Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Kesehatan: Apa itu Definisi Kesehatan?

Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Kini banyak orang tengah sadar akan arti kesehatan. Ketika saat merasa sedang sakit (gangguan kesehatan), tak terkecuali dengan orang yang memasuki dewasa apalagi lansia. Kesehatan begitu mahal harganya. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati kesehatan kita. 

Ia harus berhadapan dengan jenis-jenis penyakit yang sampai saat ini dalam menanggulangi penyakit tersebut memerlukan perawatan misalnya kanker. Bahkan, sekalipun telah mendapatkan subsidi dari pemerintah, harga obat di Indonesia masih cukup mahal dan belum mampu untuk mencukupi seluruh biaya kesehatan tersebut. 

Bagi kalangan yang berduit, tentu merupakan hal yang kecil untuk mengeluarkan uang sebesar-besarnya demi penyembuhan, demi sebuah kesehatan. Namun, hal demikian juga dirasakan oleh orang yang berduit bahwa arti kesehatan teramat penting dalam lingkungannya. 

Apalagi, jika terdapat orang lain atau keluarga dkat kita yang harus kita bantu, untuk kesebuhannya, untuk kesehatannya. Maksud penulis bukan berarti tidak ingin membantunya, melainkan betapa pentingnya kesehatan terlebih dalam lingkungan sekitar kita, lingkungan keluarga kita. 

Pengertian Kesehatan: Apa itu Definisi Kesehatan? 

Kesehatan berasal dari kata sehat yang diberi imbuhan ke-an. Kata sehat sendiri berasal dari bahasa arab yang berarti sembuh, selamat dari cela, atau cacat serta nyata, benar dan sesuai dengan kenyataan. 

Pengertian Kesehatan Menurut Undang-Undang 

Berdasarkan Undang Undang No. 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan, BAB I, Pasal 1 ,bahwa definisi Kesehatan atau Pengertian Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Berdasarkan UU No. 9 Tahun 1960 tentang pokok-pokok kesehatan Bab I Pasal 2 disebutkan bahwa pengertian sehat atau kesehatan adalah Kesehtan meliputi kesehatan fisik, mental, dan sosial, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. 

Sedangkan menurut UUD RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan pada BAB 1 Pasal 1 bahwa pengertian kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memunkinkan seseorang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Pengertian Kesehatan Menurut Lembaga atau Instansi

Adapun organisasi bangsa-bangsa yang membahas mengenai masalah kesehatan dunia adalah WHO atau World Health Organization. Menurut WHO bahwa definisi atau pengertian kesehatan adalah kondisi sehat sejahtera baik secara fisik, mental maupun sosial yang ditandai dengan tidak adanya gangguan-gangguan atau simiom-simiom penyakit, misalnya keluh kesah sakit fisik, dan keluhan emosional (Papalia, Olds, dan Feldman, 1998:Sarafino, 1994).  

Kemudian menurut MUI atau Majelis Ulama Indonesia dalam Musyawarah Nasional Ulama di tahun 1983 yang merumuskan kesehatan dan memberikan definisi atau pengertian kesehatan adalah sebagai ketahanan jasmaniah, ruhaniah, dan sosial yang dimiliki manusia sebagai karunia ALlah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan (tuntunan-Nya) dan memelihara serta mengembangkannya.

Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli
  1. J. Moltmann menyatakan bahwa kesehatan bukan karena tidak adanya penyakit atau kecacatan, tetapi kesehatan adalah kekuatan untuk bertahan terhadap penyakit dan kecacatan tersebut. 
  2. Chr. Grundmann menambahkan bahwa pengertian kesehatan adalah kemampuan menghadapi tantangan hidup yang berbeda-beda yang menunjang kehidupan. 
  3. Kesehatan menurut Perkins (1938) ialah suatu keadaan yang seimbang dan dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh juga berbagai faktor yang mempengaruhinya.
  4. Kesehatan Menurut Paune (1983) bahwa pengertian Kesehatan adalah fungsi yang efektis dari sumber-sumber perawatan diri yang menjamin sebuah tindakan untuk perawatan diri. Kesehatan merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukannya untuk mendapatkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial & spiritual.
  5. Kesehatan Menurut Neuman (1982) yang mendefinisikan bahwa pengertian Kesehatan merupakan suatu keseimbangan biopsiko, sosio, kultural dan spiritual pada tiga garis pertahanan yang fleksibel. normal dan resisten.
  6. Kesehatan Menurut White (1977) bahwa pengertian Kesehatan merupakan keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa tidak memiliki keluhan apapun atau tidak ada tanda-tanda kelainan atau penyakit.
Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan ata masyarakat. Alat kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.

Jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat adalah suatu cara penyelenggaraan pemeliharaan kesehatan yang paripurna berdasarkan asas usaha bersama dan kekeluargaan, yang berkesinambungan dan dengan mutu yang terjamin serta pembiayaan yang dilaksanakan secara praupaya.

Jenis-Jenis Kesehatan

1. Kesehatan Fisik/ Jasmani
Kesehatan tubuh merupakan kesehatan yang dinilai berdasarkan dari kondisi fisik seseorang. Istilah fisik erat kaitannya dengan masalah fisik misalnya terbebas dari luka ataupun terbebas dari penyakit yang dapat kita lihat baik penyakit luar maupun penyakit dalam.

2. Kesehatan Mental atau Jiwa
Kesehatan mental merupakan kesehatan yang dapat dinilai dari kondisi jiwa atau pun mental dari seseorang. Istilah kesehatan mental sering di lekatkan kepada masalah-masalah stress dan masalah terkait pikiran. 

Perilaku untuk Menjaga Kesehatan 

Kondisi kesehatan seseroang berhubungan erat dengan apa yang dilakukannya. Maksudnya, kebiasaan perilaku individu yang bersangkutan. Kehidupan untuk mencapai kesehatan, diperlukan kebiasaan-kebiasaan yang sehat pula. Beberapa perilaku yang mampu menjadi penolong dalam menjaga kesehatan seseorang, di antaranya adalah 
  1. Makan teratur yakni sarapan, makan siang, makan malam. Tidak termasuk snack. 
  2. Mengonsumsi makanan yang sehat yang mengandung protein, vitamin, gizi, nutrisi, karbohidrat, zat besi dan mineral. 
  3. Melakukan aktivitas secara seimbang antara kegiatan bekerja atau belajar dengan kegiatan olahraga
  4. Pola tidur yang sehat dan normal selama 7-8 jam. 
  5. Membiasakan diri untuk tidak merokok 
  6. Membiasakan diri untuk tidak mengonsumsi narkoba (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). 
  7. Tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. 
Individu yang secara tekun dan mengeluti kebiasan demikian, umumnya mempunyai taraf kondisi kesehatan yang baik dibandingkan dengan pribadi atau seseorang yang tidak melakukannya.

Pada kesehatan mental, klien diperlukan untuk memastikan bahwa penyedia fokus pada kebutuhan pasien dengan gangguan mental berat, dan hal ini diperkuat dengan penerapan pendekatan program perawatan

Perilaku dan Status Kesehatan
Status kesehatan seseorang erat kaitannnya dengan pola kebiasaan perilaku orang tersebut. Kebiasaan perilaku yang sehat dapat memberi pengaruh positif pada kesehatannya, sebaliknya juga kebiasaan yang salah cenderung akan memberikan dampak negatif. Akibatnya apa? Individu mudah terserang penyakit.

Usaha Seseorang Menjaga Kesehatan 

Kals & Cobb mengemukakan tiga jenis usaha seseorang dalam mengatasi suatu penyakit dan mempertahankan taraf kesehatannya.

1. Health Behavior 
Health Behavior ialah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang diyakini mampu membangun kesehatannya dengan cara mencegah suatu penyakit atau menanggulangi gangguan penyakitnya. Kegiatan demikian, syaratnya seseorang harus mengetahui dasar pemikiran dan manfaat dari aktivitas demikian bahwa hal itu akan memberi manfaat penting. Contohnya, makan yang berigizi atau bernutrisi, diet makanan kolesterol tinggi, pemeriksaan teratur terhadap gigi, kesehatan fisik.

2. Ilness Behavior
Illness Behavior merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang sakit, untuk memperoleh informasi, nasihat atau cara penyembunyannya agar dirinya dapat kembali ke kesehatan sebelumnya. Contohnya ia mengalami sakit perat, maka membutuhkan nasihat dokter, teman atau perawat, obat apa yang harus dikonsumsinya.

3. Stick Role Behavior
Stick-role behavior adalah aktivitas yang dilakukan oleh idividu untuk menjalani proses penyembuhan dari rasa sakitnya. Taraf perilaku demikian dialami individu ini yang lebih berat dibandingkan dengan illness behavior. Perilaku demikian, individu merasa sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit (menginap) agar tak memungkinkan melakukan aktivitas harian.


Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kesehatan. Semoga informasi ini dapat anda terima dan bermanfaat bagi kita semua, hingga kita dapat menjaga kesehatan kita masing-masing dan selalu memperhatikan lingkungan sekitar kita dan menyampaikan informasi yang menyangkut mengenai kesehatan. Mengapa? Seperti yang telah di sebutkan di atas, bahwa kesehatan merupakan hal yang amat besar, berharga dan mahal. Sebanyak apapun uang dan bagaimanapun kelas seseorang, tentu bila dilanda masalah kesehatan tentu akan merasakan hal yang berbeda dengan orang yang sehat. Sekian dan terima kasih, Salam Berbagi Teman-Teman. Jangan Lupa Share dan Like. 

Referensi Pengertian Kesehatan: 
Damadi. 2017. Hidup Sehat Dengan Terapi Air Wudhu. Depok: Diandra. hlm: 30-32.
Dariyo, Agus. 2004. Psikologi Perkembangan: Dewasa Muda. Jakarta: Grafindo. hlm: 9-12.  
Jakob, Beate dkk. 2007. Penyembuhan Yang Mengutuhkan: Dimensi yang Terabaikan dalam Pelayanan Medis. Cet 7. Yogyakarta: Kanisius. Hlm: 63
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Kesehatan: Apa itu Definisi Kesehatan?