Artikel Belajar dan Bermanfaat

Statistik: Pengertian Statistik, Tujuan, Jenis, & Definisi Menurut Para Ahli


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Statistik- Statistik merupakan hal yang biasa kita dengar. Beberapa yang identik dengan statstik yakni pada persoalan penelitian, dan juga pada pembelajaran akuntasi. Namun, statstik juga dalam setiap cabang ilmu, terdapat mata kuliah khusus mengenai statistik sebagai bekal pada saat penyelesaian.

Namun, sebelum melangkah terlalu jauh mengenai statistik, tahukah teman-teman mengenai pengertian statistik, tujuan statistik, jenis statistik dan macam-macam statistik?. Bagi penulis sendiri, statistik karena beberapa dari ilmu penulis yang sekarang geluti, juga telah penulis dapatkan mengenai materi statistik maka alhamdulillah, penulis dapat secara leluasa menjelaskan kepada teman-teman.

Olehnya karena itu, penulis tidak terlalu kesusahan juga menginformasikan kepada teman-teman mengenai stastistik, dan juga penulis dapat berinfrovisasi terhadap informasi pada kali ini. Namun, jika tulisan ini masih saja terdapat kesalahan.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena penulis juga manusia biasa yang tak luput dari kesalahan dan dosa. Ok baiklah, jika teman-teman sudah bosan mendengar curhatan penulis. Informasi tersebut dapat anda lihat dibawah ini.. 

Statistik, Apa itu?

Secara etimologi, definisi Statistik berasal dari bahasa Romawi yakni States, yang dapat diartikan sebagai negara, atau negarawan. Mengapa demikian definisi statistik? Karena pada saat itu, statistik bahwa digunakan untuk urusan negara, misalnya biayak pajak, jumlah penduduk. Sehingga muncullah berbagai jenis statistik seperti statistik kelahiran, statistik penduduk dan statistik pendidikan. 

Pada saat itu, penggunaan statistik merupakan pendukung keseluruhan dari aktivitas kenegaraan. Perkembangan dewasa ini statistik merupakan disiplin ilmu yang dapat berdiri sendiri dan juga di Indonesia terdapat badan yang dapat mengurus statistik negara yakni Biro Pusat Statistik. 

Statistik merupakan ilmu yang mampu untuk mempelajari hal-hal yang dapat berhubungan dengan data, serta sifat-sifat data. Ada juga dalam statistik adalah pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data serta penganalisaan data, penarikan kesimpulan serta pembuatan keputusan yang berdasarkan dari data yang diperoleh. 

Jadi, dapat dikatakan bahwa secara terminologi pengertian statistik adalah ilmu yang mempelajari pengumpulan, pengolahan, penyajian, penganalisaan data juga penarikan kesimpulan. 

Pengertian Statistik 

Pengertian Statistik dalam arti sempit adalah data ringkasan berbentuk angka (kuantitatif), seperti statistik ekspor; data dalam bentuk angka-angka mengenai jumlah ekspor dari jumlah berat dan nilai rupiahnya yang diperinci menurut jenis barang dan negara seperti pada suatu periode tertentu.

Atau pengertian statistik lain secara sederhana adalah himpunan data yang berbentuk angka baik yang belum disusun maupun yang telah tersusun dalam daftar dan juga disajikan ke dalam bentuk grafik. Sedangkan dalam pengertian statistik dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data serta cara dalam pengambilan suatu kesimpulan dari hasil survei. 

Sedangkan dalam pengertian statistik dalam arti luas adalah statistik yang didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisaan, dan menginterpretasian (disebut statistik deskriptif); kemudian penarikan kesimpulan, peramalan, perkiraan, dan pemecahan serta pengambilan keputusan dari data sampel (mulai dari penarikan kesimpulan hingga dengan pengambilan keputusan yang disebut dengan statistik induktif atau inferensial).

Berdasarkan buku Statistical Theory in Research oleh Anderson dan Bancrof bahwa pengertian statistik atau definisi statistik adlaah ilmu dan seni pengembnagna dan penerapan metode yang paling efektif untuk mengumpulkan, mentabulasikan serta menginterpretasikan data kuantitatif sedemikian rupa sehingga memungkin untuk melakukan penalaran induktif berdasarkan matemtika probabilitas. 

Contohnya statistik adalah: statistik ekspor; data dalam bentuk angka-angka mengenai jumlah ekspor dari jumlah berat dan nilai rupiahnya yang diperinci menurut jenis barang dan negara seperti pada suatu periode tertentu. atau contoh statistik yang lain: seorang peneliti yang ingin mengetahui apakah panjang jalan di bekasi, dan juga jawa barat harus diperpanjang dan diperluas 

Hal tersebut yang menggerakkan penulis untuk mengumpulkan data tentang 
  1. Panjang jalan yang ada 
  2. umlah pemakai jalan yang ada sekarang; mobil; motor; truk dan lain-lain. 
  3. Jumlah penduduk yang ada sekarang. 
  4. Struktur arah jalan yang ada sekarang. 
  5. dan lain-lain. 
Adapun langkah-langkah yang berurutan atau berkesinambungan dan tidak dapat juga ditukar-balik. Sesuatu jika dikatakan statistik jika
  1. Merupakan Agregat
  2. Diperoleh dengan cara menghitung atau mengukur
  3. Memiliki variabilitas. 

Ruang Lingkup 

Dalam ruang lingkup statistik terdapat macam-macam statistik atau jenis-jenis statistik. Macam-macam statstik adalah sebagai berikut..
  1. Statistik Deksriptif atau deduktif bertujuan dalam menggambarkan pada suatu ciri penduduk, masyarakat, organisasi di situasi tertentu, berdasarkan dari data yang diperoleh. Kegiatan tersbut ada dilakukan yang terdiri dari pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan juga penyimpulan data tanpa disertai dengan tindak lanjut. Seperti statistik kunjungan ke puskemas. 
  2. Kemudian statistik Inferensial atau induktif yang bertujuan dalam menaksir secara umum suatu populasi dengan menggunakan hasil sampel, termasuk didalamnya teori tentang penaksiran dan juga pengujian teori. Dalam statistik tersebut kegiatannya dimulai dari pengumpulan data hingga pada kesimpulan serta juga ditandai dengan tindak lanjut sehingga dalam kegiatan tersebut lebih dinamis. Seperti pengujian dalam penggunaan obat. 

Manfaat Statistik 

Ilmu tentang statistik atau statistik, sejauh ini atau sampai sekarang sangat membantu, dan memberikan manfaat bagi kehidupan penelitian dan juga masyarakat khususnya pemerintahan. Kegunaan atau manfaat statistik adalah sebagai berikut..

A. Kegunaan Statistik Secara Umum
  • Menyajikan data secara ringkas sehinga dapat lebih mudah untuk dimengerti
  • Membuat catatan data yang matematis dan juga sistematis
  • Menyajikan juga perbandingan-perbandingan suatu data 
  • Memberikan data-data dari masa lampau demi menentukan kebijakan sekarang. 
  • Membuat suatu perkiraan-perkiraan secara generalisasi terhadap suatu objek yang lebih luas. 
  • Menunjukkan tren maupun juga tendensi perkembangan terhadap suatu masalah. 
  • Membuat suatu penarikan dengan kesimpulan secara ilmiah. 
B. Kegunaan Statistik di Beberapa Bidang
  • Bidang Penelitian. Statistik juga memberikan cara-cara pengumpulan, penyusunan data menjadi bentuk dari yang mudah untuk dianalisis sehingga dapat memberikan informasi yang sudah jelas sebagai petunjuk di dalamnya di pengambilan keputusan.  
  • Bidang Manajemen. Seorang manajer dengan menggunakan metode statistik untuk melihat grafik naik dengan turunnya dengan perkembangannya dalam menentukan langkah selanjutnya. 
  • Bidang Pemasaran. Statistik juga digunakan sebagai analisis penjualan. analisis pasar, dan analisis pemasaran untuk meliaht dari potensi penjualan di masa yang akan datang. 
  • Bidang Akutansi. Statistik digunakan dalam bidang yang berkaitan dengan penalaian aktivitas perusahaan, penyesuaian yang berhubungan dengan adanya suatu perubahan harga juga disertai dengan hubungan antara ongkos dan juga volum produksi.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai Statistik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan juga menambah pengetahuan kita bersama-sama. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi: 
Harinaldi. 2005. Prinsip Statistik U/teknik & Sains. Jakarta: Erlangga. Hlm: 2 
Syamsuddin. 2005. Matematika Kel.Bns&Mnj SMK 3. Grasindo. Hlm: 15.  
Afriyanti, Dini. 2008. Matematika Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian. Bandung: Grafindo Media Pratama. Hlm: 28. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Statistik: Pengertian Statistik, Tujuan, Jenis, & Definisi Menurut Para Ahli