Artikel Belajar dan Bermanfaat

Monday 7 August 2017

Kreatif: Pengertian Kreatif, Ciri, Contoh & Definisi Menurut Para Ahli

Kamu kurang kreatif, kamu harus kreatif, kamu coba berpikir kreatif, berikan contoh yang kreatif, lakukanlah yang kreatif, buatlah yang kreatif, carilah yang kreatif dlll. Kata-kata tersebut, mungkin adalah kata yang sering keluar dalam mulut kita.

Kata tersebut, sering kali akan atau ingin, atau dapat bermakna positif atau negatif. Dalam contoh kreatif dilingkungan kita sering terjadi dan terlihat hal demikian dimana kata kreatif menurut hemat penulis cenderung berkonotasi atau berarti negatif terhadap suatu barang atau seseorang.

Namun, sangat kurang atau jarang, kata kreatif diucapkan ketika melihat sesuatu yang luar biasa. Baik sesuatu yang dilakukan, dipikir atau dibuat. Tapi, Kreatif tidak hanya berarti demikian. Ada banyak kok, hal-hal atau benda-benda yang kita gunakan saat ini, itu dari bekas atau dari hasil pikiran, pekerjaan dan manfaat yang kreatif para ahli lakukan.

Alhasil, kreatif merupakan penunjang aktivitas, dan apa yang kita lakukan saat ini dan kita gunakan. Berbagai manfaat kreativitas orang-orang, kini sangat membantu kita. Contoh kreatif adalah handphone yang anda gunakan. Dulu, handphone hanya digunakan untuk menelpon dan mengirim SMS, sekarang Handphone atau smartphone digunakan dapat membuka internet atau social media, atau sedang melihat informasi ini.

Hal tersebut, dari orang-orang kreatif. Terkadang, orang-orang kreatif diidentikkan dengan orang gila. Mengapa? menurut penulis, ide kreatif mereka sangat sulit dijangkau dan dimengerti oleh orang-orang sehingga orang-orang disekitarnya kurang memahami inginnya.

Padahal, pada dasarnya pemikiran atau ide kreativitas tersebut hadir dalam akal atau otaknya atau dari imajinasinya yang tidak keluar dari koridor atau tempat akal atau otak. Kemudian dikatakan bahwa dalam terminologi apapun, bahwa manusia adalah makhluk yang terbatas dan juga pemikiran.

Jika demikian, itu berarti pemikiran kreatif yang dikatakan gila tersebut atau tidak masuk di akal, merupakan sesuatu yang dapat ditemukan atau diperadakan dalam kehidupan sehari-hari. Mengapa? karena sifat ide kreatif atau tingkah laku tersebut sebenarnya sesuatu yang terbatas di dalam tempat yang terbatas yakni alam semesta ini.

Olehnya maksud penulis mengungkapkan gagasan ini, untuk memotivasi teman-teman dan mengetahui filosofi dari kreatif dari pemikiran manusia itu sendiri. Agar selalu mewujudkan ide-ide kreatifnya, tanpa terbawa masalah dengan orang-orang yang ingin menjatuhkan anda. Karena orang yang berpikir kreatif, dalam kehidupannya adalah orang yang independen dan sekali bergerak ia dapat mengubah seseorang.

Pengertian Kreatif: Apa itu Kreatif?

Definisi kreatif terkadang digunakan oleh para pengguna bahasa, baik yang bertujuan positif maupun juga negatif. Secara singkat dan sederhana pengertian kreatif adalah suatu kemampuan yang dimiliki seseorang (atau sekelompok orang) yang memungkinkan mereka menemukan pendekatan-pendekatan atau terobosan baru dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara yang baru dan juga unik yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.

Kata “Kreatif” merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris To Create, yang merupakan singkatan dari : Combine (menggabungkan)–penggabungan suatu hal dengan hal lain; Reverse (membalik)–membalikan beberapa bagian atau proses; Eliminate (menghilangkan)–menghilangkan beberapa bagian; Alternatif (kemungkinan)–menggunakan cara, dengan yang lain.; Twist (memutar)–memutarkan sesuatu dengan ikatan; Elaborate (memerinci)–memerinci atau menambah sesuatu

Ketika teman-teman mendegar kata kreatif atau kreativitas, apa yang tergambar atau terbayang dalam benak teman-teman? Sebagian dari kita mungkin membayangkan para seniman. Namun, pada kenyataannya kreatif dan kreativitas jauh lebih baik luas dari yang kita bayangkan. 

Kreatif berarti mempunyai kreativitas, yakni kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Hal tersebutlah yang membedakan manusia dengan makhluk Tuhan lainnya. Kreativitas merupakan naluri yang terdapat sejak lahir. Olehnya itu, setiap manusia pada dasarnya juga kreatif. Namun, hanya diperlukan suatu usaha manusia tersebut dalam mengembangkan kreativitasnya. 

Ciri-Ciri Kreatif

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat memosisikan seseorang tersebut, termasuk ke dalam golongan manusia kreatif. Ciri-ciri tersebut adalah.. 
  • Kepandaian, meski tidak harus jenius dan memiliki kemampuan baik atau maksimal dalam menjalankan ide-idenya. 
  • Mempunyai pandangan positif terhadap diri sendiri, peka terhadap orang lain dan juga lingkungan di sekitarnya. 
  • Mempunyai inspirasi dan juga motivasi dari masalah-masalah yang nyata yang dilihatnya. 
  • Menghargai kebebasan dan juga perbedaan pendapat. 
  • Cenderung untuk kaya akan fantasi (khayalan) dalam hidupnya. 
  • Bersikap untuk fleksibel. 
  • Suka memandang suatu masalah dari sisi yang berbeda. 

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli 

Seringnya kata kreatif digunakan dalam lingkungan kita. Tak ayal, definisi atau pengertian kreatif menjadi sebuah persoalan yang teramat tidaklah mudah termasuk para ahli dalam memberikan pengertian atau definisi kreatif. Tidak sedikit para ahli beradu argumen dan konsep tentang kreatif. Beberapa pengertian kreatif menurut para ahli yang penulis dapat rangkum adalah sebagai berikut.. 

1. Hasan dan Azis Nik
Menurut Hasan (1989) dan Nik Azis, (1994), bahwa termiologi kreatif berasal daripada perkataan Latin 'creare' yang bermaksud untuk membuat to make. Ketika bahasa Greek pula, Krainein yang membawa makna memenuhi. Dalam bahasa Inggris disebut 'create' atau 'cipta' dalam bahasa Melayu.

2. Supriadi 
Menurut Supriadi mengutarakan bahwa pengertian kreatif adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir, ditandai oleh suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan. 

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia 
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1990: 456) Kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta , kreativitas juga dapat bermakna sebagai kreasi terbaru dan orisinil yang tercipta, sebab kreativitas suatu proses mental yang unik untuk menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dan orisinil. Kreativitas merupakan kegiatan otak yang teratur komprehensif, imajinatif menuju suatu hasil yang orisinil.

4, Semiawan
Menurut Semiawan mengemukakan bahwa definisi kreatif merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. 

5. Chaplin 
Menurut Chaplin mengutarakan bahwa pengertian kreatif adalah kemampuan menghasilkan bentuk baru dalam seni, atau, dalam permesinan, atau dalam pemecahan masalah-masalah dengan metode-metode baru. 

6. Utami Munandar 
Menurut Utami Munandar (1992:47) bahwa pengertian kreatif adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang ada”. 

7. Clarkl Monstakis
Menurut Clarkl Monstakis mengatakan bahwa kreatif merupakan pengalaman dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam dan orang lain.

8. Kuper 
Menurut Kuper dan Kuper bahwa pengertian Kreatif merupakan sebuah konsep yang majemuk dan multi-dimensial, sehingga sulit didefinisikan secara operasional. Definisi sederhana yang sering digunakan secara luas tentang kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Wujudnya adalah tindakan manusia. Melalui proses kreatif yang berlangsung dalam benak orang atau sekelompok orang, produk-produk kreatif tercipta. 

9. Kamus Webster's
Menurut kamus Webster's (1976) kreatif adalah The ability to bring something new existence". Definisi tersebut memperlihatkan bahwa kreatif adalah kebolehan mewujudkan sesuatu yang baru sama sekali. 

10. Sternberg
Menurut Sternberg bahwa definisi kreatif adalah seorang yang dapat berpikir secara sintesis artinya dapat melihat hubungan-hubungan di mana orang lain tidak mampu melihatnya yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis ide-idenya sendiri serta mengevaluasi nilai ataupun kualitas karya pribadinya, mampu menterjemahkan teori dan hal-hal yang abstrak ke dalam ide-ide praktis, sehingga individu mampu meyakinkan orang lain mengenai ide-ide yang akan dikerjakannya.

Demikianlah informasi mengenai Kreatif. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Kreatif: Pengertian Kreatif, Ciri, Contoh & Definisi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin