Artikel Belajar dan Bermanfaat

Malaikat: Pengertian Malaikat dan Ciri-Ciri Malaikat

Advertisement
Loading...
loading...

Advertisement
Loading...
loading...

Malaikat - Malaikat, siapa sih yang tidak mengetahui malaikat? Tentu kita sudah sering mendengarnya. Namun, tahukah anda dengan pengertian malaikat itu? atau apa itu malaikat?. Tidak hanya mengenai pengertian malaikat, bagaimana dengan ciri-ciri dari malaikat, apakah anda mengetahuinya?.

Berbicara mengenai ciri-ciri malaikat. Penulis juga heran ingin menulis apa mengenai malaikat atau ciri-ciri malaikat. Soalnya, penulis belum pernah melihat dan tidak pernah melihat malaikat itu seperti apa. Namun bagi teman-teman sendiri, yang pernah melihatnya, tolong informasinya di bagi dan anda kelihatan tolol jika bisa melihatnya dan mengetahui wujud dari malaikat itu.

Baca Juga:

Bagi penulis sendiri, hanya mengetahui malaikat dari berbagai literatur atau dari kitab suci umat Islam yakni Al-Qur'an dan hadist serta pendapat para ulama tentang  bagaimana wujud malaikat yang mengutip dalil Al-Qur'an. Beberapa informasi tersebut, awalnya bagi penulis pada saat kecil dan tentu bagi anda, teman-teman, hanya menghiraukan atau hanya menerima secara mentah-mentah mengenai pengertian malaikat dan sifat-sifat malaikat, begitupun dengan penulis.

Akan tetapi, untuk saat ini penulis akan berpikir lebih dalam mengenai pengertian malaikat dan ciri-ciri malaikat itu seperti apa?. Hal ini membawa penulis untuk menggali berbagai informasi dari Al-Qur'an dan hadist serta berbagai informasi di situs atau media online. Alhasil berbagai sumber yang kami rangkum untuk menginformasikan teman-teman mengenai pengertian malaikat dan ciri-ciri malaikat adalah sebagai berikut..

Apa itu Malaikat? 

Malaikat (bahasa Arab: ملاءكة malāʾikah; tunggal: ملاك atau مَلَكْ malāk) adalah makhluk yang memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.Menurut bahasa, kata “Malaikat” merupakan kata jamak yang berasal dari Arab malak (ملك) yang berarti kekuatan, yang berasal dari kata mashdar “al-alukah” yang berarti risalah atau misi, kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan ar-rasul.

Malaikat adalah alam ghaib yang disifati Allah di dalam Al-Qur'an dengan sekian banyak sifat; disifati juga oleh Nabi dalam hadits. Cara mengimani mereka adalah dengan mengimani nama yang telah dipastikan dalam sebuah nash, sedangkan yang tidak dipastikan namanya dalam nash, kita imani secara global. 

Demikian juga dalam mengimani pekerjaan mereka yang kita ketahui juga melalui nash dan mengimani sifat-sifat yang kita ketahui berdasarkan nash. Kewajiban kita terhadap para malaikat itu adalah membenarkan mereka yang mecintai mereka karena mereka adalah hamba-hamba Allah yang melaksanakan perintah-Nya, misalnya dalam firman Allah SWT. 

"Kepunyaan-Nya-lah segala yang ada di langit dan di bumi. Para malaikat yang di sisi-Nya tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letif. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tanpa henti." Surah Al-Anbiya 21 ayat 19-20. 

Pengertian Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah yang suci, taat dan mulia. Mereka tidak pernah berbuat dosa, maksiat dan tidak pernah pula membangkang perintah-perintah Allah. Mereka beribadah kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Mereka tidak mempunyai nafsu, syahwat, tidak makan minum, tidak menikah, bukan laki dan bukan pula perempuan sebagaimana akan dijelaskan pada pembahasan 

Sedangkan menyangkut kata "malaikat" sendiri, para ulama berbeda pendapat. Versi pertama mengatakan, kata "malaikat" terambil dari kata "alaka" , "ma'lakah" dan "ma'alik" yang berarti utusan (ar-risalah). Dari kata ini kemudian terbentuk kata "al-mala'aik" yang berarti utusan Allah. Jadi menurut versi ini, disebut "malaikat karena mereka merupakan utusan Allah.

Menurut versi kedua, kata "malaikat" terambil dari kata "la a ka" dan "mala'akah" yang berarti menyampaikan. Menurut versi ini, disebut "malaikat" karena mereka menyampaikan pesan dari Allah
Swt.

Versi ketiga mengatakan bahwa kata "malaikat" terambil dari kata "al-mulk" yang berarti kekuasaan dan penguasaan. Menurut pendapat ini, disebut "malaikat", karena ia mempunyai kekuasaan (kemampuan) di atas manusia, seperti kemampuannya dalam berubah wujud, bergerak cepat dan
lainnya. 

Meskipun sekilas tampak ada perbedaan dari ketiga versi di atas, namun hakikatnya perbedaan di atas hanyalah perbedaan lafdzi (harfiyah) dan tidak menyangkut hal yang substansil. Oleh karena itu, ketiga versi di atas dapat penulis gabungkan bahwa malaikat merupakan makhluk Allah yang diutus untuk menyampaikan risalah-Nya dan diberikan kekuasaan serta kemampuan yang tidak dimiliki oleh makhluk-makhluk lainnya terutama manusia.

Kata "malaikat" merupakan bentuk jama (plural) dari kata "malak" . Dalam bahasa arab, satu atau seorang malaikat disebut "malak" (singular). Sedangkan kata "malaikat" (bentuk plural) artinya adalah malaikat-malaikat atau para malaikat (bentuk jamak).

Ciri-Ciri dan Sifat-Sifat Malaikat 

  • Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
  • Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
  • Selalu takut dan taat kepada Allah.
  • Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
  • Mempunyai sifat malu.
  • Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung
  • Tidak makan dan minum.
  • Mampu mengubah wujudnya.
  • Memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya.
  • Wujud malaikat mustahil dapat dilihat dengan mata telanjang, karena mata manusia tercipta dari unsur dasar tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk. 
  • Tidak akan mampu melihat wujud dari malaikat yang asalnya terdiri dari cahaya, hanya Nabi Muhammad S.A.W yang mampu melihat wujud asli malaikat bahkan sampai dua kali.
  • Mereka tidak bertambah tua ataupun bertambah muda, keadaan mereka sekarang sama persis ketika mereka diciptakan. 
  • Dalam ajaran Islam, ibadah manusia dan jin lebih disukai oleh Allah dibandingkan ibadah para malaikat, karena manusia dan jin bisa menentukan pilihannya sendiri berbeda dengan malaikat yang tidak memiliki pilihan lain. 
  • Malaikat mengemban tugas-tugas tertentu dalam mengelola alam semesta. Mereka dapat melintasi alam semesta secepat kilat atau bahkan lebih cepat lagi. Mereka tidak berjenis lelaki atau perempuan dan tidak berkeluarga.

Baca Juga:


Demikianlah informasi Pengertian Malaikat dan Ciri-Ciri Malaikat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Malaikat: Pengertian Malaikat dan Ciri-Ciri Malaikat