapat dibentuk kata "appreciation" yang memiliki pengertian sebagai "penghargaan, pemahaman, dan penghatan". Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kata apresiasi mengandung pengertian yang sejajar dengan kata "aprecitio" (Latin) dan kata "appreciation" (Inggris) tersebut. 

Sedangkan pengertian apresiasi secara terminologi adalah proses penilaian atau penghargaan positif yang diberikan seseorang terhadap sesuatu. 

Karya sastra khususnya puisi pada hakikatnya adalah hasil proses kreatif seorang penulis puisi. Proses kreatif-kreatif pula dari pembaca. 

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Selain itu, pengertian apresiasi juga tidak hanya itu saja. Ada banya pengertian atau definisi apresiasi yang dicetuskan atau disampaikan oleh para ahli dari berbagai bidang, baik dari seni, dll. 

Hal ini dapat dinilai bahwa pengertian apresiasi dari kalangan para ahli juga menjadi topik yang penting dalam memberikan arah bagi penjelasan dan perkembangan apresiasi hingga saat ini. Adapun pengertian apresiasi menurut para ahli dapat dilihat dibawah ini..

1. Pengertian Apresiasi Menurut Hornby 
Menurut Hornby (dalam sayuti) bahwa pengertian apresiasi adalah pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian. 

2. Pengertian Apresiasi Menurut Effendi 
Menurut Effendi yang memberikan definisi apresiasi sebagai arah penjelasan apresiasi tersebut menyatakan bahwa pengertian apresiasi adalah aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra. 

3. Pengertian Apresiasi Menurut Prayogi 
Menurut Prayogi bahwa pengertian apresiasi adalah setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Apresiasi juga dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum ataupun kekaguman yang keluar dari diri penguasa ataupun penikmat dari karya seni ataupun karya sastra tertentu. 

4. Pengertian Apresiasi Menurut Aminuddin 
Menurut Aminuddin bahwa pengertian apresiasi adalah pengenalan melalui perasaan ataupun kekepaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya. 

5. Pengertian Apresiasi Menurut Elliyati 
Menurut Elliyati bahwa pengertian apresiasi adalah setiak kegiatan yang mengakrabi karya sastra secara sungguh-sungguh yang berkaitan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai dan menghati, sehingga dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam. 

6. Pengertian Apresiasi Menurut Albert R. Candler 
Menurut Alber R. Candler bahwa pengertian apresiasi adalah kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya. Dalam aktivitas mengapresiasi, seseorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasaan kontemplatif dan intuitif). 

7. Pengertian Apresiasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa pengertian apresiasi adalah setiap penilaian baik, penghargaan misalnya terhadap karya-karya sastra ataupun juga karya seni.

Tujuan Apresiasi dan Manfaat Apresiasi 

Jika mengacu dalam Cabang Ilmu Seni, maka terdapat beberapa Tujuan Apresiasi. Terlebih manfaat apresiasi bagi bangsa Indonesia tidak hanya dipandang sebelah mata. Apresiasi juga memberikan sebuah semangat atas sesuatu hasil, dan juga memberikan motivasi bagi pengembangan suatu karya atau suatu hasil tersebut. Hal demikian dapat dikembangakn dengan pikiran, tindakan dan pengembangan kepribadian seseorang. 

Atas dasar tersebut, Apresiasi Seni memiliki tujuan pokok. Tujuan pokok apresiasi seni adalah agar publik mengetahui maksud dan tujuan dari pembuatan karya seni, sehingga masyarakat dapat menilai, menanggapi dan menikmati suatu karya seni yang telah ada. 

Adapun tujuan akhir dari apresiasi seni antara lain: 
  • Mengevaluasi dan mengembangkan nilai keindahan karya seni 
  • Mengembangkan daya kreasi dan imajinasi
  • Menyempurnakan karya seni. 

Fungsi Apresiasi 

Dalam memberikan sebuah apresiasi terhadap sesuatu karya. Tentu akan memberikan sebuah dampak bagi si penerima. Hal demikian tidak diberikan begitu saja. Melainkan terdapat fungsi yang perlu diketahui. Fungsi apresiasi itu adalah:
  • Sebagai sarana meningkatkan rasa cinta terhadap karya anak bangsa Indonesia, sekaligus peduli terhadap sesama. 
  • Sarana untuk penilaian, penikmatan, empati, hiburan dan edukasi. 
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal. 
Proses Mengapresiasi 
Proses mengapresiasi yaitu melihat karya kemudian merasakan, berempati, kemudian muncul, pendapat pribadi untuk menyebutkan kelebihan, kekurangan, kemudian menilai.  Seni rupa yang yang paling popular perkembangannya dan mudah dijangkau oleh siswa SMP adalah membuat karya lukis.  

Secara Singkat dapat disimpulkan bahwa cara-cara melakukan apresiasi adalah :
  • Mengamati
  • Menghayati
  • Memahami
  • Menanggapi
  • Menilai
  • Implementasi atau penerapan

Tingkatan Apresiasi 

Apresiasi juga memiliki beberapa tingkatan, atau memiliki macam-macam  apresiasi yang memiliki ukuran tertentu. Dalam apresiasi seni atau arkya seni terdapat jenis-jenis tingkatan yang memberikan gambaran apresiasi seni. Adapun tingkatan dalam apresiasi seni terdiri dari: 

1. Tingkat Empatik
Tingkat empatik dalam kamus berarti melibatkan pikiran dan perasaan. Tingkat apresiasi tersebut berupa tangkapan indrawi atau tangkapan dari indera-indera. 

Contoh apresiasi simpatik adalah disaat kita mendengar suatu karya seni musik, maka diri kita akan merasa nyaman dan betah mendengar karya tersebut, lalu timbullah penilaian bahwa karya tersebut bagus. 

2. Tingkat Estetis
Estetis didefinisikan sebagai penilaian terhadap keindahan. Tingkat apresiasi sini merupakan pengamatan dan juga penghayatan. Dalam tingkat demikian bagi penikmat seni dalam memberikan suatu paresiasi yang lebih pada pengataman terhadap suatu bentuk karya seni. 

Contoh tingkat apresiasi estetis adalah disaat menyaksikan sebuah pagelaran seni teater atau apapun itu, memerlukan sebuah pengamatan yang baik agar sesuatu dengan penyampaian apresiasi estetis tersebut kepada siapa. 

3. Tingkat Apresiasi Kritik 
Pada tingkat apresiasi kritik merupakan sebuah bentuk apresiasi yang menyampaikan sebuah klarifikasi, deksripsi, menjelaskan, menganalisis, evaluasi sehingga dapat mengambil sebuah kesimpulan. 

Contohnya seperti ajang pencarian bakat yang memerlukan sebuah ilmu yang mendalam dimana setiap menampilkan suatu bakat tersebut terjadi sebuah bentuk penyampaian apresiasi yang lebih mendalam. 

Ilustrasi: Pengertian Apresiasi, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Tingkatan Apresiasi

Demikianlah informasi Pengertian Apresiasi, Fungsi, Tujuan dan Tingkatan Apresiasi dapat menambah pengetahuan kita dan tentunya secara umum memiliki manfaat baik bagi diri kita sendiri, dan alangkah lebih baiknya lagi jika hal demikian bermanfaat bagi kehidupan sekitar. Sekian dan Terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Apresiasi, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Tingkatan Apresiasi