Artikel Belajar dan Bermanfaat

Gelombang Mekanik: Pengertian, Ciri, Jenis-Jenis Gelombang Mekanik & Contohnya

Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Sebelumnya, penulis telah menginformasikan mengenai pengertian gelombang, sifat dan jenis-jenis gelombang beserta contoh. Pada kali ini, penulis juga akan kembali mengulang beberapa informasi mengenai gelombang yang pernah penulis tuliskan sebelum masuk ke pengertian gelombang mekanik, jenis-jenis gelombang mekanik, ciri-ciri gelombang mekanik dan contoh gelombang mekanik. 

Pengulangan informasi mengenai gelombang, menyoal definisi atau pengertian gelombang tersebut. Mengapa penulis harus mengulangnya? Yah, terserah penulis mau mengulang informasi tersebut atau tidak. Itu yang pertama. 

Sedangkan yang kedua adalah yah penulis juga memperhatikan teman-teman. Pada dasarnya proses pembelajaran jika selalu di pelajari, diucapkan, dan dilakukan atau diperaktekkan, mampu untuk meningkatkan daya ingat kita terhadap sesuatu tersebut seperti halnya mengenai pengertian gelombang dll. 

Contohnya, ketika pada saat anda masih di bangku SD anda mengingat semua nama-nama teman kelas teman-teman, namun pada saat menginjak dewasa atau tidak bertemu dalam jangka puluhan tahun, akan membuat ingatan tentang teman-teman akan terlupakan. 

Namun, jika komunikasi dengan teman-teman Sekolah Dasar (SD) kita masih tetap terjaga, tentu walaupun nama dan sifat-sifatnya masih dapat kita ingat. Mengapa? karena komunikasi tersebut merupakan impuls atau ransangan yang mengangkat kembali kenangan dengan teman-teman kita. 

Seperti itu pulalah maksud penulis mengapa ingin mengulang informasi kemarin mengenai gelombang, agar pembahasan mengenai gelombang, tidak lagi pada pengetahuan yang sifatnya menghafal tapi telah dipahami. 

Sehingga, ketika kita, penulis dan teman-teman ingin menyampaikan contoh pengertian gelombang atau pengertian gelombang mekanik, tidak lagi berdasarkan kata-kata yang pernah teman-teman baca atau lihat, melainkan sesuai dengan kata-kata atau argumentasi teman-teman sendiri. 

Apakah teman-teman ingin mendefinisikan gelombang berdasarkan sebuah analogi, atau ingin mendefinisikan menggunakan bahasa daerah teman-teman sendiri, tidak jadi masalah. Akan tetapi, bentuk penyederhanaan definisi gelombang atau gelombang mekanik harus sesuai dengan teori atau apa yang teman-teman pernah baca. 

Sebagaimana ungkapan penulis diatas ingin mengulang beberapa informasi tersebut, yah hanya mengulang beberapa informasi, tidak keseluruhannya. Alasannya, penulis juga manusia yang mengalami kelelahan, apalagi ingin menuliskan semua informasi mengenai gelombang secara umum. 

Olehnya itu, penulis hanya akan mengulang informasi gelombang pada pengertian gelombang itu sendiri. Pengertian Gelombang adalah getaran yang merambat dari gerak gelombang yang dapat dipandang sebagai suatu perpindahan momentum dari suatu titik di dalam ruang ke titik yang lainnya tanpa perpindahan

atau Pengertian Gelombang secara sederhana adalah getaran yang merambat melalui suatu medium. Jika teman-teman ingin tahu lebih jauh, tidak hanya mengenai pengertian gelombang atau informasi sebelumnya, teman-teman dapat membuka link dibawah ini..

Artikel Terkait: 
Pengertian Gelombang, Sifat & Jenis-Jenis Gelombang
Penulis menyarankan kepada teman-teman, untuk membacanya sebelum melihat informasi dibawah ini, informasi mengenai pengertian gelombang mekanik, jenis-jenis gelombang mekanik, ciri-ciri gelombang mekanik, dan contoh gelombang mekanik. Mengapa? seperti biasa dalam beberapa pembuka informasi yang penulis tulis, menyarankan teman-teman untuk membuka informasi yang terkait atau yang sistematis. Agar, pegetahuan kita, biasa luas dan mendalam tentang sesuatu yang ingin kita bahas.

Sehingga, apa yang ingin kita bahas atau ingin kita ketahui, tidak terjadi sebuah keterputusan pengetahuan didalamnya. Kan aneh dan lucu, jika ada yang bertanya, contohnya dalam lingkungan sehari-hari: kita membahas mengenai pengertian gelombang mekanik, dan telah mengetahuinya.

Kemudian, ternyata beberapa orang atau terdapat orang yang bertanya, "sebelum membahas mengenai gelombang mekanik, apa dulu definisi atau pengertian gelombang?". Jika kita tidak mengetahuinya, maka pembahasan inti kita atau yang ingin kita bahas sebenarnya yakni gelombang mekanik, walaupun lengkap dan kita paham. Maka sama saja, hasilnya dimata pendengar akan terasa hambar dan kurang dipercayai.

Seperti itulah maksud penulis, mengapa menyarankan teman-teman untuk membaca artikel terkait yang penulis sertakan diatas. Apabila teman-teman telah membaca informasi terkait mengenai pengertian gelombang dll. Baiklah, teman-teman dapat melihat informasi mengenai pengertian gelombang mekanik, jenis-jenis gelombang mekanik, ciri-ciri gelombang mekanik, dan contoh gelombang mekanik dibawah ini. Namun, jika teman-teman tidak ingin membaca informasi terkait tersebut, yah terserah teman-teman sajalah. 

Gelombang Mekanik

Pengertian Gelombang Mekanik - Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium dalam pergerakannya. Jenis-jenis gelombang mekanik dapat dibedakan dengan meninjau bagaimana gerak partikel materi yang dihubungkan kepada arah penjalaran gelombang itu sendiri, yaitu :

1. Gelombang Transversal
Gelombang (gangguan) yang arah gerak partikel yang mengangkut gelombang tersebut tegak lurus terhadap arah penjalaran gelombang itu sendiri. Contoh gelombang transversal: Gelombang tali, gelombang dalam seismik (gempa bumi) yang dikenal sebagai gelombang geser (shear wave), gelombang cahaya dan gelombang permukaan air.

2. Gelombang Longitudinal
Gelombang (gangguan) yang arah gerak partikel yang mengangkut gelombang tersebut bolak-balik (sejajar) sepanjang arah penjalarannya. Contoh gelombang longitudinal : Gelombang pada pegas dan gelombang bunyi di udara.

Ciri-Ciri Gelombang Mekanik: 

  •  Memerlukan medium untuk menjalar
  •  Persamaan Newton
  •  Gelombang longitudinal dan transversal

Contoh Gelombang Mekanik 

  • Gelombang tali
  • Gelombang permukaan air
  • Gelombang seismik
  • Gelombang tegangan
  • Gelombang akustik

Baca Juga:

Bunyi Hukum Newton (1,2,3) Rumus & Contoh di Kehidupan Sehari-Hari 
Cara Menghitung Jangka sorong dengan Mudah 
Pengetian Konduksi, Konveksi dan Radiasi
Pengertian, Bentuk, Ciri-Ciri dan Macam-Macam Galaksi
Pengertian Alat Optik dan Macam-Macam Alat Optik

Demikianlah informasi mengenai Gelombang Mekanik. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita bersama dan tentunya bermanfaat di lingkungan sekitar kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gelombang Mekanik: Pengertian, Ciri, Jenis-Jenis Gelombang Mekanik & Contohnya