Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 3 August 2017

Gelombang Elektromagnetik: Pengertian, Sifat, Macam-Macam, Manfaat & Rumusnya

Gelombang elektromagnetik, merupakan gelombang yang kini menjamur di sekitar kita. Gelombang tersebut, di era saat ini sering kita terkena gelombang elektromagnetik. Namun hanya beberapa orang yang sadar akan gelombang elektromagnetik.

Sebelumnya, penulis juga telah menginformasikan mengenai pengertian gelombang, jenis-jenis gelombang, sifat-sifat gelombang. Tidak hanya itu, penulis juga telah menginformasikan pengertian gelombang mekanik, sifat, dan macam-macam gelombang mekanik.

Sehingga penulis berusaha untuk melengkapkan pembahasan mengenai gelombang dengan juga menginformasikan kepada teman-teman mengenai gelombang elektromagnetik baik dari pengertian gelombang elektromagnetik, sifat, macam-macam gelombang elektromagnetik, manfaat gelombang elektromagnetik dan contoh dari gelombang elektromagnetik.

Olehnya itu, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman, dan jika terdapat kekurangan penulis menghaturkan kepada teman-teman sebuah ungkapan bahwa fisik dan berhubungan dengan MIPA bukanlah cakupan ilmu penulis saat ini. Sehingga terdapat kesusahan dalam menyederhanakan bahasa dan juga memberikan informasi lengkap kepada teman-teman mengenai gelombang elektromagnetik.

Namun, jika menurut teman-teman informasi ini bermanfaat, penulis berharap teman-teman dapat membagikan informasi ini, agar teman-teman yang lain dapat mengetahuinya. Sebelumnya kita telah mempelajari dari sebuah gelombang mekanik misalnya gelombang air, gelombang tali, dan gelombang bunyi. Sedangkan gelombang ini membutuhkan suatu medium untuk perambatannya. 

Terdapat satu jenis gelombang yang tidak memerlukan suatu medium dalam perambatannya. Gelombang tersebut dinamakan dengan gelombang elektromagnetik. Penemuan gelombang elektromagnetik tersebut telah membuka jalan bagi penemuan berbagai perangkat teknologi khususnya teknologi komunikasi misalnya radio, radar dan televisi.

Artikel Terkait: 
Gelombang Mekanik: Pengertian, Ciri-CIri, Jenis-Jenis Gelombang Mekanik & Contohnya 
Pengertian Gelombang, Sifat-Sifat & Jenis-Jenis Gelombang Serta Contoh Gelombang

Pengertian Gelombang Elektromagnetik, Apa itu? 

Pengertian Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang merambat tanpa dengan memelurkan zat perantara atau medium. Contohnya, cahaya. Hasil percobaan sebelumnya telah mengungkapkan, terdapat tiga aturan gejala dalam kelistrikan, yakni: 
  1. Hukum Coulumb: muatan listrik menghasilkan medan listrik yang kuat
  2. Hukum Biot-Savart: Aliran muatan (arus) listrik menghasilkan medan magnet di sekitarnya. 
  3. Hukum Faraday: Perubahan medan magnet dapat menimbulkan suatu medan listrik. 
Gelombang elektromagnetik merupakan pancaran dari perubahan dari medan magnet dan medan listrik yang menjadi terus menerus. Gelombang medan listrik selalu berada tegak lurus dengan gelombang medan magnet. Kemudian Maxwel berhasil dalam menentukan dalam cepat rambatnya gelombang elektromagnetik. Cepat rambat gelombang elektromagnetik tersebut merupakan sama dengan cepat rambat cahaya. Dengan demikian, cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.

Prinsip-Prinsip Gelombang Elektromagnetik

Terdapatprinsip gelombang elektromagnetik yang dikenal: 
  1. Arus listrik pada suatu konduktor dapat menimbulkan medan magnetik yang arahnya dapat melingkari konduktor tersebut (hukum ampere). 
  2. Konduktor yang dapat bergerak memotong garis medan magnetik yang menimbulkan ggk induksi pada konduktor itu.
  3. Perubahan fluks magnetik pada suatu kumparan kawat konduktor yang dapat menimbulkan arus induksi (hukum faraday). 
  4. Kemudian di tahun 1855, James Clerk Maxwell, menambahkan satu prinsip lagi, Ide saya menambah prinsip sangat sederhana sekali. Saya ingin dunia bersimetri dalam memegang peranan penting. Jadi jika perubahan fluks magnetik dapat menghasilkan medan listrik, maka terjadi suatu perubahan fluks listrik tentunya akan menghasilkan medan magnetik. Tidak berhenti disitu, maxwell kemudian merumuskan satu prinsip tersebut dengan rumus matematika yang dikenal dengan nama hukum-hukum Maxwell, dimana Maxwell mengatakan bahwa gelombang dapat merambat di ruang hambat yang hanya terdiri dari medan listrik dan medan magnetik yang dinamakan dengan gelombang elektromagnetik. 

Sifat-Sifat Gelombang Elektromagnetik

  1. Tidak memerlukan media rambat
  2. Termasuk gelombang transversal dan memiliki sifat yang sama seperti gelombang transversal
  3. Tidak membawa massa, namun membawa energi
  4. Enegi yang dibawa sebanding dengan besar frekuensi gelombang
  5. Medan listrik (E) selalu tegak lurus terhadap medan magnet (B) dan sefase
  6. Memiliki momentum
  7. Dibagi menjadi beberapa jenis tergantung frekuensinya (atau panjang gelombangnya)

Macam-Macam Pemanfaatan Gelombang Elektromagnetik

Macam-Macam pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut. 
  1. Sinar Gamma dapat mengecek keretakan hasil dari pengelasan logam, untuk membunuh sel kanker.
  2. Sinar X mampu mendeteksi organ-organ tubuh bagian dalam, mengambil sebuah gambar tulang yang berada dalam tubuh, analisis struktur kristal. 
  3. Ultraviolet yang mampu menentukan kandungan dari suatu bahan, yang digunakan pada lampu neon. 
  4. Sinar tampak (mejikuhibiniu): berguna dalam fotosintesis pada tumbuhan 
  5. Inframerah digunakan dalam foto inframerah, remote control
  6. Gelombang mikro untuk komunikasi radar, microwavie penggunaan gelombang mikro untuk radar dapat mendeteksi kedudukan suatu pesawat terbang. Jarak pesawat terbang atau kedalaman laut dapat ditentukan dari persamaan sebagai berikut. 
  7. Gelombang radio kini digunakan untuk komunikasi radio dan juga teleskop. 

Spektrum Gelombang Elektromagnetik 

Macam-macam gelombang elektromagnetik terdiri dari sinar gamma, radio, cahaya, sinar x, mikro gelombang dll. Macam-macam gelombang tersebut hanya berbeda atas panjang gelombang dan juga frekuensinya.

Interval tersebut sering tidak terdefinisikan secar abenar dan terkadang tidak sesuai. Contohnya gelombang elektromagnetik yang diperkirakan 0,1 nm atau disebut dengan sinar X, namun gelombang ini juga berasal dari radioaktivitas nuklir yang disebut dengan sinar gamma.

Mata manusia peka terhadap radiasi atau gelombang elektromagnetik dari kira-kira 400 hingga 700 nm (nanometer), suatu jangka yang disebut cahaya tampak. Gelombang elektromagnetik dengan panjang gelomabang yang sedikit kurang dari gelombang cahaya tampak disebut sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet yang umumnya berasal dari matahari, dan gelombang dengan panjang gelombang yang sedikit lebih panjang daripada gelombang cahaya tampak disebut gelombang inframerah. Tidak ada batas pada panjang gelombang elektromagnetik; dengan kata lain, semua panjang gelombang (atau frekuensi) secara teoritis mungkin.


Rumus Gelombang Elektromagnetik 


Baca Juga:


Demikianlah informasi ini mengenai gelombang elektromagnetik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

























Gelombang Elektromagnetik: Pengertian, Sifat, Macam-Macam, Manfaat & Rumusnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin