Artikel Belajar dan Bermanfaat

Pengertian Flowchart, Tujuan, & Simbol-Simbol Flowchart


Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement

Pengertian Flowchart - Flowchart atau bagan alir, awal mulanya memang berkembang dari industri komputer yaitu untuk menggambarkan urutan proses penyelesaian masalah. Namun seperti kata pepatah lama bahwa 'satu gambar adalah sejuta kata' maka suatu flowchart dapat dengan mudah menjelaskan suatu urut-urutan proses yang relatif rumut untuk diuraikan dalam kata-kata. 

Flowchart atau Bagan alir adalah bagan  (chart) yang menunjukkan alir  (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. Flowchart diterima di kalangan lain seperti manufaktur, milliter, manajemen, dan sain, dsb.).

Baca Juga:

Flowchart sangat berguna khususnya untuk menjelaskan urut-urutan proses yang pelaksanaannya memiliki banyak option pilihan atau percabangan. 

Menggambarkan flowchart, memerlukan simbol-simbol yang berbentuk seperti persegi, dan belah ketupat, maupun dengan bentuk lain yang kemudian dihubungkan dengan garis-garis yang berarah (garis yang dengam menggunakan simbol anak panah. 

Setiap simbol pada diagram tersebut ini menunjukkan langkah penyelesaian, sedangkan bagi garis berpanah menunjukkan urutan kejadian. Tentu saja bisa simbol yang dipilih harus yang biasa dipakai oleh komunitas untuk yang dituju (yang akan membaca dan memakai flowchart tersebut) sehingga terdapat kesamaan pengertian, kalaupun terdapat modifikasi di sana-sini tidaklah merupakan menjadi sebuah masalah serius. 

Terkadang memang diperlukan kreativitas dan keberanian agar mampu flowchart tersebut menjadi menarik dan berfungsi baik. 

Flowchart membantu dalam memahami urut-urutan logika yang rumit dan juga panjang. Dengan flowchart maka dapat dikomunikasikan jalannya program ke orang lain yang lebih mudah. 

Sehingga pembuatan flowchart adalah mutlak khususnya untuk melengkapi cara dokumentasi suatu listing program komputer yang relatif rumit, sehingga bentuk dokumentasi tersebut suatu saat dapat diperlukan kembali dengan mudah dipahami. 

Demi menggambarkan sebuah algoritma terstruktur dan dipahami oleh orang lain terkhusus kepada programmer yang bertugas mengimplementasikan program, maka dibutuhkan dengan alat bantu yang berbentuk diagram alir atau flowchart. 

Hal tersebut, dapat menggambarkan Flowchart dan juga definisi Flowchart sebagtai urutan dari logika suatu prosedur dalam pemcahan suatu masalah yang dituliskan berupa simbol-simbol tertentu. 

Tujuan Flowchart

Tujuan dari flowchart adalah untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian terhadap suatu masalah secara sederhana, terurai, rapi dan jelas dapat menggunakan simbol-simbol yang standar. Berikut selengkapnya Tujuan Flowchart.. 
Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah 
Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas 
Menggunakan simbol-simbol standar

Jenis Jenis Flowchart

Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:
  1. Bagan alir sistem (systems flowchart).
  2. Bagan alir dokumen (document flowchart).
  3. Bagan alir skematik (schematic flowchart).
  4. Bagan alir program (program flowchart).
  5. Bagan alir proses (process flowchart) 

Simbol-Simbol Flowchart 

Simbol yang digunakan dalam menggambarkan algoritma dalam bentuk diagram alir dan kegunaan dari simbol tersebut adalah sebagai berikut..

http://www.artikelsiana.com/

Baca Juga:

Pengertian Hacker: Apa itu Definisi Hacker?
Dampak Positif Internet & Dampak Negatif Internet
Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat & Sejarah Internet

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Flowchart: Apa itu Definisi Flowchart. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Terlebih lagi, definisi flowchart dalam kehidupan sehari-hari kita, sangat jarang kita dengar, tetapi flowchart selalu terdapat di sekeliling kita dan bahkan yang kita gunakan sehari-hari. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Referensi Pengertian Flowchart: Apa itu Definisi Flowchart? 
Dewobroto, Wiryanto. 2005. Aplikasi Rekaya Kontruksi dengan Visual Basic 6.0. Jakarta: Gramedia. 11-14 
Sitorus, Lamhot. 2015. Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi. hlm 10
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Flowchart, Tujuan, & Simbol-Simbol Flowchart