Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Analisis, Tujuan & Analisis Menurut Para Ahli


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Analisis bukanlah sebuah perkara sulit untuk kita definisikan. Maksud analisis bukanlah hal panjang untuk kita diskusikan. Para ahli juga secara umum telah memberikan kita pemahaman. Disekitar kita juga pengertian analisis teramat sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Jika demikian, analisis sebenarnya adalah hal yang sangat mudah untuk kita definisikan. Namun, jika analisis memang bukanlah sesuatu yang sulit, lalu mengapa pengertian analisis masih dicari ataupun masih menjadi topik pembahasan dari google. 

Hal ini juga membuat penulis untuk bertanya kepada kita semua. Apakah memang, pengertian atau arti analisis yang kita sering dengar dalam kehidupan sehari-hari, bukanlah definisi secara umum analisis tersebut. 

Ataukah memang, kurang percayanya kita kepada pengertian analisis yang berada disekitar kita, yang biasa kita dengar dan kita ucapkan. Tentu ini menjadi buah bibir bagi kita semua, mengapa analisis bisa dan bahkan harus sesulit itu hingga mencari digoogle. 

Bukan artinya bahwa penulis tidak mengiyakan atau menyetujui teman-teman untuk membuka google atau berkunjung ke artikelsiana.com, melainkan penulis bertanya kepada teman-teman semua bahwa betulkan pengertian atau arti analisis yang berada disekitar kita masih terdapat ketidakbenaran definisi?. 

Pertanyaan mengenai pengertian analisis atau definisi analisis bukanlah tujuan penulis untuk menilai teman-teman. Melainkan penulis ingin mencermati pola perilaku dilingkungan teman-teman sehingga teman-teman bertujuan singgah di artikelsiana.com untuk mencari pengertian analisis itu sendiri. 

Terkadang faktor eksternallah yang menjadi biang keladi dalam kaburnya sesuatu yang telah kita anggap benar, namun adanya faktor eksternal memberikan dampak yang memiliki tujuan yang tidak jelas sehingga definisi atau arti dari pengertian analisis menjadi kabur. 

Wajar saja, penulis juga mengalami hal demikian. Apabila kita membenturkan dalam kehidupan nyata, secara sederhana misalnya pengertian analisis yang diucapkan atau yang biasa kita dengar dalam lingkungan sekitar, itu terkesan berbeda dengan yang disampaikan oleh para ahli, teori, dan ataupun contoh-contoh analisis. 

Salah satu lembaga yang pernah penulis ikuti yang membahas seputar penelitian, data, kajian, analisis, sistematis, yang merupakan lembaga yang cocok agar tidak memberikan kesulitan bagi penyelesaian akademik salah satunya skripsi. Yah, skripsi sudah menjadi neraka bagi mahasiswa. Terlebih mahasiswa yang sudah berada diujung tombak kehidupan. 

Skripsi sudah menjadi momok bagi seluruh mahasiswa. Namun, dalam skripsi juga terdapat dan secara pasti terdapat analisis atau analisa yang harus kita tuangkan dalam skripsi tersebut. 

Kembali kepada pengertian analisis, penulis juga mengetahui dan merasakan betapa susahnya pengertian analisis itu. Bukan hanya anda tapi penulis juga demikian. Perkara yang terjadi pada penulis, sebagaimana yang dijelaskan diatas adalah perbedaan definisi analisis atau analisa yang ada dilingkungan sekitar dengan teori atau menurut para ahli. 

Tak tanggung-tanggung, penulis juga terkadang membandingkan apa yang penulis telah dengar dalam kehidupan sehari-hari tersebut dan telah baca dari berbagai sumber buku tentang pengertian analisis. 

Memang dalam pengertian analisis yang berada dalam sumber buku yang disampaikan oleh beberapa para ahli tersebut memiliki perbedaan baik dari penggunaan kata maupun dari kelengkapan definisi. Namun, apabila menilai definisi dari lingkungan sekitar yang memiliki penggunaan kata yang sederhana dan terkadang definisi analisis yang kurang lengkap. 

Hal inilah yang menjadi masalah bagi kita semua dalam menentukan pengertian atau definisi analisis tersebut. Namun, kita baik penulis juga menganggap hal ini bukanlah sesuatu yang baru saja terjadi. Namun sering terjadi terlebih bagi penulis. 

Olehnya itu, penulis pada umumnya sering kali pemahaman definisi atau apapun itu termasuk pengertian analisis atau analisa yang penulis dengar atau lihat dalam kehidupan atau disekitar penulis, hanya disimpan dan menjadi sebuah pemahaman yang masih butuh perbandingan dalam pengertian menurut para ahli. 

Hal ini jugalah yang menjadi saran penulis bagi teman-teman agar mampu memberikan kebijaksanaan apa yang terjadi dilingkungan teman-teman. Agar hal ini mampu terealisasi, teman-teman dapat melihat informasi pengertian analisis dibawah ini. 

Pengertian Analisis, Apa itu? 

Secara umum, Pengertian analisis adalah kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu pokok menjadi bagian-bagian atau komponen sehingga dapat diketahui ciri atau tanda tiap bagian, kemudian hubungannya satu sama lain serta fungsi masing-masing dari setiap bagian. 

Analisa berasal dari kata Yunani Kuno “analusis” yang berarti melepaskan. Analusis terbentuk dari dua suku kata yaitu “ana” yang berarti kembali dan “luein” yang berarti melepas. Sehingga pengertian analisa yaitu suatu usaha dalam mengamati secara detail pada suatu hal atau benda dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut.

Analisis adalah kegiatan merangkum sejumlah data besar yang masih mentah kemudian mengelompokan atau memisahkan komponen-komponen serta bagian-bagian yang relevan untuk kemudian mengkaitkan data yang dihimpun untuk menjawab permasalah. Analisis merupakan usaha untuk menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasil analisis dapat dipelajari dan diterjemahkan dan memiliki arti

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Selain pengertian analisis diatas, terdapat beberapa gagasan yang disampaikan oleh para ahli ataupun lembaga terkait dalam memberikan arah bagi setiap orang untuk berada dalam koridor analisis tersebut. Adapun pengertian analisis adalah sebagai berikut.. 

1. Pengertian Analisis Menurut KBBI (2002:43) 
Pengertian analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hbuungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. 

2. Pengertian Analisis Menurut Komaruddin (2001:53) 
Menurut Komaruddin bahwa pengertian analisis adalah kegiatan berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehinga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu. 

3. Pengertian Analisis Menurut Kamus Akuntansi (2000:48) 
Menurut kamus akutansi, bahwa pengertian analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul. 

4. Pengertian Analisis Menurut Harahap (2004:189) 
Menurut Harahap bahwa pengertian analisis adalah memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi berbagai unit terkecil. 

5. Pengertian Analisis Menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1996:779)
Dalam hal ini, analisis diartikan sebagai penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, atau perbuatan) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkaranya). 

6. Pengertian Analisis Menurut Komarrudin 
Pengertian analisis menurut Komarrudin mengatakan bahwa analisis merupakan suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda dari setiap komponen, hubungan satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam suatu keseluruhan yang terpadu 

7. Pengertian Analisis Menurut Peter Salim dan Yenni Salim 

Dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer karangan Peter Salim dan Yenni Salim (2002)4 menjabarkan pengertian analisis sebagai berikut:
  • Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) untuk mendapatkan fakta yang tepat (asal usul, sebab, penyebab sebenarnya, dan sebagainya).
  • Analisis adalah penguraian pokok persoalan atas bagian-bagian, penelaahan bagian-bagian tersebut dan hubungan antar bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman secara
  • keseluruhan.
  • Analisis adalah penjabaran (pembentangan) sesuatu hal, dan sebagainya setelah ditelaah secara seksama.
  • Analisis adalah proses pemecahan masalah yang dimulai dengan hipotesis (dugaan, dan sebagainya) sampai terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastian (pengamatan, percobaan, dan sebagainya).
  • Analisis adalah proses pemecahan masalah (melalui akal) ke dalam bagian-bagiannya berdasarkan metode yang konsisten untuk mencapai pengertian tentang prinsip-prinsip dasarnya.
8. Pengertian Analisis Menurut Gorys Keraf 
Menurut Gorys Keraf, analisa adalah sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lainnya. 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Analisis, Tujuan dan Contoh Analisis. Semoga informasi mengenai pengertian analisis serta pengertian analisis menurut para ahli dapat memberikan pemahaman kepada kita semua agar mampu sesuai pada koridor tentang bagaimana itu analisis. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Analisis, Tujuan & Analisis Menurut Para Ahli