Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Amanat, Macam-Macam, Ciri, & Contoh Amanat


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Pengertian Amanat, Apa itu?

Secara umum, Pengertian amanat adalah sesuatu yang hendak disampaikan penyair kepada pembaca melalui sesuatu puisi, atau dllnya. Amanat yang disampaikan oleh penyair  dapat ditelaah oleh si pembaca ketika telah memahami maksud dari tema puisi tersebut.

Amanat merupakan sesuatu hal yang mendorong penyair dalam menciptakan puisi. Amanat tersirat di balik kata-kata yang telah terususn dan juga terletak di balik tema yang diungkapkan.

Tema berbeda dengan amanat, teman berhubungan dengna arti karya sastra, sedangkan arti amanat berhubungan dengan makna suatu karya sastra (meaning and significance). Artinya karya sastra tersebut bersifat lugas, obyektif dan juga khusus, sedangkan untuk mkana berhubungan dengan orang perorangan, konsep seseorang dan juga situasi dimana penyair mengimajinasikan karyanya.

Pesan untuk melakukan sesuatu hal yang baik dalam suatu karya sastra disebut denan moral, moral tersebutlah yang dikatakan sebagai suatu amanat yang memiliki kandungan nilai-nilai mengenai suatu ajaran moral yang lebih didominankan melalui pelukisan watak tokoh yang bersifat penjelasan dan mengandung seruan, saran, nasihat, anjuran dan larangan. 

Ciri-Ciri Amanat

Pesan atau amanat, yakni maksud yang terkandung dalam suatu cerita. Amanat sangat erat hubungannya dengan tema. Bentuk penyampaian amanat yang bersifat langsung, boleh dikatakan, idintik dengan cara pelukisan watak tokoh yang bersifat uraian atau penjelas.

Jika dalam teknik uraian pengarang secara langsun mengdeskripsikan cerita yang bersifat “ memberi tahu” atau menmudahkan pembaca untuk memahaminnya, hal yang demikian juga terjadi dalam penyampaian amanat. 

Artinya, amanat yang ingin disampaikan, atau di ajarkan, kepada pembaca itu dilakukan secara langsung dan eksplinsit. Pengarang, dalam hal ini, tampat bersifat menguraikan  pembaca secara lansung memberikan nasihat-nasihat dan petuahnya.

Jika di bandingkan dengan bentuk sebelumnya, bentuk penyampaian amanat disini bersifat tidak langsung, pesan itu hanya tersirat dalam cerita, berpadu secara koherensif dengan unsur-unsur cerita yang lain. Walau betul pengarang ingin menawarkan dan menyampaikan sesuatu, ia tidak melakukannya secara seratmerata dan vulgar karena ia sadar telah memilih jalur cerita.

Dilihat dari kebutuhan pengarang yang ingin menyampaikan amanat dan pandangannya itu, cara ini mungkin kurang komunikatif. Artinya, pembaca belum tentu dapat menangkap apa sesungguhnya yang dimaksudkan pengarang,paling tidak terjadinya kesalahan tafsir perpeluang besar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.

Metode kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (Sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah berbagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber ve dan snowbaal, teknik teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis dan bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi (Sugiyono,1999:15).

Pengertian Amanat Menurut Para Ahli

Selain dari pada itu, terdapat beberapa definisi para ahli mengenai pengertian amanat. Adapun pengertian amanat menurut para ahli ada sebagai berikut

1. Pengertian Amanat Menurut Sadikin (2010)
Pengertian amanat itu sendiri adalah Amanat adalah pemecahan yang diberikan oleh pengarang bagi persoalan di dalam karya sastra. Sadikin menambahkan amanat biasa disebut makna. Makna yang diniatkan oleh pengarang disebut makna niatan, sementara makna muatan adalah makna yang termuat dalam karya sastra tersebut.

2. Pengertian Amanat Menurut Siswanti (2008:161-162)
Dari sudut sastrawan, nilai ini biasa disebut amanat. Amanat adalah gagasan yang mendasarikarya sastra, pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca dan pendengar, di dalam karya sastra moderen, amanat ini biasanya tersirat di dalam karya sastra lama pada umumnya amanat tersurat.

3. Pengertian Amanat Menurut Kosasih (2006)
Amanat ialah pesan yang disampaikan pengarang terhadap pembaca melalui tulisan-tulisannya, agar pembaca bisa menarik kesimpulan dari apa yang telah pembaca nikmat. 

4. Pengertian Amanat Menurut Rusiana (1982:74)
Amanat adalah ajaran moral atau pesan yang ingin disampaikan pengarang pada pembaca. Akhir permasalahan ataupun jalan keluar permasalahan yang timbul dalam sebuah cerita bisa disebut amanat. Rusiana mengemukakan pendapatnya tentang amanat, sebagai renungan yang sisajikan kembali oleh pembaca (1982:74).

Macam-Macam Amanat

Dalam sebuah karya tulisan yang dibuat, amanat atau pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang tersebut pada dasarnya tidak selalu jelas (tersurat), akan tetapi juga bisa bersifat tersembunyi (tersirat).

Untuk itu, dalam hal ini ada 2 macam amanat yang perlu kita ketahui yaitu amanat tersurat dan amanat tersirat. Atau dalam istilah lain, terdapat bentuk penyampaian langsung atau secara eksplisit. Bentuk amanat penyampaian langsung adalah amanat yang ingin disampaikan, atau di ajarkan kepada pembaca itu dilakukan secara langsung dan  ekplisit (Nugriantoro,dkk,2010).Selain itu terdapat bentuk penyampaian amanat secara tidak langsung atau secara implisit.

Contoh Amanat

Novel Habibie dan Ainun mempunyai Tema Mayor yakni mengenai "kekuatan cinta". Hal ini lebih menekankan kepada cinta kasih dan juga romantisme antara Habibie dan juga Ainun. Cinta pertama dan juga terakhir Habibie tersebut dalam bukunya "Habibie dan Ainun". Selain itu dalam tema mayor, dalam novel Habibie dan Ainun  tersembut ditemukan suatu tema minor.
“Dalam bahasa ingris saya sampaikan : “bismillahirrahmanirrahim! Atas nama isteri, keluarga dan semua para pakar Diragantara di manapun anda berada, yang masih hidup atau tiada lagi, saya menyatakan terimakasih mewakili anda semua menerima penghargaan, untuk jasa merelisasikan cita-cita pendiri dan para anggota ICAO. Ini membuktikan bahwa penguasaan dan pengadilan ilmu pengetahuan dan teknologi bukan hak prerogative orang kaya atau masyarakat maju, tetapi adalah hak prerogative umat manusia di manapun ia berada. Selamat berkarya”(Bachruddin Jusuf Habibie, 2010:179). 
Amanat: 
         Pengarang menyampaikan amanatnya bahwa ia berterimakasih kepada anggota ICAO,dan sesuatu keberhasilan yang kita miliki itu bukan semata-mata hanya untuk kita pribadi melainkan untuk umat manusia lainya yang membutuhkan pengetahuan yang kita miliki untuk mencapai suatu keberhasilan. Dan pengarang member motivasi dengan mengucapkan “selamat berkarya”. “Enahlah , yang jelas kita selalu berpacaran ; malam-malam hari didalam becak dengan jok tertutup walaupun tidak hujan. Kami pacaran di bandung. Kami pacaran di Jakarta ; cuti saya tidak berlangsung selamanya .Ia rajin datang ;setiap hari saya pulang kantor selalu sudah menunggu di rumh . Rumahnya sendiri  cukup dekat di jalan mandut tempat tinggal kakaknya yang menikah dengan Subono Mantofi.

Semuanya berlangsung denagn cepat. Ia datang bulan januari atau februari. Kami menikah bulan mei. Bulan juni kami mengurus cuti saya di luar tanggungan Negara mengikuti suami ke jerman . Ke Dekan falkultas kedokteran. Ke Rektor Universitas Indonesia yang waktu itu di jabat Pak Syarif Thayeb. Ke Pak Sudjono Djuned Pusponegoro yang waktu itu menteri Riset Nasionl. Ke Pak Toyib Hadiwidjaja selaku menteri PTIP . Mata rantai ini harus semuanya di lalui. Akhirnya dengan Bekal masing-masing satu koper, Berangkatlah kami bredua ke Achen(Bachruddin jusuf Habibie,2010:10).

Kutipan amanat tidak langsung di atas adalah bahwa cinta itu butuh perjungan dan pengorbanan dan ketika cinta itu timbul dari masing-masing hati maka seharusnya tidak harus lama untuk mendekatkan, memahami sikap pasangan tersebut karena sebaiknya menikahlah lebih tepat untuk menyatukan cinta yang suci tersebut . Dan setelah menikah maka seorang istri wajib mengikuti suami kemanapun dia pergi karena suami itu adalah pemimpin kita dalam hal berumah tangga, sehingga menjadi keluarga yang sakinah,mawddah warrohma.
Pengertian Amanat, Macam-Macam, Ciri, & Contoh Amanat - Artikelsiana.com
Ilustrasi: Pengertian Amanat, Macam-Macam, Ciri, & Contoh Amanat - Artikelsiana.com
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Amanat, Macam-Macam, Ciri, & Contoh Amanat dimana semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita dan memiliki manfaat yang besar dalam mengaplikasikan di kehidupan sekitar kita dalam memahami suatu pesan atau amanat-amanat baik yang tersurat maupun ter
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Amanat, Macam-Macam, Ciri, & Contoh Amanat